You Now Here »

Kebebasan Berekspresi, Penghinaan & Ekstrimis Radikalis (Tanggapan Untuk Para Komentator)  (Read 68 times - 48 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 23,674
  • Poin: 23.752
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged




Wilefhas62:
Daeng menulis : "Soal kebebasan berekspresi apakah sama dengan lontaran penghinaan? Lalu disusul dengan tindakan keji pemenggalan leher dan tindakan penilaiansecara generalisasi? Karena diberitakan yang memenggal leher adalah orang menyandang Islam lalu berkomentar bahwa agama Islam adalah agama horor?"
Kesimpulan bhw Islam adalah agama horor adalah kesimpulan yg ngawur.
 Tetapi tidak bisa dipungkiri, bhw ada orang yg karena penafsirannya (yg mungkin salah) terhadap  aajaran islam  menjadikan orang itu menjadi sangat menakutkan (dan sayangnya org2 sepeti ini banyak)

"Ketika ada orang yang menghina Nabi Muhammad itu bukan kebebasan berekspresi. "
Bagimu dan bagiku ini benar, tapi jangan paksakan nilai ini berlaku diseantero jagad raya.
Di prancis, sering terjadi karikatur yg kesannya menghina pribadi, maupun agama, dan perlakuan pemerintah prancis selalu konsisten tdk memihak. Jika ada yg menuntut secara hukum, pemerintah mereka juga tdk campur tangan.


Yang paling aneh  adalah pemerintah melalui si mahfud ikut2an mencampuri, dan mengutuk si marcon,namun tdk ada satupun komentar yg mengutuk sipemenggal, seolah2 simahfud setuju tindakan itu. Sangat memalukan karena di indo sejatinya keadaan lebih parah.

«§»:
itu berarti,  semua zombie (tidak peduli zombie jenis apa) ikut terpanggil utk membela agama onta.

utk membela agama onta,  zombie harus membuang akal sehat dan hati nurani.
bagi zombie,  nyawa manusia tidak berharga dibandingkan agama onta.

Wilefhas62:
Zombie memang banyak, tapi bukan mayoritas. Hanya sayangnya, yg mayoritas, takut juga sama zombie

«§»:
semua mereka adalah zombie,  baik sebagai cebong,  kampret, kadrun.

buktinya, menteri mahmud yg cebong aja bisa satukata dgn kadrun dalam mengutuki france.
Dalam skala dunia,  jumlah zombie bukanlah yg mayoritas.

Wilefhas62:
mungkin saja mafud sejenis amfibi, cebong sekalian kadrun. karena faktanya banyak yg dl politik cebong, namun dl prinsip kadrun

«§»:
orang waras bisa aja memaklumi kemarahan si pelaku yg merasa terhina .... tapi ketika dibenturkan dgn fakta bahwa si pelaku bereaksi dgn melakukan pembunuhan maka orang waras tidak akan bisa dan tidak akan mau membela si pelaku.

Wilefhas62:
Saya juga tdk setuju dengan penghinaan itu, bagi saya itu adalah dosa. namun suatu kesalahan dibalas dengan hukum rimba, bagi saya itu adalah kemunduran berabad-abad. perilaku barbar.

«§»:
zombie menjadi berbeda2 jenis karena perbedaan kepentingan pribadi ....
tapi kalo urusan agama onta,  semua zombie pasti kompak ... kompak menggila.

Wilefhas62:
yg bukan zombie pun, hanya sebatas menunjukkan ketidak zombie annya dengan akta-kata, tanpa perbuatan. Jangan2 mereka hanya pura-pura tdk zombie

«§»:
yg bukan zombie hanya bisa geleng2 kepala dan mengelus dada melihat kegilaan zombie sambil tetap waspada agar jangan menjadi target kekesalan si zombie.

Wilefhas62:
tapi perilaku zombie itu membuat org takut terhadap agama yang dianut  zombie itu

Indriawan Sutanto:
Baik yang liberal mau pun yang radikal pasti akan marah bila junjung mereka merasa dihina kejadian ini bukan kejadian yang pertama tapi yang sekian kali, mungkin ada dasar keyakinan yang mengijinkan untuk berbuat demikian?

