(View Original Web?)

HOBBY > HP / PDA SHARE

Mulai Hari Ini Sudah Tidak Ada SMS Gratis


(Page 1 of 1)




Penawaran SMS gratis lintas operator (off-net) akhirnya dihentikan setelah disepakati seluruh operator yang tergabung dalam Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI). Semua sepakat, SMS gratis ini bisa mengganggu jaringan dan kenyamanan pelanggan telekomunikasi.

Menurut Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Iwan Krisnandi, layanan ini dilarang karena sistem penagihan SMS bukan berbasis interkoneksi dan masih menggunakan skema sender keep all (SKA).

Ia menjelaskan, sistem SKA membuat hanya operator pengirim yang mendapatkan rupiah dari SMS, sedangkan operator penerima harus merelakan jaringannya terokupansi. Sementara berbasis interkoneksi, operator pengirim dan penerima berbagi keuntungan dari setiap SMS yang terkirim.

"Kalau masih berbasis SKA tentu ada jaringan yang dibebani saat dikirimi SMS tanpa mendapatkan apa-apa selain beban jaringan yang meningkat. Ujung-ujungnya kualitas layanan ke pelanggan menurun," kata Iwan usai pertemuan dengan ATSI di Gedung Sapta Pesona Ditjen Postel, Jakarta, Jumat (12/2/2010).

Selanjutnya Iwan mengungkapkan, kesepakatan lain dari pertemuan dengan pelaku usaha adalah penagihan SMS tetap menggunakan pola SKA.

"Jika berbasis interkoneksi akan ada investasi tambahan untuk sistem kliring dan penghitungan baru biaya produksi. Ini salah satu bentuk soft policy dari regulator," katanya.

Ketua ATSI Merza Fachys mengaku tidak keberatan dengan adanya larangan SMS off-nett. "Tidak ada masalah. Memang ini baik untuk industri. Kami setuju SMS gratis off-net dihentikan dan skema SKA dipertahankan," tukasnya di kesempatan yang sama.

ATSI juga sedang membuat kode etik pemasaran terkait SMS gratis yang mengatur materi iklan dan sanksi bagi pelanggar.

Dalam kode etik itu diatur tentang materi iklan dan sanksi bagi pelanggar. Sanksi yang diberikan adalah menghentikan materi iklan dan mengirimkan permintaan maaf ke operator dengan surat tembusan ke BRTI.

sumber

_____________________
wah-wah-wah..
 :o
ane jg pake yg gratisan, produknya matahari
apa bakalan di blok jg yah
katanya gratisan seumur hidup kesemua operator
 :(

ane sih gak pernah pake yang gratisan....kayak gak manteb gitu kirim sms kalo gak bayar





kabur ahhh________________________


_________________________

Quote
wah-wah-wah..
 
ane jg pake yg gratisan, produknya matahari
apa bakalan di blok jg yah
katanya gratisan seumur hidup kesemua operator
 
sama min ane juga sering make yang geratisan, kalo sampe bener tuh wah pasti nguras uang nih  :(
ini kerjaan si merah


dari dulu kerjaannya sirik aja sama operator lain
(Page 1 of 1)

Navigation

Back Sub-Forum

MS-Room.COM Style modify by Danny, Host on moresharehosting.com | TERM OF SERVICE/DMCA/PRIVACY POLICY AGREEMENT
Sitemap: Mobile Web | AMP | Topics | Chord Guitar Indonesia