You Now Here »

Singkawang Mengenal Kota Paling Toleran  (Read 102 times - 96 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 16,618
  • Poin: 16.694
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged
Singkawang Mengenal Kota Paling Toleran
« on: December 10, 2018, 08:01:19 PM »




Iwan S:
Disini juga ada, cuman ga banyak ekspose.

Saya ada cerita sedikit. Saya punya kenalan pemilik bengkel mobil dekat rumah. Dari penampakan, udah kebayang dari ras Tionghoa. Karena pelayanan nya baik dan jujur, saya jadi langganan di bengkel bapak itu (sebut saja, bapak E), plus mobil tua, banyak yg harus diperbaiki, hehe.... Bulan Juni lalu, dari anak tertua, saya dengar bapak E masuk rumkit karena kanker. Saya coba membantu sebisa saya dgn mengirim obat2 herbal, mudah2an bisa menolong.

Sabtu pagi kemarin, saya dikirm text oleh anak sulungnya, bahwa bapak E sudah meninggal Jumat malam, jam 10, dan disemayamkan di rumah duka, tidak jauh dari rumah. Saya dan istri menyempatkan datang ke rumah duka untuk turut menyatakan bela sungkawa. Pada saat sampai di rumah duka, dari prosesi dan nama mendiang, udah kebayang non-muslim. Tapi yang sangat menarik, dari penampilan pelayat yang hadir, saya yakin hampir 80% muslim. Bahkan sahabat dekat mendiang pun istrinya berjilbab dan suaminya bergamis.

Dari situ, saya msh percaya, bahwa masih banyak orang2 yang percaya bahwa toleransi antar ras dan antar umat beragama itu masih ada. Masih banyak orang yang bersahabat, atau minimal bersosialisasi dengan rekan yang berbeda ras/agama, dan tetap memandang sahabat/rekan nya itu manusia, tanpa memandang apa ras/agamanya. Yang tidak bertoleransi itu hanyalah mereka yang kalah dalam persaingan secara sosial maupun ekonomi, sehingga satu2nya yang masih bisa dibanggakan adalah agama. Karena, diluar itu, apalagi yang mereka bisa banggakan?

Tia:
Kayanya persahabatan kaya bapak E ini dimungkinkan karena kondisi tahun 70an sampe 90an dimana emang adem ayem.  Yg saya kuatirkan adalah generasi millennial ke depan, kalo revolusi mental ga dijalankan oleh Jokowi nanti di periode ke2.  Kalo anak2 dari kecil udah teriak2 bunuh Ahok bunuh Ahok, orang china sebaik apapun akan diliat sebagai kafir yg darahnya halal.  Kalo diajarin cuma ada 2 pilihan: Islam atau kafir, jelaslah pilihannya adalah agama.

Andy Wijaya:
Yg jelas, yg toleran jauh lbh byk dari yg intoleran. Jangan biarkan NKRI tercinta ini dirusak oleh intoleransi

Andy Wijaya:
Good job sob

yuviandi purbodewanto:
"Yang tidak bertoleransi itu hanyalah .."
Selain kalah persaingan, yg ego agama nya tinggi juga susah utk bertoleransi. Mrk ini banyak yg ekonominya sdh tinggi dan sosialnya jg luas.

Gusti Yusuf:
dimana ini?

Iwan S:
Di Tangsel bang...

Gusti Yusuf:
Mantaapp

Tia:
Menurut walikota: ... masyarakat Singkawang sangat unik dan plural sekali dan tidak ada yang dominan di Singkawang…

Toleransi dan keharmonisan antar pemeluk agama di Singkawang pasti karena keunikan bukan karena pluralitas.  Kan 42% etnis di sana adalah china haka, jadi mereka adalah mayoritas.  Kalo mayoritas toleran dan tenggang rasa, dipastikan daerah itu harmonis.  Observasi saya pribadi, toleran atau tidak banyak dipengaruhi oleh agama dan kultur orang itu.  Secara teologi agama, jelaslah budha beda dengan islam dalam hal memandang hidup dan memandang orang yg ga seiman.  Budha bukan agama evangelisasi seperti Kristen dan Islam. Sebenernya di jaman modern ini juga misi evangelisasi harus dihilangkan atau diredefinisi, udah ga cocok lagi.  Secara kultur, etnis china introvert, ga ngurusin orang lain.

Lenny Hardi:
Kalo dari sabang sampe merauke semuanya begini alangkah damainya dunia ini...mimpi. com la yao. Saya pernah diceritaiin oleh kenalan saya yg keturunan tionghoa,  dia pernah dimarah dgn kata2 rasis : dasar cina hy krn gara2 dia menegor ada yg menyelak antrian...tepok jidat... ??? ?????

Sniper of Siantar:
Karena mereka selalu melihat dan menjunjung tinggi keharmonisan dalam hidup..yang justru menguatkan keimanan mereka sesuai keyakinan masing-masing.
Mereka menumbuhkan dan mengembangkan imannya dengan perbuatan saling menghargai dan menyayangi sebagai  mahluk ciptaanNYA..dan itu luar biasa.

Sempurna..

#Jokowilagi

coblos01:
Pengen pindah !!!!!

*------------NOTE:
Demikian Kumpulan nyinyiran netizen terkait artikel Singkawang Mengenal Kota Paling Toleran yang dituangkan dalam bentuk Komentar. Semua komentar diatas bukanlah rekayasa dan memang benar apa adanya hasil cuitan keluh kesah yang kita kutip dari sumber resminya. Kami tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut! Hanya sekedar memberi informasi yang sedang viral diperbincangkan! jika ingin membaca dan ingin mengetahui sumber resmi berita aslinya, silakan langsung ke sumber resminya. Terimakasih.


Code: (Sumber Resmi) [Select]
https://seword.com/umum/singkawang-mengenal-kota-paling-toleran-EXQtwTMt8

:beer: :beer: :beer:


View Mobile Web Short URL: