More Share G Plus
You Now Here »

Landak Mini  (Read 6696 times)

lastkia

Landak Mini
« on: January 10, 2010, 09:26:30 PM »

Bisnis Online Terbaru (KHUSUS MUSLIM)
Dunia Untung, Akhirat Selamat (Insya Allah dengan hati ikhlas liLLahi Taala), hanya dengan modal Rp100.000, sebagian untuk amal jariah, dan sisanya diputarkan untuk kesejahteraan bersama dengan keuntungan 1MILIYAR
ADVERTISE HERE ON EVERY ARTICLE MS-ROOM.COM
replace ads here and increase your marketing promotion, ads all artilce on ms-room.com, click here for detail...

What is a hedgehog?-
A hedgehog in general is most commonly recognized as a small mammal with a coat of stiff, pointy quills covering their backs. They have pointy noses, and slightly bulging eyes located on the sides of the face. Their ears are typically rounded, though in some species, they are elongated, and located high on the sides of the head. They do have tails, but they are small and stubby, and of very little functional use. They can roll up in a ball when threatened.
What kind of animal are hedgehogs?-
Contrary to some beliefs, hedgehogs are NOT rodents. They belong to a group of animals called insectivores, along with animals such as moles, shrews, and voles. They are absolutely NOT related to porcupines, even though the somewhat similar appearances lead many people to mistake hedgehogs for baby porcupines. There are many types of hedgehogs, but the ones most commonly kept as pets are of the "Atelerix" group. For more information about other types of hedgehogs, please check out our Articles section.
Aren't there different kinds of hedgehogs?-
Yes. There are many different types of hedgehogs, scattered all over Europe, Asia, and Africa. Almost all of the hedgehogs kept as pets in North America are of the same type though.
Aren't hedgehogs wild animals?-
While it is true that hedgehogs are a quite recently domesticated species, the hedgehogs that we have are technically NOT wild animals. Our pet hedgehogs are a mixture of two different types of hedgehogs, and are not a naturally occurring variety.
Where do hedgehogs live in the wild?-
Essentially, across a wide percentage of Europe, Asia, Africa, and Australia. There are no hedgehog species that are native to North or South America. The hedgehogs that are most commonly kept as pets are typically from Africa. Our hedgehogs typically live in the plains regions, in areas that are often hot and dry.
What do wild hedgehogs eat?-
Hedgehogs are considered to be insectivores, which means that their main diet is insects of various types. As well, hedgehogs seem to be somewhat opportunistic, and are willing to eat small rodents, reptiles, ground nesting bird eggs and fledglings, and the occasional bits of plant materials such as vegetables and fruits.
How do wild hedgehogs live?-
Wild hedgehogs typically are solitary animals, other than mothers with offspring, and pairs during mating. They often have a home territory where they base their wanderings around. Females will often share territory, though remaining in their own seperate habits and behaviors. Males may be more territorial, and less tolerant of other males staking out the same territory. Hedgehogs don't burrow themselves, but they seem to enjoy taking advantage of pre-dug burrows that were created by other animals such as rabbits, hares, badgers, and other burrowing animals. They often line these burrows with grasses and leaves, creating a snug den where they sleep during the day. Hedgehogs are primarily nocturnal, doing their hunting and wandering between the hours of dusk and dawn. They are relatively slow moving animals, though are capable of short bursts of speed, but have been known to travel a couple of miles in a single night while searching for food. Their typical slow movement, and tendancy to roll into a ball when frightened causes their primary "predator" in many habitats to be automobiles.

View Mobile Web
Short URL This Page:
 

lastkia

Re: Landak Mini
« Reply #1 on: January 10, 2010, 09:28:05 PM »
Dimana tempat yang terbaik untuk membeli hedgehog?
Umumnya, lebih baik membeli hewan peliharaan dari peternak (breeder) daripada toko hewan (pet shop) , tetapi sayangnya ini tidak selalu mungkin. Dimana pun anda beli akhirnya, pastikan peternak atau toko tersebut mempunyai paling sedikit informasi akan umur dan latar belakang akan hedgehognya.

Jika ada beberapa hedgehog untuk yang dipilih, hedgehog mana yang harus saya pilih?
Anda dapat memilih satu ekor hedgehog karena mereka hidup menyendiri (solitaire) yg artinya anda bisa memelihara hanya 1 ekor landak dan berani dijamin, si landak susu tidak akan kesepian atau mencoba kabur dan umumnya tidak suka bersama-sama dalam satu kandang.
Jangan pernah membeli jantan dan betina untuk ditaruh dalam satu kandang jika anda tidak mau mengembang-biakan. Hedgehog siap untuk berkembang-biak paling cepat 8 minggu tetapi sebaiknya betina jangan diternak sebelum umur 5 bulan, jadi berhati-hatilah.

Watak Ini adalah salah satu yang penting dan sebaiknya menjadi satu faktor keputusan apakah anda akan membeli hewan itu atau tidak. Setelah memilih salah satu calon, telitilah dengan baik. Apakah dia membuka gulungan setelah beberapa detik? Apakah dia mengklik, lompat atau mendesis? Mendesis tidak apa-apa. Dia hanya sedikit takut terancam anda karena dia tidak mengenal anda. Tetapi mengklik berarti dia mencoba mengancam anda.

Sikap ini tidak dapat diterima dan sebaiknya anda mencari hedgehog lainnya yang sifatnya lebih baik. Setiap hedgehog berbeda dan unik. Beberapa suka bermain dan bertualang, sedangkan yang lain mungkin lebih suka dielus dan dipeluk. Anda akan lebih puas dengan hewan peliharaan anda yang baru jika anda memilih salah satu yang sesuai dengan kepribadian dan gaya hidup anda.


Memilih hedgehog yang sehat.

* Apakah matanya baik, bulat, bercahaya, terbuka lebar dan bersinar tanpa cairan?
* Apakah hidungnya bersih dan tidak meler atau tidak kering kusam?
* Apakah telinganya pendek, bersih tanpa ada kotoran atau lapisan keras dibelakangnya? Seringkali telinga dikunyah oleh anaknya. Selama telinganya telah sembuh maka ini tidak perlu dikhawatirkan.
* Apakah bulu rambut pada perutnya halus dan tidak kusut maupun ada kotoran yg menempel ataupun kerak?
* Periksa kandangnya, apakah kehijauan atau ada bekas diare?
* Apakah badan hedgehognya gemuk? (bukan lemak)
* Taruhlah ditempat yang datar seperti meja dan lihat dia berjalan. Apakah dia terhuyung-huyung atau kesulitan untuk tetap tegak?
* Apakah anda mendengar derikan pada saat dia bernafas? (Jangan buat kekeliruan, hedgehod berkomunikasi dengan mengeluarkan bunyi seperti chirping(siulan), purring atau cheeping untuk bunyi derik radang paru-paru.


Jenis kelamin hedgehog
Betina dan jantan keduanya sama dapat menjadi hewan peliharaan yang baik jadi keputusan ini tergantung pada anda sendiri. Anda dapat cepat membedakan jantan atau betina. Jika hedgehog jinak dan bersahabat, perlahan putar roll over dan lihat ke daerah ekornya. Alat kelamin betina dekat dengan anus, sementara alat kelamin jantan agak keatas perutnya. Jaraknya kurang lebih 1,5 cm pada anak/hoglet jantan. Tetapi, jarak ini bertambah menjadi 2 cm atau lebih pada saat dewasa.

Umur berapa sebaiknya sebelum hedgehog dapat di bawah pulang ke rumah?
Jangan pernah membawa pulang ke rumah sebelum umurnya paling sedikit enam minggu. Hedgehog yang lebih tua juga boleh, tetapi perlu dipertimbangkan bahwa hedgehog muda, lebih baik kesempatannya menjalin ikatan dengan anda.


Kandang macam apa yang mereka perlukan?
Hedgehog anda akan membutuhkan rumah yang aman karena mereka termasuk pemanjat yang baik dan dapat mudah sekali keluar dari kandang jika tutup atasnya terbuka yang umumnya kandang untuk marmut atau kelinci. Jika anda menggunakan kandang dengan atas terbuka, kandang tersebut harus memiliki daerah licin/datar paling sedikit tingginya 30 cm dan memiliki area lantai 40 x 60 cm. Aquarium 60 cm juga cukup sesuai. Tetapi juga harus memiliki sirkulasi yang baik dan penerangan yang cukup tetapi jangan terkena sinar matahari langsung pada siang hari.

Taruhlah rumah baru hedgehog anda di daerah yang nyaman, hangat, pencahayaan yang cukup, bebas dari sampah dan sinar matahari langsung. Mereka paling nyaman pada suhu antara 18-27 derajat Celsius.

Sebagai tambahan kandangnya, hedgehog anda juga akan membutuhkan perlengkapan dibawah ini:
Alas: serutan aspen, pinus adalah pilihan yang terbaik untuk alas/bedding. Jangan serutan cedar. Tongkol jagung (corn cobb) yang telah dihancurkan juga dapat menjadi alas yang baik dan aman dipakai untuk betina dan yang dewasa, tetapi sebaiknya tidak dipakai untuk jantan yang masih muda. Taruh alas setinggi kira-kira 5 cm secara rata di lantai kandangnya.

Tempat Makanan: Tempat makanan perlu cukup lebar dan berat untuk mencegah hedgehog anda membalikan isinya dan menggunakannya sebagai mainan. Keramik kecil yang digunakan untuk roden kecil adalah tempat makanan yang baik untuk hedgehog. Lebar atau diameter tempat makanan bisa 8 – 16 cm dan ketinggiannya sebaiknya jangan melampui dari 8 cm.

Botol air: Botol air lebih baik daripada tempat minum yang terbuka. Hedgehog suka sekali mengisi tempat air minumnya yang terbuka dengan serutan sehingga menyulitkan mereka sendiri untuk mendapatkan air yang cukup.

Tempat persembunyian: Ini dapat yang sederhana seperti pipa pvc 4 inch, teko plastik, atau kotak bekas sepatu ditambah dengan lubang. Kotak ini sebaiknya diganti setiap 2 atau 3 minggu. Sekali.

Kotak kotoran (litter box): Hewann peliharaan anda akan menggunakannya jika anda menyediakannya. Kotak kecil dalam 5 cm, 15 x 20 cm, setengahnya cukup diisi dengan pasir zeolite no.2 dicampur pasir bali


Makanan apa yang saya harus berikan dan berapa banyak?
Di Indonesia belum dijual pakan khusus untuk landak, anda bisa memberikan makanan anjing / kucing yang berupa makanan kering (pellet).
Makanan variasi (snack) seperti ulat hongkong /ulat jerman, mealworm, dan jangkrik dan buah-buahan dan sayuran.

Makanan tambahan (snack)ini sebaiknya tidak diberikan lebih dari 3 atau 4 kali dalam seminggu. Makanan kering (pellet) sebaiknya menjadi makanan utamanya. Sementara makanan kering dapat diberikan secara bebas untuk semuanya,
Untuk hedgehogs yang kegemukan (obesitas), makanan tambahan sebaiknya hanya diberikan tidak lebih dari 15 menit lalu angkat sisanya.

Jangan memberikan makanan yang merupakan produk susu maupun coklat, karena pencernaan landak itu intoleransi laktosa...alias tidak tahan terhadap laktosa, dijamin langsung mencret deh.

Perawatan dan Penanganan
Waktu anda membawa pulang hedgehog yang baru, taruhlah dia di kandang dan biarkan dia sendiri paling sedikit sehari (1x24jam). Anda dapat mengangkat dan memegangnya sekali atau dua kali dalam beberapa menit di hari pertama, tetapi ingat, kemungkinan hedgehog memerlukan waktu seminggu sebelum dia serasa seperti dirumahnya sendiri lagi.
Bayi hedgehogs memerlukan tidur yang cukup pada bulan pertamanya setelah dia bersama anda, jadi jangan terlalu khawatir jika pertamanya dia banyak tidur.

Reproduksi kapan dan bagaimana
Dihabitat aslinya, mereka menyambut musim kimpoi (kimpoi) dengan teriakan riuh rendah para jantan, mirip dengkuran ehm ehm. Mereka mulai berubah bentuk. Kelenjar kelaminnya membengkak, sampai perutnya membuncit. Tetapi perut buncit ini justru membuat mereka seksi di mata para betina. Landak jantan pamer perut buncitnya sambil mengelilingi betinanya terus-menerus, diiringi dengkuran secara berkala yang ritmis, sampai betina yang dirayu akhirnya merebahkan semua duri tegangnya.

Rayuan gombal berakhir, dan diikuti acara pacaran, berupa ambus-ambus (saling menyentuh hidung masing-masing). Selesai acara ini, perkimpoian dimulai. Bagi yang berjiwa romantis, jangan bayangkan suasana mesra, mereka akan saling mengigit, mendesis (kalau bisa jambak2an kali) bahkan sampai berdarah-darah, Yang jantan akan mengelilingi yang betina beberapa jam sebelum acara kimpoi (mating), setelah mengelilingi 10-12 kali, akhirnya yang betina tunduk, merebahkan durinya dan si jantan berpegang pada bahu si betina dengan mengigitnya ck ck ck dan terjadilah proses alami yg akan menghasilkan regenerasi.

semasa kehamilan, sampai melahirkan sebaiknya jantan dan betina dipisah, tiga puluh lima hari kemudian lahirlah anak-anak landak susu, 4 - 7 ekor sekaligus, tapi berurutan. Mula-mula masih merah, buta, dan tidak berduri. Akan tetapi, ajaibnya, dalam beberapa jam saja duri lunak mereka muncul dari dalam kulit. Setelah beberapa bulan, duri "percobaan" yang masih lunak itu tanggal untuk diganti dengan duri lain yang lebih betulan.

Induk landak akan memberikan ASIL (air susu ibu landak) secara eksklusif selama 1 bulan, begitu si bayi melek dan siap2 belajar berjalan, si ibu jg akan mulai proses penyapihan / cerai susu, walaupun ada ibu landak yg akan tetap menyusui selama si anak terus ada disamping si ibu
proses penyapihan ini adalah yg terpenting dan proses pertama yg dipelajari si anak landak :
apakah yg dimakan ibuku?
anak landak akan mulai mencoba2 merangkak masuk ketempat makanan, pertama2 akan diketemukan sisa kunyahan si anak, bahkan bekas lepehan/muntahan..

lastkia

Re: Landak Mini
« Reply #2 on: January 10, 2010, 09:29:18 PM »
Perilaku :

Karena landak Anda tidak bisa bicara, ia akan berkomunikasi dengan suka dan tidak suka kepada Anda melalui bahasa tubuh dan beberapa hal vokalisasi.
Berikut ini adalah daftar dari beberapa hal ia berusaha mengatakan:

SOUNDS SOUNDS
• Soft mendengkur dan Whistling:
adalah tanda kepuasan murni.
• Terengah-engah:
Ketidak senangan, ketidakpastian
• Mendengus atau "Bersin":
Biasanya menyertai terengah-engah dan berarti hal yang sama
• Mendesis dan Mengklik:
Ini berarti "pergi dari padaku, aku takut atau lelah dengan Anda".
• Mendengus:
• Kicau:
Biasanya dilakukan oleh laki-laki pd saat birahi dan oleh hoglets menyusui (bayi)
• Screaming:
Sakit fisik, ketakutan dan kadang-kadang kemarahan
• Suara Heard Selama Tidur: Percaya atau tidak, beberapa landak benar-benar mendengkur! Seperti anjing dan kucing, mereka juga muncul untuk bermimpi dan akan mengendus, mendengus dan kicauan tenang sepanjang waktu.

lastkia

Re: Landak Mini
« Reply #3 on: January 10, 2010, 09:30:03 PM »
 Bahasa Tubuh :
• Menggulung bola:
Takut
• Duri Erect/berdiri:
ketidaksenangan atau ketakutan
• Meletakkan Duri : Semuanya baik-baik saja. Dia merasa nyaman dan aman.
• Meludahi dirinya :
Jika Anda landak bau sesuatu yang disukainya atau jika ia hanya datang di bau bahwa ia tidak terbiasa dengan, seperti kulit, parfum, dll, ia akan busa di mulut dan akan kemudian deposit air liur berbusa ini di punggung dan bahu. Dalam upaya untuk menutupi sebanyak mungkin punggung mereka dengan busa ini, banyak landak akan merubah bentuk tubuh mereka sedemikian rupa sehingga mereka kadang-kadang jatuh. Banyak landak menjadi begitu asyik dengan kegiatan ini bahwa mereka menjadi benar-benar tak menyadari apa yang terjadi di sekitar mereka.Tidak ada yang benar-benar pasti mengapa landak melakukan perilaku yang tidak biasa ini (lebih sering terlihat pada laki-laki daripada perempuan), tetapi tidak ada kekurangan dari hal ini .
Salah satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa mereka mencoba mengingat bau tertentu dengan mencampurnya dengan air liur dan kemudian menyimpannya di punggung. Lain adalah bahwa busa bertindak sebagai repellant atau racun untuk musuh-musuh landak. Apa pun alasannya, meskipun, annointing diri adalah kejadian yang normal dan tidak ada alasan untuk khawatir.
• Berputar-putar:
Terus terang, kami tidak mengerti dengan baik perilaku ini , tetapi pasti adalah latihan yang baik! Berputar-putar tidak boleh Namun, akan keliru untuk mondar-mandir - umum pada hewan yang terlalu kecil terbatas di wilayah - sejak landak di alam liar sering berjalan lingkaran juga. Tidak hanya dijalankan di kalangan mereka, tetapi mereka sering berjalan dalam gambar-delapan juga!
• Bangun sewaktu waktu : landak Anda adalah diurnal. Ini berarti bahwa, seperti kucing, ia akan terjaga baik siang dan malam, tetapi akan paling aktif saat fajar dan setelah gelap sampai 2 atau 3 pagi. Dengan penanganan kepadanya sebagian besar pada siang hari, Anda dapat dengan mudah mengubah kebiasaan tidur sehingga ia akan tidur lebih banyak pada malam hari dan menjadi lebih aktif di siang hari. Jika Anda biasanya pergi pada siang hari, meskipun, kebiasaan tidur yang normal kemungkinan besar akan cocok dengan Anda baik-baik saja.
What is anointing? Apa itu Meludah
Meludah adalah respons yang kemungkinan akan diperlihatkan oleh landak ketika mereka menemukan bau yang mereka tidak terbiasa dengannya. landak mungkin akan menggigit atau Menggigit di sumber bau, maka mereka akan mengeluarkan busa di mulut untuk membuat sabun berbuih. Selanjutnya mereka akan menyimpan air liur berbusa mereka pada duri pada tubuh . banyak landak meliukkan tubuh mereka sampai mereka jatuh, beberapa menjadi begitu terpesona sehingga mereka menjadi tidak menyadari lingkungan mereka pada saat itu.
Mengapa landak meludah
Tidak seorang pun yang tahu pasti mengapa landak meludah. Ada banyak teori di luar sana yang mencoba menjelaskan perilaku ini. Beberapa teori adalah:
• Landak berusaha untuk menutupi bau yang lebih baik mereka bersembunyi dari predator
• Busa bertindak sebagai racun bagi musuh landak, menyebabkan iritasi.
Edit/Delete Message

lastkia

Re: Landak Mini
« Reply #4 on: January 10, 2010, 09:31:22 PM »
 Untuk melihat jenis jenis landak mini

http://www.ms-room.com/go/mirror/ePaKeT/lmth.ediugroloc/moc.bulcgohegdeh.www


Ada ngga member sini pecinta landak juga ?
ini pic anak gw umur 20bln
ttp://img264.imageshack.us/img264/7...alandak.th.jpg

Dankerz

Re: Landak Mini
« Reply #5 on: January 10, 2010, 11:32:19 PM »
sayangnya gw bukan pecinta landak :-[

lastkia

Re: Landak Mini
« Reply #6 on: January 11, 2010, 08:13:56 AM »
Mana nich pecinta landak ? ayo share disini :d heheh....

lastkia

Re: Landak Mini
« Reply #7 on: January 21, 2010, 12:23:55 PM »
mana duriners disini ? hehe....

ayo pelihara landak, ngga usah takut kena gigit. bs dibilg ngga gigit kyk hamster. hehe....

alvin

Re: Landak Mini
« Reply #8 on: February 06, 2010, 05:11:01 PM »
halo met kenal ... gw baru beli landak albino 1 pasang. kata yg jual sih umur 2 bulan......  ( tgl5 feb. ) dibawa malem2...trus bw bingung kenapa dia diem trus.... waktu di rumah gw pindah ke aquarium  uk 60x40x40 ( cukup ga tmpt nya ?
karna gw pelihara dogy gw kasih dog food.. tapi kelihatan nya dimakan cuma dikit.. dan pagi harinya gw beli ulat hongkong , dia mau makan... trus minum nya gw beli botol hamster... tapi gw lihat landak nya ga diminum2... knp ya?
normal ga? gw takut mati neh landaknya.....tolongin gw ya....untuk yg pertanyaan yg lain menyusul ya.....thanks

kolak_basi

Re: Landak Mini
« Reply #9 on: February 06, 2010, 05:18:05 PM »
halo met kenal ... gw baru beli landak albino 1 pasang. kata yg jual sih umur 2 bulan......  ( tgl5 feb. ) dibawa malem2...trus bw bingung kenapa dia diem trus.... waktu di rumah gw pindah ke aquarium  uk 60x40x40 ( cukup ga tmpt nya ?
karna gw pelihara dogy gw kasih dog food.. tapi kelihatan nya dimakan cuma dikit.. dan pagi harinya gw beli ulat hongkong , dia mau makan... trus minum nya gw beli botol hamster... tapi gw lihat landak nya ga diminum2... knp ya?
normal ga? gw takut mati neh landaknya.....tolongin gw ya....untuk yg pertanyaan yg lain menyusul ya.....thanks

waw, ente pencinta landak?
ngeri ah ane, serem rambutnya...
:)
mungking ntar bisa dibantu ama pecinta lndak yg diatas
:D
 

Show query request by visitor on this page (What This?)

landak mini bersin, kandang landak mini, landak mini betina berputar putar, kenapa landak mini bersin bersin, landak bersin, pelihara landak, jika landak mini bersin, landak mini suka bersin, landak yg baru melahirkan boleh dimandikan, landak mini meludah, landak mini betina birahi, landak mini rontok bulu, landak mini saya bersin terus kenapa ya, landak mini bali, peternak landak mini, forum roden hamster landak, landak bersin bersin, dimana ada jual anak landak mini, fp, anak landak mini, berapa kali sehari pakan landak mini, kenapa landak mini berputar-putar, liur landak mini, tanda kehamilan landak mini, knapa landak mini mengeluarkan busa, landak mini bersin-bersin, bagaimana mengetahui umur landak mini, landak mini bersin bersin, pakan landak mini yang baik, mengapa bulu landak mini rontok, bentuk model-model kandang landak mini, penanganan landak bersin - bersin, suara landak mini, landak bersin kenapa, landak mini mendengus, kenapa landak berputar putar, landak mini berputar putar, kenapa landak mini suka menggigit, kenapa landak mini bersin,