You Now Here »

5 tips trik Terbaik dalam Mengatur keUangan Anda  (Read 6122 times - 120 votes) 

anak_mami

  • More Share Forum Topic
  • [MS] bangsawan
  • ****
  • anak_mami mulai terkenal.anak_mami mulai terkenal.anak_mami mulai terkenal.anak_mami mulai terkenal.
  • Rep Power: 4
  • Join: October 01, 2009
  • Posts: 1,843
  • Poin: 15.957
  • IP member tracker Logged
5 tips trik Terbaik dalam Mengatur keUangan Anda
« on: April 07, 2010, 06:39:27 PM »


“Money isn’t everything–but it’s a long way ahead of what comes next.”
Edmund Stockdale

Salah satu hal yang terpenting dalam hidup kita adalah mengatur/mengelola uang Anda. Kalau Anda tidak dapat mengatur uang Anda dengan sebaik mungkin, maka Anda seperti menaruh anggur pada kantong plastik yang berlubang. Dengan kata lain kerja keras Anda dalam mengumpulkan uang akan sia-sia. Apa yang timbul dalam pikiran Anda, ketika ditanya mengenai cara mengatur uang Anda? Berikut ini garis besar mengatur keuangan kita:

1. Mengumpulkan
Uang Anda tidak datang dengan sendirinya, melainkan dibutuhkan usaha yang keras di dalam pekerjaan Anda untuk dapat mengumpulkan uang. Tidak salah kalau Anda mengumpulkan uang Anda dengan usaha Anda sendiri; yang salah adalah ketika Anda menjadikan uang segalanya.

2. Mengeluarkan
Anda harus dapat mengatur uang Anda untuk hal-hal yang terutama. Sering kali pengeluaran lebih banyak dari pemasukan yang Anda terima. Ini sangat tidak sehat. Yang harus Anda lakukan adalah adakan rencana pengeluaran Anda. Aturlah terlebih dahulu hal-hal yang paling penting untuk hidup Anda ataupun keluarga Anda, kemudian baru hal-hal yang lain. Beranikanlah diri Anda untuk berkata tidak terhadap hal-hal yang tidak penting. Pada saat akan membeli barang, pikirkan, ”apakah saya MEMBUTUHKAN atau MENGINGINKAN barang ini.”

“If you would be wealthy, think of saving as well as getting.”
Benjamin Franklin

3. Menyimpan
Sering kali untuk menyimpan/menabung adalah suatu hal yang sulit. Namun Anda harus mulai membiasakan diri Anda untuk menabung, karena ini termasuk salah satu kunci supaya Anda dapat mengatur uang Anda dengan baik. Tabung 10% dari penghasilan Anda untuk masa depan dan kebutuhan khusus.

4. Investasikan
Kalau Anda mempunyai simpanan yang cukup banyak, maka Anda dapat menginvestasikan uang Anda. Untuk investasi ini, konsultasikan dahulu dengan pakar investasi mengenai yang akan Anda hadapi pada saat Anda menginvestasikan uang Anda. Sebuah investasi yang perlu dilakukan adalah investasi dalam bentuk tanah atau rumah, karena hal ini merupakan salah satu kebutuhan kita yang harganya akan terus naik.

5. Memberikan
Kunci terakhir dalam mengatur uang Anda adalah memberi! Mungkin Anda akan berpikir apakah memberi termasuk dalam mengatur uang? Saya kata Ya! Kenapa? Karena pada saat Anda memberi kepada orang-orang yang membutuhkan, maka Anda sedang menginvestasikan uang Anda bagi masa depan mereka. Sering kali kehidupan ini diukur dengan apa yang kita miliki, tetapi saya mau mengajak Anda untuk mengubah paradigma Anda: perkaya diri Anda dengan apa yang telah Anda berikan bagi kehidupan dan kesejahteraan orang lain, bukan apa yang Anda dapatkan.

sumber jimmyoentoro.com

moga bs membantu
  :beer:


View Mobile Web Short URL: