You Now Here »

Dan Desa Desa Pun Makin Semarak  (Read 64 times - 65 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 22,648
  • Poin: 22.725
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged
Dan Desa Desa Pun Makin Semarak
« on: March 13, 2020, 03:19:53 PM »




Tony Gede:
Ini kisah yang bagus dan inspiratif.

Daripada hanya berkeluh kesah, mengeluh, dan berharap suatu saat orang lain (pemerintah pusat / pemda / investor) untuk mengurusi nasib mereka, orang-orang dalam kisah nyata ini bergerak dan bekerja sama untuk mengubah nasib mereka sendiri.

Seharusnya hal seperti ini dicontoh oleh desa-desa di sieluruh Indonesia.

Walau hidup penuh kesulitan, tapi kalau kita mau pakai otak kita dan mau bekerja keras, suatu saat kita pasti bisa keluar dari kesulitan tersebut.

Dan pemerintah pusat sebenarnya sudah bekerja cukup baik dengan mengucurkan triliunan dana desa.  Maka sekarang saatnya desa-desa bergerak.

Bangun BUMDES yang berdaya guna, jangan cuma buat formalitas.  Kalau memang desanya nggak punya potensi parawisata, gerakkan potensi pertanian.  Kalau potensi pertanian kurang, gerakkan potensi industri.

Juga, jangan hanya andalkan program pemerintah.  Masyarakat desa juga musti bergerak, menggalakkan gerakan koperasi di desa-desa.

Bangun koperasi-koperasi yg menjalankan usaha2 sesuai potensi daerah.

Kalau memang potensinya pada pertanian dan peternakan, bangun koperasi agrobisnis / agroindustri.  Jangan mentok di agrikultur doang.

Kalau potensinya pada perikanan, bangun koperasi nelayan, bangun industri perikanan, buat penangkapan sekaligus pengolahan.

Kalau potensinya parawisata, bangun juga koperasi industri kerajinan untuk bekerja menopang BUMDESnya meningkatkan daya tarik parawisata desanya.

BUMDES sebenarnya bisa dijadikan mitra koperasi desa. 

Satu contoh adalah BUMDES bisa mengucurkan pinjaman ke koperasi-koperasi start-up.  Pinjaman berbunga rendah bercicilan ringan tentunya, karena tujuannya adalah untuk mengkatalisasi majunya gerakan koperasi di desa-desa.

Sekali lagi, makasih bung Hendro, buat kisahnya yang inspiratif.

Alex R.:
Senang rasanya membaca berita positif  semacam ini yang sangat membesarkan hati dan membangkitkan optimisme.

Tony Gede:
Serius, kisahnya keren dan inspiratif.

Jack Seno:
setuju kang. sy yakin kok masih byk sekali hal2 positif di negeri ini. yg bisa jd acuan utk terus bergerak maju.

Bersih bersih:
Terima kasih atas konfirmasinya.
Saya memang jarang mengunjungi desa, tapi dari interaksi yg pernah terjadi saya sangat yakin orang2 di desa tahu betul apa yg mereka inginkan utk kehidupan bersama yg lebih baik.
Mereka sangat bijaksana dalam kesederhanaannya, niat ga muluk2, paham potensi dan kemampuan mereka, yg istimewa sangat murah hati utk berbagi.
Dipacu dg Dana Desa ya mereka secara otomatis akan kerja keras dan hasilnya pasti akan terlihat wujudnya.

San Tuy Wele Wele:
pasti di desa2 yg disebut dalam artikel jarang banget aja warganya yg jadi kadrun.. kadrun di luar sana gak usah iri. berhentilah jadi kadrun dan mulailah usaha jadi petani. petani juga pengusaha kok. usaha tani dari kecil lama2 (gak instan) omzetnya gede alias petani kaya.. asal jangan ngumpul lagi sama sesama kadrun.. nanti bangkrut lagi baru nyadar lagi ngumpul sama kadrun bukan berkah

HolyGanZ:
Sangat membuka mata, terimakasih.
Semoga tercapai tujuan dana desa.

Zeffanya N Zeevanka:
Saya kenal WVI sejak single & Puji Tuhan sampai skrg mrk dipakai bhkn msk kepedesaan. Semoga byk lg desa tertinggal tertular nasib desa sikumana. Gbu

San Tuy Wele Wele:
ngomong2 wvi itu semacam ormas kristen atau apa?

Jack Seno:
amin ????

Mas Wawan Sleman:
Saya anak desa di lereng Nggunung Merapi

*------------NOTE:
Demikian Kumpulan nyinyiran netizen terkait artikel Dan Desa Desa Pun Makin Semarak yang dituangkan dalam bentuk Komentar. Semua komentar diatas bukanlah rekayasa dan memang benar apa adanya hasil cuitan keluh kesah yang kita kutip dari sumber resminya. Kami tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut! Hanya sekedar memberi informasi yang sedang viral diperbincangkan! jika ingin membaca dan ingin mengetahui sumber resmi berita aslinya, silakan langsung ke sumber resminya. Terimakasih.


Code: (Sumber Resmi) [Select]
https://seword.com/umum/dan-desadesa-pun-makin-semarak-nmzvd9Dy9t

:beer: :beer: :beer:


View Mobile Web Short URL: