You Now Here »

Membela Agnes Mo Justru Bikin Geram Banyak Orang  (Read 93 times - 47 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 21,026
  • Poin: 21.102
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged
Membela Agnes Mo Justru Bikin Geram Banyak Orang
« on: November 27, 2019, 12:06:34 PM »




Robin:
Harus bisa bedakan antara blood, bloodline dan nationality, jd kl gak ngerti bahasa inggris yg benar ya bagusan gak usah nulis deh

At Heist:
Setuju...!
Tulisan cak Alif kali ini kurang teliti.
Fakta secara fisik, Agnes dilahirkan dalam keluarga berdarah Jerman, Jepang dan China, itu menurut Agnes Mo karena ga mungkin Cak Alif lebih tahu darinya kan? Emang mesti dipaksakan ada darah Jawa, Madura, Ambon?
Fakta secara hukum dia berkebangsaan Indonesia. Kalau masalah nasionalis, nilailah dari tindak tanduknya jangan dari pengakuannya.

Martabak Sweet:
Jelas kok konteksnya dan dari Agnes Mo nya sebenarnya. Hanya dipelintir saja supaya jadi heboh.

Jelas kalau MC dan Agnes berbicara bahwa Agnes itu orang Indonesia, dan jelas MC bertanya dengan pemahaman "kamu orang Indonesia tapi kenapa agak berbeda dengan orang Indonesia rata rata"

Dari awal konteks dan pembahasannya sudah "Agnes itu orang Indonesia". Tidak ada materi interviewnya yang menunjukkan kalau Agnes itu menyangkal dia bukan orang Indonesia. Kalau dari awal konteksnya Agnes bukan orang Indonesia, MC tidak akan mengucapkan kalimat yang dia ucapkan. Akan rancu.

Facebook User:
jangan sampai ngegass tapi gk ngerti istilah2 bhs inggris....patokannya bhs indo pdhl wawancara dalam bahasa inggris. jadinya malu sendiri hahahaha. bhs inggris itu lbh rumit mas alif, gk kayak bhs indo.

Harangan Toras:
oleh sebab itu saya selalu gagal mata plajalan bahsa ingglis? ???

steven:
Mungkin karena penulis lebih menguasai bahasa malaysia daripada bahasa inggris  :)

Rara Dayatri:
Setuju mending gak usah nulis walo founder skalipun drpd bahas yg ada bau2 kesukuan dan sebut2 minoritas sgala

Juan:
aneh, masalah sepele gini aja mau dipermasalahkan dan Agnes harus minta maaf? kalau buat saya sih, dia klarifikasi saja menggunakan Bahasa Indonesia sudah cukup. karena pokok permasalahannya adalah terjemahan wawancara dari B. Inggris ke B. Indonesia yg kurang sempurna.

tapi saya akui memang susah menjelaskan ke orang yg sudah dipenuhi kebencian dan prasangka...

At Heist:
Hingga saat komen ini dibuat, belum ada obatnya di negara termaju manapun, di apotik terlengkap manapun di dunia ini yang memliki obat untuk mengatasi "iri hati" yang menjadi penyebab tunggal dari kebencian dan prasangka buruk.

Karena obatnya adalah "hati" itu sendiri.

Yaitu Hati yang bersyukur kepada YME atas apapun yang kita miliki saat ini dan Hati yang turut berbahagia melihat kebahagiaan orang lain

Paian Marulitua:
Saya ngak begitu care dgn Agnes Mo dgn segala karir dan popularitasnya.

Lebih satu dekade yg lalu, siswi2 di salah satu Ponpes di Jaksel yg secara tidak langsung memperkenalkan Agnes Monica kepada saya ketika bahasan pelajaran tentang public figure. Saya kaget dan akhirnya mencari informasi mengenai Agnes Monica, begitulah dia disebut pada waktu itu.

Bukan Agnes Mo yg menjadi kepedulian saya. Tapi bagian dari tulisan mas Alif ini yg tidak saya pahami.

Apa yang dilakukan Agnes adalah sebuah pukulan telak bagi kelompok minoritas di Indonesia. Mereka selama ini berjuang mengatakan bahwa mereka orang Indonesia juga. lewat film Susi Susanti, pesan tersebut juga disampaikan dengan jelas. “Im Indonesia, Im always be.”

Apa maksudnya ini, mas Alif?
FYI, saya juga giat belajar memahami penganut agama mayoritas dan agama mayoritas di Negara ini. [Note: saya percaya yg anda maksud dgn kelompok minoritas adalah minoritas agama].

Saya khawatir mas Alif ini masuk golongan kebanyakan (bukan mayoritas agama maksudnya), golongan yg sering membuat 'pseudo' fakta atau pemutarbalikan fakta atau mempropagandakan kebohongan, mitos, utopia secara terus menerus hingga ia dipercaya sebagai kebenaran.

Dengan atau tanpa Agnes Mo pun kelompok minoritas dipersekusi, dibuli, diperlakukan diskriminatif, diancam dibunuh bahkan dibunuh kok! Perjuangan mereka dihargai hanya di bibir. Sudah terlanjur mas Alif kelompok mayoritas menganggap diri kelompok suci, dan punya privilege tapi, maaf, banyak ngak pantas mendapat keistimewaan itu. Negara ini susah maju karena kelompok mayoritas tidak menghargai diri mereka sendiri. Kami kelompok minoritas tidak butuh penghargaan munafik kelompok mayoritas.

Kampret212:
manusia bisa khilaf, kecuali cak alif...

Rara Dayatri:
Haha.. Nyindir telak pada Sang Founder.. Walo Founder dia juga manusia biasa.. Dg menamai dirinya Pakar mantan..hahaha

DC:
Sudah dikatakan di dalam video, bahwa Indonesia itu diverse (penuh keberagaman). Dia tidak memiliki darah Indonesia karena genetik.  Kesalahpahaman terjadi karena terjemahan yang dipelintir oleh mereka yang sok tahu ahli Bahasa Inggris. Tidak ada kesalahan dalam apa yang dibicarakan oleh Agnes Monica. Apakah harus minta maaf karena tidak berdarah Indonesia? Aneh.

DC:
Juga kurang Indonesia bagaimana lagi, dalam setiap kesempatan interview di AS, Agmo selalu promosi Indonesia. Masih kurang apa lagi untuk bisa diterima sebagai Indonesia walaupun tidak memiliki darah Indonesia? Hanya orang rasis yang menganggap interview Agmo ini bermasalah.

Rara Dayatri:
Alasan dari Founder Sang Pakar Mantan, pembelaan fans Agmo jaka sembung bawa terong.. Haha

Rara Dayatri:
Itu harus minta maaf, kata Sang Founder dan Pakar Mantan

Edwin Hendra Kusuma:
Saya nggak pernah suka dengan lagu2 Agnes, jadi saya bukan salah satu fans-nya, dan saya nggak melihat ada yang salah dengan pernyataan Agnes bahwa dia tidak punya darah Indonesia, kalau yang dimaksud adalah darah dari suku-suku atau etnis yang selama ini diidentifikasikan sebagai "pribumi", macam Jawa, Sunda, Batak, Bali, dll. Bisa jadi memang (setahu dia) dalam garis keturunannya benar2 tidak ada campuran darah "pribumi" tersebut sejak awal nenek moyangnya pertama migrasi & menetap di negri ini.


Kesalahan Agnes cuma pemilihan diksi aja. Menurut saya lebih pas dia meneyebut "native blood" dan bukannya "Indonesian blood", karena menurut saya itulah yang dimaksud Agnes.


Saran saya, buat yang geram dengan Agnes Monica, coba deh ingat berapa banyak warga keturunan Cina yang walaupun mungkin lebih Indonesia dari anda semua masih saja sering dikatain "sejenis Ahok, numpang hidup di sini". Giliran mereka mengakui bukan keturunan pribumi masih juga diributin.


Terus maunya gimana???

Rara Dayatri:
Iya sob.. Salah satu suku ada yg blm disebut lho.. Ntar gemana tuh

Edwin Hendra Kusuma:
Oh iya, maaf ya saudara2ku dari suku Dayak.

Kay Kayleigh:
Lagipula wawancaranya di sana. Org sana langsung lebih mengerti jika bicara 'indonesian blood'. To the point. Org sana ga suka bertele tele.
Yg di sarankan penulis bicara indonesia macam² budaya, suku, warna kulit sampe cengkok, itu cocok kl wawancara di indo. Banyak omong isi sama
.

Edwin Hendra Kusuma:
Yg di sarankan penulis bicara indonesia macam² budaya, suku, warna kulit sampe cengkok, itu cocok kl wawancara di indo.


Itu lebih pas buat acara Penataran P4 waktu masa orientasi masuk sekolah jaman dulu.... ??? ??? ??? ???

Martabak Sweet:
Tidak ada yang salah sebenarnya dari pilihan kata Agnes. Yang mendengar video asli wawancaranya dalam bahasa Inggris bisa melihat.

Edwin Hendra Kusuma:
Nggak salah, tapi kurang tepat karena jadi bisa disalahartikan terutama oleh orang2 yang sengaja cari2 kesalahan orang lain.

Martabak Sweet:
Ya setuju, memang karena ada yang sengaja mencari cari kesalahan orang lain.

Kalimatnya sendiri tidak bisa disalahartikan karena kalimat aslinya tidak berkata begitu (yang dituduhkan) sama sekali dan tidak open to intrepertation. SAMA SEKALI.

Yang ada SALAH TRANSLASI dan motong kalimat.

Kalimat yang dikatakan Agnes dalam bahasa inggris tidak rancu atau open to intrepretation. It's straightforward.

Kesalahan dari yang translasi (idiot). dan dari pemotongan kalimat.

Martabak Sweet:
Lalu dari pertanyaan hadirin:

Agnes berkata "kalau Agnes ingin menginfuse banyak unsur Indonesia ke musiknya Agnes, seperti JAIPONG"

The whole interview is all about "The Indonesian Agnes".

Edwin Hendra Kusuma:
I doubt the angry ones even noticed that part. ??? ??? ??? ???

Dedi Setiadi:
Hal sepele gini aja diributin, mending dipakai untuk hal-hal lain yang lebih produktif dibandingkan ngurusin darah orang lain.

Oen:
Aku keturunan Cina , kamu keturunan Batak , abdi keturunan Sunda. ,ane keturunan Betawi , kita orang keturunan Menado ini kenyataan berdasarkan DNA ,tapi kita semua Bangsa Indonesia.....

Kampret212:
madura gak disebut? nti ada yang sensi lho

Rara Dayatri:
Haha.. Nyindir lagi ini telak amat sob ke Founder

Kampret212:
ah gak juga... biasa aja... LOL

Martabak Sweet:
Susah memang kalau sudah menyangkut orang dengan intelejensia 1/2 dan hatinya sudah kelabu.

1. Dari yang wawancara: dia tidak menyangka kalau Indonesia itu sangat beragam dan kaget saat tahu itu dari materi wawancara Agnes Mo di kesempatan lainnya.

2. Agnes: mengiyakan, Indonesia punya 18000 pulau dll dan tentang Agnes sendiri yang tumbuh dalam "cultural inclusivity" (mau dijelaskan apa itu cultural inclusivity atau sudah pada mengerti?)

3. Tanya: "right, but you were also a little different from those around you". Jelas disini yang bertanya (si MC) bertanya kenapa secara fisik Agnes Mo beda dengan stereotype orang Indonesia (yang rata rata kulitnya lebih gelap dll) dan lebih kelihatan seperti orang Asia Timur, mengacu ke mater interview Agnes Mo sebelumnya yang si MC lihat.

4. Agnes: "Right cus i actually don't have Indonesian blood whatsoever. So i'm actually German, Japanese, Chinese. I was just born in Indonesia. And I'm also  blablablalbalblablalbla".

Jelas disini yang dimaksud Agnes Mo adalah tentang genetik/DNA/silsilah keluarga. Dan jelas dalam konteks ini, Agnes menerangkan kenapa "DIA ADALAH INDONESIA SAMBIL MENJAWAB SI MC KENAPA AGNES ORANG INDONESIA TAPI TIDAK SEPERTI ORANG INDONESIA RATA RATA"

#PerluHireIntrepreterDanMinumObatPintar

Juan:
nah itu dia... kebanyakan yg marah-marah itu tidak membaca/mendengar konteks pertanyaan si bule sebelumnya! (poin no.3)

Martabak Sweet:
1. Kalau Agnes ini orang Jepang atau Korea, the whole interview jadi tidak nyambung. Karena central point dari interview tersebut adalah Agnes sebagai orang Indonesia, makanya dari pertanyaan MC dan bahkan sampai dari pertanyaan hadirin yang pertama, menyentuh Indonesia.

2. Seandainya bule berdiri di sisi kiri, lalu di sisi kanan ada 6 orang India (dari Indonesia, malaysia, singapore, india, pakistan, amerika), orang 7 Cina (dari Indonesia, malaysia, singapore, india, pakistan, amerika, cina), orang 3 Philipina (dari Philipina, amerika, australia), 6 orang Malayu dari berbagai negara.

Orang bule itu pasti melihatnya cuma ada 2 tipe orang. Orang Asia Timur dan Asia Selatan. Mereka tidak akan mampu membedakan orang Philipina dengan India atau Melayu.

Hanya bule yang pernah ke Philipina atau India yang mungkin bisa mengenali kalau traits Indian dan malayu beda. Untuk bule yang ini mungkin bisa mengenali 3 tipe orang.

Tidak mungkin si bule bisa mengenali kalau si India, Cina dan Malayu itu ternyata warganegara 7 negara yang berbeda.

Martabak Sweet:
Digaris bawahi "from those around you". dari full sentence "right, but you were also a little different from those around you".

Phrase yang penting yang menjelaskan konteks tapi dipotong oleh banyak terjemahan dan banyak kutipan.

Edwin Hendra Kusuma:
Masalahnya kebanyakan yang marah juga nggak benar2 paham bahasa Inggris dan lebih mengandalkan terjemahan yang bias.

Martabak Sweet:
Memang, makanya ada phrase "ignorance is bliss".

Wawancaranya itu jelas sekali konteksnya "Agnes si orang Indonesia" dan bukan "Agnes" doang.

Makanya ditanyakan juga, tentang perjalanan dan evolusi Agnes dll.

Agus:
Lah kalau memang dari DNA darah tidak ada yg memiliki gen dari Batak, Jawa, Papua, Maluku, dsb apa memang harus diakui? Saya rasa jauh lebih penting pengakuan terhadap budaya Indonesia sendiri daripada memiliki darah yg disebut diatas tapi malah tidak mengakui budayanya sendiri. Be an open mind sob

Sarijan Karjo:
Menurut saya, intinya Agnes tidak salah karena tidak ada kata2 yang menyinggung/menjelekkan Indonesia. Cuma orang Indonesia boleh sedikit kecewa (tapi tidak perlu sampai tersinggung/marah), karena ada 1 kalimat Saya tidak berdarah Indonesia. tapi kalimat2 berikutnya juga masih memuji Indonesia walaupun tidak secara dramatis. Pada dasarnya dia tipe yang berterus terang apa adanya, bukan tipe yang ahli bermulut manis.

Prisca:
Di sini itu apa2 ribut terus, sampai masuk TV oon juga hadeh..
Mbok bahas penemuan apa yg berguna buat negri ini.......

bren:
kalau memang kenyataannya ga ada darah indonesia ya gpp. masa mau bohong.

Edy Chi:
Maaf, ikut nimbrung. Saya sendiri tionghua yg pernah mengalami budaya tionghua yg kolot di Kalimantan Barat Kapuas Hulu sekitar tahun 1980an. Saya coba lihat dari bahasa umum mereka. Saat kaum orang tua warga tionghua menyebut orang "Indonesia".Mereka menyebutnya dengan sebutan Fan Nyin yg sekarang saya kenal sebagai orang Melayu. Mungkin rekan rekan disini ada yg tau sebutan itu. Di Hulu kalimantan, ada 3 sebutan utk orang orangnya. Thong Nyin. Fan Nyin dan La Ci. Thong Nyin sebutan utk orang Tionghua. La Ci utk Dayak. Dan yg Melayu disebut Fan Nyin. Kalau halusnya mereka sebut Ji Ni Nyin yg kalau di terjemahkan gamblang orang Indonesia. Nah, dugaan saya,
Satu, orang tua Agnez itu kalau tak salah orang tuanya tionghua Jawa. Yg saya pernah liat, masi rada kolot jika berbahasa tionghua. Mirip dengan generasi nenek kakek saya yg umur 80an. Kemungkinan nurun ke Agnez.
Dua, agnez yg lahirnya bukan orang bule asli, asal jeplak aja bahasa inggrisnya. Jadi ditafsirkan lah secara gamblang tidak berdarah Indonesia.
Tapi saya yakin, yg mau disampaikan Agnez adalah dia dari keturunan tionghua, jerman, Jepang. tidak ada dari keturunan Melayu.
Karna masalah pilihan kata yg buruk aja jadinya negatif
Maaf, saya sekedar menyampaikan opini dari sudut pandang keseharian yg ada di daerah kapuas hulu kalimantan Barat.
Maaf jika ada penulisan kata atau kalimat yg tak berkenan.

Zeffanya N Zeevanka:
Koq tulisannya menyudutkan Cak?
Saya bkn fans Agnes tapi ga ada yg salah Dr pernyataannya. Emg ga ada darah jawa Dkk kan? ???? sbgmana pribumi didefinisikan?!?
Contoh saya anak yg kawin campur Bpk saya belanda emak China. Masa saya ngaku pribumi? WAlaupun WNI

dogol-forester:
Seharusnya kayak gabener, die asli turunan ngarab tapi membuat pernyataansbg pribumi .
seharusnya agnes mo ngaku spt gabener, gitu kan kadrun ?

Josh:
Penulis nya mulai beler! :):)

Nawadi Zheng:
Aahh.. Alif ini termasuk half blood kadrun kok. So biarin aza, mang gue pikirin untung gua gak kentutin ??? ??? ??? ??? ????

Harangan Toras:
nonton "underworld" lagi ah....jagoannya si wanita yg mixblood di kejar2 yg pure blood? ???

bambang:
Sudah banyak yang membahas, ini hanya perspektif. Kalau di Malaysia, status "pribumi" atau istilah mereka "bumiputera" itu bukan ucapan bibir semata, melainkan status hukum, hitam putih, yang tertera di KTP/Identity card di kolom ras. Status resmi ini menjamin perlakuan spesial seperti kuota masuk universitas, kuota kepemilikan perusahaan publik, dll. Jadi tidak sembarang orang boleh mengaku2 bumiputera, atau "berdarah Melayu". Lucu, seandainya ada selebriti Malaysia yang bilang dia tidak berdarah Melayu, itu akan diterima semata2 sebagai fakta dan nggak bakal ada yang bikin heboh.

Albert Adlyn:
wkwkkwwk ga adakah yg lebih penting buat dibahas?

Harangan Toras:
nah lo...kalo dah nyangkut wanita ...kabin (kakak pembina) gagal semedhi ??? ??? ??? ???

*------------NOTE:
Demikian Kumpulan nyinyiran netizen terkait artikel Membela Agnes Mo Justru Bikin Geram Banyak Orang yang dituangkan dalam bentuk Komentar. Semua komentar diatas bukanlah rekayasa dan memang benar apa adanya hasil cuitan keluh kesah yang kita kutip dari sumber resminya. Kami tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut! Hanya sekedar memberi informasi yang sedang viral diperbincangkan! jika ingin membaca dan ingin mengetahui sumber resmi berita aslinya, silakan langsung ke sumber resminya. Terimakasih.


Code: (Sumber Resmi) [Select]
https://seword.com/luar-negeri/membela-agnes-mo-justru-bikin-geram-banyak-orang-dP5poedgrC

:beer: :beer: :beer:


View Mobile Web Short URL: