You Now Here »

Tantangan Revolusi Pendidikan Untuk Mendikbud  (Read 78 times - 95 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 20,560
  • Poin: 20.636
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged
Tantangan Revolusi Pendidikan Untuk Mendikbud
« on: October 27, 2019, 10:41:49 PM »




yuviandi purbodewanto:
Berat. Radikalisme dah menyebar di pendidikan RI

Caesarian Wijaya:
Salah satu kesalahan terbesar pendidikan kita adalah pengistimewaan secara berlebihan anak dari jurusan IPA yang dianggap lebih pintar daripada jurusan IPS oleh sebagian orang tua. Padahal hari ini menurut penelitian BNPT, anak jurusan IPS terbukti lebih sulit dipengaruhi oleh ideologi radikal karena terbiasa berfikir lateral dan cenderung lebih kritis dalam mempertanyakan kebenaran yang disampaikan oleh pemuka agama. Sebaliknya, anak Jurusan IPA justru lebih banyak yang terpapar ideologi radikal karena terbiasa berpikir linear dan menganggap sains sejalan dengan agama. Inilah akibat dari tidak ada sistem pendidikan yang mengasah nalar kritis siswa dan pada akhirnya jurusan IPA menghasilkan anak-anak yang pandai berhitung tapi lemah dalam penalaran sosial sehingga mudah terpapar ideologi radikal. Anak IPS sekalipun tidak terlalu pandai berhitung dan lebih banyak materi hafalan, namun nalar kritis masih lebih terasah karena terbiasa berdebat satu sama lain dan lebih kritis dalam mempertanyakan kebenaran yang disampaikan oleh pemuka agama. Semoga Mas Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan yang baru bisa memecahkan masalah ini. Terima kasih.

gajahkecil:
ini penelitian random sampling mesti?

gajahkecil:
with so many things coming back in style,  i can't wait 'til morals and intelligents become a trend again. bukan ontalektual ??? ??? ??? ???

DC:
Semoga bang Nadiem mampu mengintegrasikan sistem pendidikan dan memecah stigmatisasi pendidikan yang tidak mengenal umur. Seperti jika tidak selesai sekolah menengah, namun masih bisa melanjutkan walaupun umurnya sudah 20 lebih melalui sekolah2 malam.
Juga melalui programisasi beasiswa yang mampu menyaingi Erasmus.

gajahkecil:
masih ada koq program paket Kejar (kelompok belajar) A, B, dan C utk memfasilitasi jalur pendidikan dasar non formal.
kalo enggak salah, Kejar C ini malah bisa dijadikan ajang "ujian remedi" di level SMA/MA yg gak lulus UN.
cmiiw ????

Ali Al-Mujtaba:
Pendidikan KARAKTER ????? SEMOGA !  Walaupun rasanya masih mustahil menjadi kurikulum di Indonesia.

gajahkecil:
pendidikan karakter kayaknya udah included di mapel pendidikan agama dan budi pekerti itu.
cmiiw ????

Ali Al-Mujtaba:
Pendidikan KARAKTER menurut SOP yang ane ketahui, harus dilatihkan. Misal dari TK harus dilatih membuang sampah pada tempatnya sehingga mereka bahagia melakukan hal-hal positif tersebut!

gajahkecil:
saya paham maksutnya akhi.
trus yg saya maksut itu; dalam kurikulum pendidikan dasar yg berlaku saat ini (K13), pendidikan karakter tersebut sudah dimasukan ke dalam mata pelajaran yg berjudul Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. kalo buat level TK itu saya kurang apa namanya.
kalo akhi sudah berkeluarga/punya anak usia sekolah, ya harusnya tahu :)

Ali Al-Mujtaba:
Setahu ane nggak ada tu proses pelatihan, adanya hanya proses pembelajaran. Satu lagi belum adanya kewajiban membaca. Setahu ane di negara-negara yang pendidikannya sudah bagus wajib membaca dan proses pelatihan karakter misal diwajibkan please, sorry, and smile. Ada juga proses pelatihan merancang keuangan pribadi dst.

*------------NOTE:
Demikian Kumpulan nyinyiran netizen terkait artikel Tantangan Revolusi Pendidikan Untuk Mendikbud yang dituangkan dalam bentuk Komentar. Semua komentar diatas bukanlah rekayasa dan memang benar apa adanya hasil cuitan keluh kesah yang kita kutip dari sumber resminya. Kami tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut! Hanya sekedar memberi informasi yang sedang viral diperbincangkan! jika ingin membaca dan ingin mengetahui sumber resmi berita aslinya, silakan langsung ke sumber resminya. Terimakasih.


Code: (Sumber Resmi) [Select]
https://seword/umum/tantangan-revolusi-pendidikan-untuk-mendikbud-JJSO9ReJCq

:beer: :beer: :beer:


View Mobile Web Short URL: