You Now Here »

Yang Sering Dilupakan Pengendara Motor  (Read 4388 times - 79 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 24,848
  • Poin: 24.927
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged
Yang Sering Dilupakan Pengendara Motor
« on: January 06, 2015, 10:00:10 PM »



(click to show)
 
Code: [Select]
(www.kaskus.co.id)
http://www.kaskus.co.id/group/25671

(click to show)


Yang Sering Dilupakan Pengendara Motor


(click to show)

Banyak dari kita melupakan keselamatan saat mengendarai motor dijalan raya. Sehingga banyak menimbulkan kecelakaan atau insiden saat berkendara. Kali ini ane mencoba sharing tentang beberapa hal yang sering kita lupa kan sebagai pengendara motor. Smoga trit singkat ini bisa bermanfaat..amien…

(click to show)

(click to show)

(click to show)

(click to show)

(click to show)


Memakai Helm

(click to show)

Terkadang para pengendara mengacukkan menggunakan help dikarna kan banyak hal. Mungkin karna jarak berkendara yang dekat,sehingga malas tuk menggunakan helm, atau merusak tatanan rambut pengendara sehingga gak mau menggunakan helm. Padahal Helm dapat memberi perlindungan tambahan pada kepala dari benda jatuh atau kecelakaan pada saat berkecepatan tinggi. Helm motor dapat dikelompokkan dalam beberapa kelompok yaitu helm separuh kepala (half face), tiga perempat (open face) dan penuh (full face).

(click to show)


Menggunakan Lampu Sein

(click to show)

Lampu sein atau biasa disebut dengan lampu riting merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah kendaraan. Lampu sein berfungsi sebagai indikator pada kendaraan ketika berbelok yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi resiko kecelakaan. Kegunaan lain lampu sein adalah sebagai tanda untuk mendahului kendaraan yang ada di depan, tanda untuk kendaraaan dari arah berlawanan dan sebagai tanda pindah jalur kendaraan.

(click to show)


Mengecek Kondisi Motor

(click to show)

Pengecekan kondisi motor sangat penting sob. Alasan nya simple yaitu agar pada saat bepergian tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Pengecekan kondisi motor meliputi : pengecekan mesin, kondisi ban, oli mesin dan oli samping serta bahan bakar sob.

(click to show)


Kecepatan Motor

(click to show)

Sebagai pengendara sepeda motor ada baiknya kita dapat mengatur kecepatan kendaraan yang kita tunggangi. Jangan asal asalan sob. Jangan ugal ugalan dijalan yg bisa membuat insiden ygang merugikan diri sendiri dan orang lain.

(click to show)


Rambu Lalu Lintas

(click to show)

Rambu lalu lintas adalah bagian dari perlengkapan jalan yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan di antaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan. Banyak dari pengendara motor yang melanggar rambu lalu lintas, hal ini membuat banyaknya kecelakaan sering terjadi. Pengelompokan rambu dibagi atas : rambu peringatan, rambu petunjuk, rambu perintah dan rambu larangan sob.

(click to show)


Lampu Merah

(click to show)

Lampu lalu lintas (menurut UU no. 22/2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan: alat pemberi isyarat lalu lintas atau APILL) adalah lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki (zebra cross), dan tempat arus lalu lintas lainnya. Lampu ini yang menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah. Banyak dari pengguna motor yang sering melanggar lampu merah karna terburu buru ataupun malas berhenti. Hal seperti ini lumrah terjadi di berbagai tempat. Sehingga merupan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan.

(click to show)


Menggunakan Ponsel

(click to show)

Pada saat berkendara sering kita liat orang lain menggunakan ponselnya saat berkendara (baik menelpon, sms ataupun sosmed) tanpa kita sadari hal ini berdampak buruk bagi pengguna maupun kita yg berada di sekitarnya. Mereka terkesan melupakan keselamatan nya dan orang lain.

(click to show)


Parkir Motor

(click to show)

Ada baiknya pada saat memarkir kendaraan kita memarkir pada tempat yang telah ditentukan, jangan parker di area yg illegal sob. Dampak buruknya sering dirasakan pengendara motor kehilangan motornya walaupun ada tukang parker yang menjaga nya. Kita sering lupa kalo memarkir motor bisa saja mengganggu aktifitas lalu lintas. Dan jangan lupa mengunci stang pada saat parker sob.

(click to show)


Kelebihan Muatan

(click to show)

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor.44 tahun 1993, ketentuan dalam Pasal 115, disebutkan, ukuran kendaraan bermotor, dengan atau tanpa muatan harus memenuhi persyaratan, diantaranya meliputi lebar maksimum 2.500 mm; tinggi maksimum 4200 mm, dan tidak lebih dari 1,7 kali lebar kendaraan; panjang maksimum kendaraan bermotor tunggal 12.000 mm. terkadang kita lupa akan hal kecil seperti ini sob. Sehingga membuat motor tidak awet dan cepat rusak.

(click to show)


Kunci Motor Dan STNK

(click to show)

Ne yang paling sering dilupa pengendara motor sob naro kunci motor dan STNK. Kejadian ini pernah ane alamin sendiri sob. Begitu ada razia. Jadi kelabakan sendiri.hehe.. taro lah kunci motor yang mudah di inget dan stnk di dompet agar tidak lupa dibawa saat bepergian sob. Atau tempatkan kunci motor dan stnk dalam satu tempat sob.

(click to show)


Perlengkapan Tambahan

(click to show)

Bagi agan agan yang berpergian jauh dan intensitas waktu yang lama, ane Sarankan menggunakan perlengkapan tambahan keselamatan, missal : jaket dan sarung tangan sob. Demi keselamatan dan kesehatan. Fungsi jaket untuk melindungi tubuh dari angin dan cuaca sob. Dengan intensitas yang cukup sering bepergian jauh dapat menyebabkan penyakit paru paru basah bagi tubuh agan.

(click to show)

(click to show)


(click to show)

Hasil penerawangan sendiri sob...
Gambar by google.com

(click to show)
 
Code: [Select]
(bit.ly)
http://bit.ly/rekomenHT

(click to show)
 
Code: [Select]
(kask.us)
http://kask.us/hAL33
cek repost
(click to show)

(click to show)

(click to show)


Original Source
:beer:


View Mobile Web Short URL: