You Now Here »

Kualat Sandi Ustad Somad Bilang Menginjak Makam Itu Haram  (Read 73 times - 109 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 15,321
  • Poin: 15.397
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged
Kualat Sandi Ustad Somad Bilang Menginjak Makam Itu Haram
« on: November 14, 2018, 12:02:48 PM »




Kampret212:
Tidak bermaksud membela Uno, tapi saya hanya mau melihat dari sisi lain yang sedikit berbeda dari penulis dan mungkin pembaca seword lainnya.

Beragam interpretasi bisa dilihat dari suatu tindakan. Kita sendiri tidak bisa mengerti motif apa yang mendasari tindakan Sandi untuk melangkahi makam tersebut. Persepsi yang muncul dibenak kita pasti dipengaruhi oleh persepsi terhadap pribadi sandi uno sebagai golongan "kampret", pengikut "GenderuWowo" dan bukan golongan Cebong.
Tapi tetap saja kita tidak bisa menilai motif melangkahi makam tersebut. Tp klu melihat video yang diunggah, kelihatan si Uno ini tidak punya motif buruk, hanya saja orang ini terlalu pragmatis; ngapain "mutar klu bisa melangkah". Mungkin bagi dia tidak penting mau melangkahi makam atau tidak, tidak ada dalam otaknya suatu pemahaman bahwa melangkah makam berkaitan dengan adab atau kesopanan atau apapun itu.



Lalu untuk UAS sendiri, bahkan mungkin ulama lain, saya masih meragukan segala macam pernyataan haram dan halal yang diumbar-umbar begitu. Apakah UAS ini punya otoritas utk mengeluarkan suatu ajaran, siapa yang memberinya otoritas itu dan kalau iya, apakah itu harus diterima oleh semua umat islam? (mohon koreksi jika saya salah) Setahu saya umat islam tidak punya satu pun lembaga yang punya otoritas mutlak untuk menentukan suatu ajaran, bahkan untuk suatu penafsiran teks al-quran. Karena tafsiran A berlaku di negara/komunitas A tetapi ditolak oleh negara/komunitas B. Jadi tidak ada kemutlakan penafsiran dan ajaran. Apalagi sekarang hanya seorang UAS, siapa dia ini sehingga berhak menyatakan melangkahi makam itu haram dan pahalanya hilang? Jadi pernyataan UAS ini tidak bisa dianggap sebagai suatu kebenaran yang harus diterima semua umat islam.

Samuel Simatupang:
cerdas!!

budiman:
apa hubungannya dengan pemandu. semua orang yang tahu tata krama pasti akan tahu ga boleh melangkahi makam, ga perlu dikasihi tau pemandu, apalagi katanya tiap hari ziarah kubur.
apa tiap kali ziarah kubur mesti dikasih tahu ga boleh ini itu kayak anak kecil.

Nawadi Zheng:
Gak punya tata krama, adab dan etika si pekok ini.

B-Over:
Dari beberapa tingkah laku yg terekam kamera di areal pemakaman, hal ini murni karena:
1. Tidak peka melihat kondisi
2. Minimnya etika
3. Bossy & ga mau susah/ repot
4. Ngga pernah ziarah

Saya termasuk orang yg menganggap makam hanyalah sebagai kenangan terakhir buat keluarga yg ditinggalkan. Tidak lebih. Namun sekalipun jika harus datang ke makam tidak pernah sekalipun bertingkah laku macam si unok.

Panjatah H.:
Sandi melangkahi makam, bukan menginjak

Padu Delima:
ubaru ngeles lagi ..

bams:
Ora pantes blash

TMP2:
Wahhh....sandi ga termasuk dong...kan UAS bilang "menginjak"...tdk termasuk melangkahi tuh....

2019NantiPresiden:
Wan bango kemaren main keseimbangan di atas makam udah dapet banyak kritikan. Ternyata nggak pernah dipikir apalagi digubris, makanya melakukan kesalahan yg sama.
Nggak segera minta maaf pula, dibela oleh zonk pula.

No Fear:
Zonk kena virus Kardus,
maju(nyinyir) tak gentar membela kardus

*------------NOTE:
Demikian Kumpulan nyinyiran netizen terkait artikel Kualat Sandi Ustad Somad Bilang Menginjak Makam Itu Haram yang dituangkan dalam bentuk Komentar. Semua komentar diatas bukanlah rekayasa dan memang benar apa adanya hasil cuitan keluh kesah yang kita kutip dari sumber resminya. Kami tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut! Hanya sekedar memberi informasi yang sedang viral diperbincangkan! jika ingin membaca dan ingin mengetahui sumber resmi berita aslinya, silakan langsung ke sumber resminya. Terimakasih.


Code: (Sumber Resmi) [Select]
https://seword.com/politik/kualat-sandi-ustad-somad-bilang-menginjak-makam-itu-haram-eMxYrVbJv

:beer: :beer: :beer:


View Mobile Web Short URL: