You Now Here »

Pilpres Pertaruangan Antara Sunda Dan Jawa  (Read 78 times - 82 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 19,068
  • Poin: 19.144
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged
Pilpres Pertaruangan Antara Sunda Dan Jawa
« on: April 29, 2019, 07:08:54 PM »




diska:
mesti bijak klo mau bikin tulisan begini, perang bubat sendiri masih perlu "di diskusikan lbh lanjut", krn pernah nonton d metrotv bahwa ada perbedaan pendapat di kalangan sejarawan ttg kebenaran peristiwa itu ......dan lagi, kisah Sunda_jawa ini sepertinya mulai dipakai oleh pihak2 tertentu utk dihubungkan dg pilpres, kebetulan baru dapat WA dr teman yg "agak radikal" yg membawa2 "rivalitas" dua suku terbesar ini, sampai bawa2 PKI & Masyumi segala ...... mngkin pembaca lain ada yg juga dapat forward-an yg saya maksud ? mohon jangan di share disini, sangat SARA sekali

nihayatur rohmah:
Saya tidak memojokkan suku sunda ataupun jawa dlm tulisan saya. Saya malah ingin perbedaan suku mempersatukan bukan meregangkan

diska:
iya saya tahu .....hanya saja, ada pihak2 trtentu yg coba memancing di air keruh .....   suatu saat anda pasti dapat jg forward-an sprti yg saya maksud, mngkin dr teman ato sodara..... yg jelas sudah mulai bawa2 NU, PKI, dan Masyumi ......

Deni Afandi:
Perang Bubat bisa jadi hoaxnya kompeni

Tresna Budiman Natawilaga:
Kupasan yg mohon maaf, agak dangkal. Karena Di Jabar pun pemilih Jokowi banyak meski tidak sebanyak pemilih 02. Dan nyatanya Amien Rais itu orang Jawa. Saya pribadi sunda dan pilih Jokowi. Kami memilih pemimpin negara demi bangsa dan cuma demi bangsa bukan dari mana dia. Beda hal soal perang bubutan, karena itu fakta sejarah yg tidak mungkin dihapus dan tetap jadi fakta sejarah, tapi tidak ada korelasi sama sekali dgn Pilpres ini.

nihayatur rohmah:
mohon maaf kalau artikel ini menyinggung, tapi intinya sy ingin mengaitkan perbedaan jumlah suara saja. di jatim dan jatengpun pemilih prabowo cukup banyak terutama dr honorer

Wenas:
Judul udah terlalu provokatif...di media2 mainstream lain pernah ada artikel ttg Sunda & Jawa...tapi itu juga bukan fakta & kebenaran...di Jabar banyak org Jawa...semua baik2 saja

Indri Giber:
Setuju!
Kekalahan kubu01 di Jabar IMHO adalah multidimensional. Terlalu simplistik jika menghubungkannya dengan kesukuan, apalagi menghubungkan dengan sejarah ratusan tahun y.l, terlalu remote. Korelasinya next to nothing.

nihayatur rohmah:
Iya kalau boleh masukan penyebab kekalahanx karna faktor ap biar bisa jd referensi sy utk artikel selanjutnya

Dia sibrodjo:
Judul artikel yang amat sangat buruk, kupasannyapun tidak pantas, terutama dengan masih banyaknya orang yang suka memancing di air keruh seperti sekarang. Secara kasat mata penulis salah satunya, memancing (cari uang) ketika air sedang keruh. Mesti belajar lebih bijaksana!

Alexander David  ツ:
Aku rasa tulisannya ada paling tidak sedikit benarnya sob... mungkin timingnya kurang pas karena situasi lagi agak panas. Harapanku sih semoga dendam masa lalu ini bisa diselesaikan dengan baik.

Wenas:
Setuju...ngaco banget...salah kamar deh...jangan menulis topik kontroversi di SEWORD...

yebi tambarta:
radikal memang hebat sampai bisa mengkotak kotakan pandangan orang, di belokkan kearah kesukuan, agar terjadi salah paham.
intinya ya karena peran radikal kuat di suatu area / wilayah.
kalau masalah suku, lah wakilnya aja dari situu...
klo masalah agama lah presiden dan wakilnya adalah agama mayoritas.
Ridwan Kamil bagus dan berpikiran realistis tuh, mendukung 01, lah penduduk wilayah nya ???
klo radikal nya tidak di babat, dipastikan akan makin mengakar, dan calon presiden berikutnya walaupun misal Ridwan Kamil, g jaminan bisa menang kalau oposisi dengan partai nya kaum radikal.
dan malah yang ada kerusuhan..

nihayatur rohmah:
Mereka sangat berbahaya

Cahyana Samrino:
Sepertinya lebih dari itu, pemilu kali ini bukan semata sunda vs jawa...
Kalau memang ini yang jadi alasannya, seharusnya 01 menang telak di sunda, karena mengusung seorang sunda sebagai wakilnya...

Ternyata hasilnya tidak jauh beda dengan pilpres 2014...

nihayatur rohmah:
Iya banyak sekali faktorx

Roedy Siswanto:
Kayaknya perlu pendalaman soal ini bu karena versinya lebih dari 1 . Yg jelas sih sdh nggak saatnya Kita memilih berdasarkan Hal Hal yg tidak bisa dihindari alias takdir , misal lahir dari etnis apa atau Hal lain . Pemilihan harus didasarkan atas track record yg menjadi acuan untuk tugas yg akan dijabat nanti , Walaupun orang jawa seringkali karena merasa mayoritas ( sekitar 60%) menjadi " tidak rela " kalau harus memilih etnis lain . Waktu Pilkada jabar sebetulnya aku lbh memilih Kang Deddy Mulyadi sebagai cagub karena track record nya sangat baik sekalipun dibandingkan Kang Emil . Sayangnya dia kok cuma jadi wakilnya Deddy "Sosis" yg selama jadi wagub nirprestasi .

.:M:.:
JAS MERAH, jangan sekali-kali melupakan sejarah...untuk dipelajari, dipahami, diperbaiki...lalakon teh ada maksudnya..

Sebenarnya devide at impera yang membuat kotak suku2, padahal setau saya ceritanya jauh lebih kompleks, ada sundaland, lalu ada budaya luhur java (jawadwipa).

Saya yakin..ini justru jalan menuju rekonsiliasi, baru di masa pemerintahan Jokowi, ada simbolisasi dengan membuat nama jalan Siliwangi  dan Padjajaran di jogja.

Sampurasun.
(click to show)


sujoko joko:
Katanya juga strategi Devide et impera kolonialis belanda

*------------NOTE:
Demikian Kumpulan nyinyiran netizen terkait artikel Pilpres Pertaruangan Antara Sunda Dan Jawa yang dituangkan dalam bentuk Komentar. Semua komentar diatas bukanlah rekayasa dan memang benar apa adanya hasil cuitan keluh kesah yang kita kutip dari sumber resminya. Kami tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut! Hanya sekedar memberi informasi yang sedang viral diperbincangkan! jika ingin membaca dan ingin mengetahui sumber resmi berita aslinya, silakan langsung ke sumber resminya. Terimakasih.


Code: (Sumber Resmi) [Select]
https://seword.com/umum/pilpres-pertaruangan-antara-sunda-dan-jawa-LSmB3tIPz

:beer: :beer: :beer:


View Mobile Web Short URL: