(View Original Web?)

HOBBY > OTOMOTIF SHARE

Harus Dihindari Ketika Hujan Di Jalan Tol


(Page 1 of 2) >  >>




Jakarta sudah semakin sering diguyur hujan, bukan lagi gerimis, bahkan sampai membuat banjir. Nah, ketika berkendara saat hujan, ada beberapa hal yang harus dihindari agar perjalanan anda tetap aman dan nyamaan.

Garda Oto Racing Team, melalui Taqwa Fitra Eri, coba memberikan tips-tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dihindarkan ketika kita mengemudi dijalan tol saat hujan deras.

Pertama, bila sedang dijalan tol, mungkin kita sering melihat para pengemudi menyalakan lampu hazard ketika hujan deras. Disarankan hal itu jangan dilakukan lagi, karena justru berbahaya.

Bahayanya menyalakan lampu hazard dijalan tol saat hujan deras adalah, ketika kita hendak berpindah jalur, pengemudi dibelakang tidak bisa menebak kemana kita akan bergerak, karena tidak ada tanda (sein).

Selain itu, ketika mobil di depan melakukan pengereman, nyala lampu rem menjadi tidak kontras, karena lampu rem terhalang cahaya lampu hazard, sehingga terkadang kita justru tidak mengetahui kalau mobil di depan sedang melakukan pengereman.

"Menyalakan hazard justru malah membuat diri kita sendiri tidak aman," ujar Taqwa ketika meemberikan presentasi Safety Driving, di gedung Garda Oto, Jalan TB Simatupang, Jakarta, Sabtu (14/11/2009)

Kedua, saat hujan deras di jalan tol, sebaiknya hindari lajur paling kanan. Konstruksi jalan tol biasanya tidak rata, melainkan sedikit cembung, yang berguna sebagai saluran air ketika hujan.

Sehingga, lajur paling kanan besar kemungkinan terjadi genangan air. Dalam kecepatan tinggi, genangan air bisa membuat traksi ban mobil hilang (aquaplaning), jadi kita tidak akan bisa mengendalikan laju mobil kita.

Selain itu, resiko terkena cipratan dari kendaraan yang berada di jalur lawan, sehingga menjadikan pandangan kita terhalang cipratan air tersebut. Secara reflek kita akan mengerem, itu bisa mengakibatkan tabrakan beruntun.

"Karena 80 persen kecelakaan dijalan tol terjadi di jalur kanan, apalagi saat kondisi hujan deras," papar Taqwa.

Terakhir bila hendak melintasi banjir, sebaiknya cari tau kedalaman genangan air tersebut. Apakah masih bisa dilewati atau tidak, yaitu dengan memperhatikan kendaraan di depan kita.

Bila kedalaman air masih setengah dari ban mobil kita, itu masih aman untuk dilewati. Atau seberapa tinggi knalpot mobil kita. Bila knalpot mobil belum tergenang, itu juga masih aman.

Jangan memaksakan untuk menerjang banjir bila memang keadaan tidak memungkinkan berdasarkan kedua hal diatas. Karena, yang namanya mesin, itu sangat rentan dari serangan air.


source: detik.com
Nice info nih! Emang bahaya banget. Huhuhu. Kmaren ane lewat jalan tol, lebih aneh lagi, ada ANAK KUCING, masih hidup, tergeletak di tengah2 jalan ==a.
Quote from: vyp3R on November 14, 2009, 10:24:17 PM
Nice info nih! Emang bahaya banget. Huhuhu. Kmaren ane lewat jalan tol, lebih aneh lagi, ada ANAK KUCING, masih hidup, tergeletak di tengah2 jalan ==a.


hehehehehe....masih mending......... lha ane pernah baru lewat tiba2 ada monyet nyeberang..entah darimana datengnya...heboh bener
Bah, darimana asalnya itu monyet ==a cukup aneh itu mod. Ahahaha.
Quote from: vyp3R on November 15, 2009, 10:46:18 AM
Bah, darimana asalnya itu monyet ==a cukup aneh itu mod. Ahahaha.

ya itulah aneh bener......siang2 bikin heboh.....baru kali itu liat monyet nyeberang TOL
(Page 1 of 2) >  >>

Navigation

Back Sub-Forum

MS-Room.COM Style modify by Danny, Host on moresharehosting.com | TERM OF SERVICE/DMCA/PRIVACY POLICY AGREEMENT
Sitemap: Mobile Web | AMP | Topics | Chord Guitar Indonesia