You Now Here »

Budget Aibon 82 Miliar Dibilang Salah Ketik Tak  (Read 70 times - 62 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 20,572
  • Poin: 20.648
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged
Budget Aibon 82 Miliar Dibilang Salah Ketik Tak
« on: October 31, 2019, 01:00:41 PM »




Roedy Siswanto:
om Wid , minimal ada 5 mata anggaran yg sangat nggak masuk akal yaitu :
1. Lem Aica Aibon
2. Bulpen .
3. Komputer.
4. Storage data .
5. Anti virus .
6. Jalur sepeda ...panjang 63 km , anggaran 73 M ...jalur sepeda lho yg paling lebarnya 1 m .

Widodo SP:
Betul pak @roedy_siswanto:disqus ... apalagi yang cat sepeda itu katanya sanggup bertahan sampai 8 tahun...hahaha...bisa sih, kalau jalan dilarang dilewati plus ditutup plastik biar ga kena hujan. Sableng bener tuh!

Roedy Siswanto:
??? ??? ??? ??? Betul pak ..toh setelah 8 thn gubernurnya sdh ganti .

Bersih bersih:
Only in Indonesia: atlit anggaran kemampuannya melebihi ketangkasan atlit anggar pemenang medali emas olimpiade!
Jawaban gabener sdh bisa ditebak: Begini ya, jumlah mata anggaran utk DKI ada 36 ribu lebih, tentu saja di luar kemampuan satu orang pemimpin utk meneliti satu per satu, oleh karena itu ada skpd2 di mana terbagi mata anggaran tsb dan ada perangkat yg merencanakan dan melaporkan, kalau masih ada yg salah nanti kami perbaiki! (Dijamin eneg!)
Persoalan anggaran pada dasarnya hanya 2 unsur besar: besaran dan stakeholder.
Besaran biasanya sdh ada patokan arah pembangunan (Repelita-GBHN-Wanacita dll.) yg dituangkan dlm APBN/APBD. Ini konsensus para pemimpin & penyelenggara negara - biar jadi PR mereka saja.
Stakeholder ini sektoral, meliputi kepala (daerah), decision maker penentu prioritas item (skpd), user yg menjerit minta pengadaan (RS, sekolah, dokter, guru, dst.), dan makelar yg memuaskan semua pihak terutama dia sendiri duluan! (biasanya pengusaha + anggota parpol di dlm/luar fraksi)
Kalau ada yg ribut anggaran kemhan sangat besar - tdk perlu terlalu kuatir, salah beli bedil, makelar dan d m bisa dibedil duluan.
Kemkes - alat2 canggih yg mahal di RS daerah biasanya hanya mark up. Dir RS dan dokter spesialis butuh utk penanganan pasien, kada jg mikir kalau ada anggota keluarga sakit maunya punya alat canggih di tempat.
Kemdibud&dikti - di sini sumber pesta pora, contohnya lem Aibon itu. Anggaran pendidikan sesuai amanat UU adalah 20% belanja negara. Stakeholder di lapangan guru & kepsek - sama sekali tidak ada suara protesnya, dehem aja mgkn ga berani, wong banyak honorer yg waiting list ngisi posisi, jadi salah2 dehem hilang mata pencaharian. Jangan heran kalau makelar dan d m pesta pora asal cukup upeti ke kada. Jadi jangan heran anak2 di daerah berani menggunakan pipet ukur (hisap dg mulut!!) utk menakar H2SO4 atau HCl pekat karena stock gelas ukur kosong saat itu! Belum lagi mark up nya dg harga peralatan yg menyapa langit.
Kementan - lain lagi permainannya, harga plafon pupuk (saprodi, dll.) selalu batas atas - antisipasi kesulitan supply kan tetap hrs belanja utk bantuan ke petani. Supply lancar, ttp saja harga plafon atas yg dipakai - wong sdh dianggarkan (hayo ayam sama telor mana duluan?)
Begini lah situasi normal, keseharian para atlit anggaran berlatih... jadi canggih2 kan.
Jadi apa yg harus dilakukan?
Mendagri tolong wajibkan semua mata anggaran hasil musrenbang bisa di upload utk dipelajari, lalu saat pembahasan besaran tahunan jg nilainya bisa ditampilkan - banyak netijen mahabenar yg bersedia melakukan kontrol sosial. Yakin langkah satu ini saja akan sangat2 efektif. ("Duit pajak gue, enak aja lo mau ngembat!")
Mendikbud tolong kirim tim audit blusukan ke daerah verifikasi mata anggaran dan wujud di lapangan - hasil audit ke BPK dan KPK langsung, kalau pencegahan sulit dilakukan - penindakan harus tegas utk efek jera shg ada perbaikan ke depan.
Kalau perlu sesuai dg kemampuan dijital (pasukan luar) Pak Menteri - susun ekatalog lengkap utk keperluan nasional.
Kementrian lain yg lebih banyak seputar mark up dan plafon atas harga satuan, transparansi informasi mata anggaran sudah pasti efektif.
Satu lagi - khusus buat AHY dan Demokrat, kalau mau bangun imej yg baik - cermati saja penggunaan anggaran di Kemendikbud&dikti dan publikasikan temuan2 keanehan realisasinya, asalkan konsisten rajin dan cermat, dlm 5 tahun akan memberi hasil yg luar biasa!!

Makmur Jayakarta:
Mantap bang ??? ??? ??? ???

Budi P.:
Kalau AIBON jadi ANISBOND itu baru salah ketik.....

Widodo SP:
@disqus_FFcAJz5Z1x:disqus masoookkk...!

Makmur Jayakarta:
Ini mah sudah bukan TYPO lagi. Pasti ada sesuatu di pikiran2 pejabat budgeting DKI ??? ??? ??? ???

Yulianto Yulianto:
halo halo halo ....Rombongan JKT'58 .... pada kemana kalian ....take a beer

Widodo SP:
@yuliantoyulianto:disqus pada ngorok dong...!

Ahmad Fadli:
Wowoooo hoax bar ??? ??? ??? ???

Kurniawan:
Renovasi bangunan rudis gaberner 2.4 M  luas 1000m. Menurut kontraktor, ngeBangun rumah baru 4 - 5jt/m2.
Lha ini renovasi rudin dianggarkan 2.4 m jika dihitung per meter 2.4 juta !! Renovasi apa?  Katanya bocor atau rembesan atau ngecat ulang.. mana ada genteng seharga itu + tukang.. belum jalur buat sepeda dianggarkan 73M. Mantap bagi2nya deh

BritneyYang:
Jurus ngeles ala Baswedan.
Ga mungkin sekedar Salah ketik.
Emang anak SD belajar ngetik apa?
Pecat aja.

Widodo SP:
@britneyyang:disqus wkwkwkw

*------------NOTE:
Demikian Kumpulan nyinyiran netizen terkait artikel Budget Aibon 82 Miliar Dibilang Salah Ketik Tak yang dituangkan dalam bentuk Komentar. Semua komentar diatas bukanlah rekayasa dan memang benar apa adanya hasil cuitan keluh kesah yang kita kutip dari sumber resminya. Kami tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut! Hanya sekedar memberi informasi yang sedang viral diperbincangkan! jika ingin membaca dan ingin mengetahui sumber resmi berita aslinya, silakan langsung ke sumber resminya. Terimakasih.


Code: (Sumber Resmi) [Select]
https://seword.com/politik/budget-aibon-82-miliar-dibilang-salah-ketik-tak-Pxr7c7EYK8

:beer: :beer: :beer:


View Mobile Web Short URL: