(View Original Web?)

HOBBY > PETS SHARE

Turtle & Tortoise


<<  < (Page 2 of 2)
lainnya. Semakin bervariasi makanan yang Anda berikan untuk kura-kura Anda – apakah kura-kura tersebut bersifat herbivora, omnivora, atau karnivora – semakin sehat ia dapat bertahan hidup. Tapi bila kura-kura Anda tidak juga makan, cobalah berikan sesuatu yang Anda tahu ia suka, atau cobalah menaruh cacing tanah kecil yang masih menggeliat di depan hidungnya, hanya sedikit kura-kura yang menolak makanan semacam itu. Ketika kura-kura Anda mulai mau makan kembali, Anda bisa mulai memberikan variasi makanan yang lainnya.

Apakah kura-kura Anda sehat?

Bila kura-kura Anda tadinya makan dengan teratur namun tiba-tiba berhenti, ada kemungkinan merupakan masalah kesehatan. Penyebab yang paling umum pada masalah makan dan pencernaan adalah parasit intestinal. Anda memerlukan dokter hewan dalam berurusan dengan parasit ini, karena ada banyak jenis parasit dan cara penanganannya dan hanya tes kotoran buang air besar (feces) yang bisa mengidentifikasi parasit yang menjangkiti kura-kura Anda. Bila Anda hendak menemui dokter hewan untuk pengobatan, kumpulkanlah sampel feces kura-kura Anda pada empat jam sebelum bertemu dengan dokter, taruh sampel feces tersebut dalam sebuah mangkuk air. Dan simpanlah di dalam kulkas sampai waktunya Anda berangkat menemui dokter hewan tersebut. Dan dokter hewan akan berterima kasih pada Anda karena sudah memudahkan pekerjaannya.

Kemungkinan lainnya yang biasanya mengakibatkan kura-kura mogok makan adalah infeksi pada mata atau pernafasan. Kura-kura berburu makanan dengan menggunakan penglihatan, dan bila mata kura-kura tertutup akibat infeksi mata atau pernafasan, maka kura-kura tidak bisa melihat makanan. Dalam kasus ini, perendaman di air bersih dan hangat akan membantu.

Seekor kura-kura dapat hidup tanpa makanan selama berminggu-minggu dan bila memungkinkan bahkan hingga berbulan-bulan, jadi jangan panik. Ketika kura-kura Anda merasa sehat dan aman, kura-kura Anda akan makan kembali. Pastikan Anda membuat lingkungan yang persis dengan habitat aslinya, menjaga suhu juga sangat direkomendasikan, memberi makanan yang bervariasi, dan pastikan bebas parasit. Maka masalah tersebut akan terselesaikan dengan sendirinya.


Tak pelak lagi, setiap makhluk hidup pasti terancam oleh berbagai jenis penyakit. Tak terkecuali kura-kura air, berikut ini adalah beberapa penyakit umum yang menyerang kura-kura air, berikut cara pengobatan dan pencegahannya!


1. LUMUT DAN SHELL ROT

Anda mungkin akan melihat tempurung kura-kura air Anda ditumbuhi oleh lumut hijau atau cokelat. Hal ini sebenarnya normal, bahkan di alam liar, tapi sejumlah besar lumut yang tumbuh pada tempurung kura-kura Anda bisa mengakibatkan infeksi pada tempurung dan sebuah kondisi yang dikenal dengan nama Shell Rot atau pembusukan tempurung.

Hal paling sederhana yang harus Anda lakukan terhadap sejumlah kecil lumut pada tempurung kura-kura air Anda adalah menyiapkan sikat gigi tua dan air yang hangat dan bersih. Kemudian, peganglah kura-kura tersebut sambil membilasnya dengan air hangat
<<  < (Page 2 of 2)

Navigation

Back Sub-Forum

MS-Room.COM Style modify by Danny, Host on moresharehosting.com | TERM OF SERVICE/DMCA/PRIVACY POLICY AGREEMENT
Sitemap: Mobile Web | AMP | Topics | Chord Guitar Indonesia