You Now Here »

khasiat Manfaat Buah Cranberry bagi tubuh serta kandungan gizi  (Read 765 times - 151 votes) 

inspirasi

khasiat Manfaat Buah Cranberry bagi tubuh serta kandungan gizi
« on: December 30, 2012, 05:02:29 PM »


Buah Cranberry


Halo sobat More-Share, kali ini kita akan membahas artikel seputar Buah Cranberry. Dari banyaknya buah-buahan yang sering kita jumpai baik itu dipasar, swalayan maupun diperkebunan. Mungkin semua orang telah tahu mengenai Buah Cranberry ini, dari segi rasa, kenikmatan, bentuk bahkan sampai warna Buah Cranberry sudah tidak asing lagi. Namun banyak orang juga tidak mengetahui manfaat yang terkandung dalam Buah Cranberry, kadar gizi, jumlah kalori, karbohidrat serta vitamin yang terkandung didalamnya. Alangkah baiknya kalau kita mengenal serta memahami lebih dekat apa itu sebenarnya Buah Cranberry, sehingga kita dapat menyimpulkan manfaat serta kegunaan yang dimiliki oleh Buah Cranberry dan dapat mengetahui kapan waktu yang tepat Buah Cranberry ini dapat dikonsumsi baik hanya sekedar memenuhi keinginan hawa nafsu maupun untuk pencegahan penyakit. karena pada kenyataannya hampir semua buah-buahan pasti memiliki zat nabati serta serat yang memang sangat diperlukan tubuh untuk memperlancar pencernaan dan membantu aktifitas metabolisme lainnya dalam tubuh. oke langsung saja disimak kilasan informasi berikut.

Di habitat alami mereka, tanaman tumbuh penuh semangat dalam rawa berpasir asam seluruh bagian pendingin, Eropa Utara negara bagian di Amerika Serikat dan Kanada. Tanaman ini sebenarnya kerdil, merayap semak, atau anggur, yang berjalan hingga 2 m panjang dan 10 sampai 20 cm. Ini fitur ramping, kurus, tidak begitu tebal, berkayu batang bantalan kecil, daun cemara.

Musim cranberry umumnya berlangsung dari Oktober sampai Desember. Buah kecil, bulat, berry warna merah. Setiap berry memiliki empat biji kecil pusat terletak tertutup dalam kapsul. Berry ini sangat asam dalam rasa, memiliki ph di kisaran 2,3-2,5.

Tanaman cranberry, atau dikenal pula dengan nama lain fenberry (di Inggris) atau mossberry (di Kanada), adalah sejenis tanaman semak yang digolongkan ke dalam genus Vaccinium, dan digolongkan lagi ke dalam sub genus Oxycoccos. Spesies yang cukup dikenal adalah Vaccinium oxycoccos (tumbuh di bagian utara benua Eropa, Asia, dan Amerika), Vaccinium microcarpum (tumbuh di bagian utara benua Eropa dan Asia), Vaccinium macrocarpon (tumbuh di bagian timur Kanada dan Amerika Serikat).

Buah cranberry dipanen pada akhir bulan September atau awal Oktober, ketika buahnya sudah berwarna merah tua. Sekitar 95% buah cranberry tersebut diolah menjadi beragam produk seperti minuman jus, saus cranberry, dan manisan. Sisanya, yakni sebesar 5% dijual sebagai buah segar ke konsumen.

Buah cranberry memiliki kadar vitamin C yang sedang, demikian pula dengan kadar serat makanan dan mineral. Buah ini merupakan sumber antioksidan polifenol, yakni senyawa fitokimia yang sedang diteliti manfaatnya bagi sistem jantung dan pembuluh darah, sistem kekebalan tubuh, dan anti kanker.

Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin terdapat pada buah yang belum diolah atau jus buahnya. Senyawa-senyawa tersebut terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.

Kandungan senyawa tanin pada buah cranberry memiliki khasiat anti pembekuan darah, dan mampu mengurangi infeksi saluran kencing serta plak gigi, sekaligus dapat pula digunakan untuk mencegah radang gusi (gingivitis).

Pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Di samping manfaatnya yang banyak tersebut, buah cranberry juga tidak lepas dari efek samping, terutama apabila dimakan bersamaan dengan warfarin (obat anti pembekuan darah), karena dapat menimbulkan memar pada kulit. Namun beberapa telaah studi kasus dan studi pilot tidak mampu membuktikan efek samping tersebut.

Kandungan Gizi
Quote
Lezat, cranberry tart memiliki jumlah signifikan tinggi fitokimia flavonoid fenolik yang disebut pro-anthocyanidins (PAC). Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa konsumsi buah memiliki manfaat kesehatan potensial terhadap penyakit kanker, penuaan dan neurologis, peradangan, diabetes, dan infeksi bakteri.

Antioksidan senyawa dalam cranberry proanthocyanidins oligomer seperti (s OPC), flavonoid anthocyanidin, cyanidin, peonidin dan quercetin bisa mencegah penyakit kardiovaskular dengan menangkal terhadap plak kolesterol pembentukan di jantung dan pembuluh darah. Selanjutnya, senyawa ini membantu tubuh manusia menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL-baik dalam darah.

Studi penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jus cranberry menawarkan perlindungan terhadap gram negatif infeksi bakteri seperti E.coli dalam sistem kemih dengan lampiran bakteri-menghambat ke kandung kemih dan uretra.

Konsumsi cranberry ternyata asam urin. Ini, bersama dengan properti anti-adhesi bakteri jus cranberry membantu mencegah pembentukan basa (kalsium fosfat amonium) batu di saluran kemih dengan bekerja melawan proteus bakteri-infeksi.

Selanjutnya, buah mencegah pembentukan plak pada permukaan gigi dengan mengganggu kemampuan lain bakteri gram-negatif, Streptococcus mutans , menempel ke permukaan. Dengan demikian membantu mencegah perkembangan rongga dalam cara yang mirip dengan tindakan dalam mencegah infeksi saluran kemih.

Selain itu, buah merupakan sumber juga baik dari banyak vitamin seperti vitamin C, vitamin A, ß-karoten, lutein, zea-xanthin, dan folat dan mineral seperti kalium, dan mangan.

Oksigen Radikal Absorbansi Kapasitas atau ORAC (pengukuran kekuatan antioksidan dari makanan) menunjukkan cranberry pada nilai ORAC dari 9584 TE unit umol per 100 g , salah satu yang tertinggi di kategori buah dapat dimakan.



View Mobile Web
Short URL This Page:
 
 

Show query request by visitor on this page (What This?)

manfaat buah cranberry, buah cranberry,