(View Original Web?)

KONGKO-KONGKO > KABAR-KABARI

Berlian Langka Merah Jambu Terjual 10,8 Juta Dollar AS


(Page 1 of 3) >  >>




Berlian 5 karat langka berwarna merah jambu dilelang di Hongkong, Selasa (1/12), dan memecahkan rekor penjualan seharga 10,8 juta dollar AS. Dengan rekor ini, pasaran untuk batu berharga langka sepertinya kembali bersinar setelah sempat terimbas krisis keuangan.

Berlian berwarna merah jambu cerah itu nyaris sempurna, tetapi tidak tanpa cela. Namun, jenisnya yang jarang ditemukan mengundang penawaran seru di lelang musim gugur Christie's untuk karya seni Asia dan China di Hongkong.

Berlian ini memecahkan rekor penjualan yang tercetak 15 tahun lalu di Jenewa, ketika batu berharga 19,66 karat terjual seharga 7,4 juta dollar AS. Sementara harga per karat berlian merah jambu itu, yaitu 2,2 juta dollar AS, merupakan yang tertinggi pada lelang berlian mana pun, menurut Christie's.

"Belum pernah ada batu berharga yang terjual 2 juta dollar AS per karat. Biasanya harga yang kita jumpai kira-kira 1 juta dollar AS per karat untuk berlian berwarna, tapi tak pernah mencapai 2 juta," tutur Francois Curiel, pimpinan Christie's Eropa. "Ini rekor yang tak akan dipecahkan dalam waktu dekat."

Berlian yang ditatakan pada cincin itu dipotong berbentuk kotak oleh perusahaan perajin perhiasan terkenal, Graff Diamonds, dan hanya seperempat ukuran berlian yang dari Jenewa. Meski bukan tanpa cacat, tetapi warna merah jambu cerahnya dianggap sempurna. Curiel menyebutnya sebagai "berlian merah jambu yang memukau, dan mungkin merupakan salah satu yang paling jarang yang pernah kulihat."

Walau batu yang ditambang dari Afrika Selatan ini memiliki noda-noda kecil, tetapi pihak Christie's mengatakan bahwa noda-noda tersebut bisa dihilangkan dengan sedikit pemolesan ulang.

Christie's memiliki catatan rekor penjualan batu berharga langka di Asia karena pihaknya yakin pada potensi pasaran Asia untuk batu berharga dan karya seni kelas internasional.

Mei tahun ini, sebelum krisis keuangan melemahkan pasaran lelang dunia, Christie's menjual berlian 101,27 karat sebesar bola pingpong di Hongkong, seharga 6,2 juta dollar AS.

Namun, beberapa berlian unggulan juga pernah mengecewakan di Asia, termasuk satu berlian putih 72,22 karat kelas "D" tak bercacat yang gagal mencapai target harga penjualannya di penjualan Sotheby's, di Hongkong, April tahun ini. Berlian tersebut terjual kurang dari perkiraan harga jualnya, yaitu antara 10-12 juta dollar AS.

Perhiasan termahal di dunia yang pernah terjual dalam lelang adalah berlian biru Wittelsback, yaitu batu biru keabu-abuan gelap dari abad ke-17 yang meraih harga 24 juta dollar AS tahun lalu. Meski begitu, batu berharga merah dan merah jambu kelas atas juga terkenal memiliki harga sangat tinggi.

source


barang mahal banget kek gini ada juga yang beli.....bisa bikin kenyang 7 turunan kali ya...

Berlian 5 karat

mangnya bisa karatan mod
baru tau, maklum gaptek
Quote from: kolak_basi on December 02, 2009, 07:36:12 PM
Berlian 5 karat

mangnya bisa karatan mod
baru tau, maklum gaptek
;D
ente ada ada aja sob
tp bener sih emang karatan yaaa
wah, ternyata yg karatan itu bernilai n mahal yah


besi tua mahal ga ya    :


 
Quote from: kapten on December 03, 2009, 09:58:16 AM
wah, ternyata yg karatan itu bernilai n mahal yah


besi tua mahal ga ya    :


 

hmmmmmm,
mantep juga pemikirannya...  :D

jd tambah bingung soal  karat   
(Page 1 of 3) >  >>

Navigation

Back Sub-Forum

MS-Room.COM Style modify by Danny, Host on moresharehosting.com | TERM OF SERVICE/DMCA/PRIVACY POLICY AGREEMENT
Sitemap: Mobile Web | AMP | Topics | Chord Guitar Indonesia