«§»:
marah karena dihina itu wajar
membunuh itu tidak wajar, apalagi memenggal kepala

Wilefhas62:
Wajar bagi yg pikirannya tidak wajar

Si caboel cebol:
Ajaran yg baik mah kalo dihina itu mengampuni bukan menggorok leher

Sperti Itu sih menurut ane .....

Wilefhas62:
Kemungkinan besar ada, kalau tidak ada, tidak mungkin ada yg mau memenggal, Seperti dlm agaa jahudi zaman dulu, pembalasan terhadap kesalahan org sadis.

HARIARA:
Abdullah Samir berkata: "Educated muslims really know what goes wrong with their religion, but they'll never disclose what they know to the public."

«§»:
tau agamanya ngaco tapi :
1. tidak berani mengungkapkan ke-ngaco-an tsb ke publik
2. tidak berani meninggalkan agama yg ngaco itu
mereka tetap menjadi zombie tapi zombie luntang lantung tanpa arah keimanan,  berbeda dgn zombie fanatik yg mantap dgn kengacoan agama itu.

Wilefhas62:
mereka menganggap  bukan ajarannya yg ngaco, tapi penafsirannya. dan lagian, mereka memiliki rasa persaudaraan yg tinggi

Wilefhas62:
Kayaknya perkataan itu betul. Tapi perilaku ini akan menjerumuskan agama dan pengikutnya

Han:
"Bagimu dan bagiku ini benar, tapi jangan paksakan nilai ini berlaku diseantero jagad raya.
Di prancis, sering terjadi karikatur yg kesannya menghina pribadi, maupun agama, dan perlakuan pemerintah prancis selalu konsisten tdk memihak. Jika ada yg menuntut secara hukum, pemerintah mereka juga tdk campur tangan."

Setuju dengan ini. Beda negara / komunitas sosial, beda aturan dan norma. Sama seperti mengucapkan selamat hari raya agama lain dianggap haram di negara yang katanya majemuk ini, kita sebagai kaum minoritas yang memaklumi saja. Tak perlu bikin masalah apalagi sampai penggal memenggal segala.

Wilefhas62:
Dalam agama minoritas, apapun itu agamanya, kayaknya tdk ada ajaran pengal-penggalan

Han:
Memang adakah yang mengajarkan pemenggalan?

Wilefhas62:
apakah ada,saya juga tdk tau pasti, yg samar2 tau hanyalah bhw di minoritas, kayaknya tdk ada ajaran pemenggalan

Han:
Maksud saya, memangnya adakah agama yang mengajarkan pemenggalan? Maksudnya yang bukan karena salah mengerti atau kena indoktrinasi.

Fsasosi:
Kalo gue sich bereaksi kalo denger temen lagi menghina nabi muhammad langsung saya suruh huss diam ! Krn takut kedengaran kadrun kita bisa di tampar....

Wilefhas62:
jika ajaran minoritas itu yg dimaksud kristen, maka ajaran kristen melarang hina-menghina

Si caboel cebol:
Tamparnya pake golok tajam ye...

Fsasosi:
Gawat kalo itu...

Alexander David ™️ ✅:
Turut berduka cita untuk keluarga para korban di Prancis, yg keluarganya baru meninggal & luka2 beberapa jam lalu. Khususnya seorang nenek berusia 70 tahun yg menjadi korban dipenggal.

Rasanya ingin minta maaf, tapi kok ya jauh, dan diriku bukan siapa2 :/

Itu saja. No more comment.

«§»:
semakin lama,  semakin banyak onta zombie yg menggila,  menunjukkan identitas asli sebagai AGAMA SETAN.
dilampiaskan pada seorang nenek?

seandainya di agamanya orang eropa tidak ada larangan utk membalas dendam,  pasti sudah habis semua onta zombie itu.
lagipula,  sikap kedewasaan peradaban bangsa eropa tidak akan melakukan perbuatan biadab seperti yg dilakukan onta zombie.

peristiwa di france membuktikan bahwa adanya CLASH OF CIVILIZATION,  yaitu bentrokan peradaban antara peradaban zaman digital eropa dengan peradaban zaman batu onta zombie.
ini membuktikan bahwa agama onta zombie hanya cocok utk peradaban zaman batu ... AGAMA USANG yg tidak sesuai dgn peekembangan zaman.
AGAMA BARBAR

Agung Nugroho:
Bukan class of Civilization masalahnya, perlu revisi ajarannya

«§»:
ya perlu direvisi karena sudah tidak esuai dgn zaman now.
ibaratnya manusia gua yg ketemu manusia modern,  pasti akan ada benturan peradaban termasuk benturan religion.

hoetomo:
Setelah saya sering memperhatikan penjelasan CP di youtube , saya merasa sedih sekali ,
mengapa ??? , apakah Negeri tercinta akan bisa survive ??? , cuma hanya angin2 surga yang aku rasakan seperti : akan hebat begini , akan hebat begitu dst. di kancah dunia
Sebenarnya saya menanti ada yang bisa melawan/menjawab/ menyanggah CP , tetapi kayaknya belum ada...menyedihkan bukan ??? Familiku banyak yang menderita ingin rasanya kuberitahu ..tetapi..............apakah mau mengerti ???

«§»:
tetaplah mengerjakan bagianmu,  Tuhan akan mengerjakan bagianNya.

murid : Guru,  ada orang yg bukan pengikut kita telah mengusir dengan menggunakan NamaMu,  apakah kami harus mencegahnya?
Guru : jangan kamu mencegahnya.
orang yg tidak melawanmu,  ia ada dipihakmu.

HARIARA:
KABAR BURUK, HOAX, FRAUD dengan PDnya mereka siarkan sejak awal abad ke tujuh. Resikonya? Kalau mereka ditolak mereka membunuh (dan penggal kepala sudah ada sejak awa abad ke-7).
Kenapa takut MEMBERITAKAN KABAR BAIK? Resikonya? DIBUNUH.
Kita memberitakan KABAR BAIK atau TIDAK tetap mereka bunuh karena kita menolak apa yang mereka inginkan.

Alexander David ™️ ✅:
Soal masa depan sih sulit ditebak. Tapi kalau mau bandingkan yg "fair", saat ini, antara negara kita & negara2 lain dlm berbagai hal... aku yakin dlm bamyak hal kita harusnya bersyukur. Coba deh sob :)

Yang aku tahu, modal dasar untuk bisa sukses, selain usaha, itu keyakinan & semangat. Teorinya xD soal prakteknya aku aja masih kayak ayam pileren hahaha  lg amburadul stadium 4 hidupku sob.

Aku tdk begitu suka CP, tp aku download 2 buku dia walau blm sempat baca xD

Selamat libur akhir pekan sob. Semoga berhasil mission imposible nya xD

Tia:
Rasanya pengin kirim orang2 fanatik itu ke camp cuci otak biar jadi lebih manusiawi, tapi diriku juga bukan siapa2

WelehMachihLearn2Joke:
ya itulah. rumit. makin lama makin gak bisa direm. gue juga bukan siapa2 cuma setia selalu komen di sini

IVN:
Kang/Bang Daeng, Sorry kalo gw harus gak setuju sama beberapa statement di artikel ini. Gw gak memihak Macron atau pemerintahan Prancis, tapi gw jg gak bisa menganggap pemenggalan leher itu juga sebagai "tindakan sepadan". Kalo emang ada motivasi di luar agama, silakan ditunjukkan, Kalo kejadian itu sekedar "kejahatan" misakan perampokan dengan kekerasan, menurut gw simpel, tunjukin aja bukti bahwa itu bukan motivasi agama. Tapi kalo itu motivasi agama, maka itu udah masuk ranah agama, agama yg dianut jadi penting. Kalo motivasi pelakunya misalkan ternyata menyoal keyakinan Hindu, atau aliran lain, maka agama tersebut yg akan disorot.

Suka gak suka, mau gak mau, apa yg dilakukan seseorang atas motif agama, akan membawa agama tersebut, baik itu untuk hal buruk maupun untuk hal baik. Gw gak peduli apakah itu ada di ajarannya atau gak, karena agama Abraham menurut gw isinya brutal dan barbar, but that's another topic for another day, tp makin banyak kejadian kekerasan atas nama agama, suka gak suka mau gak mau pasti akan menyeret agama tsb. Kalo dibalik kejadiannya jg sama kok. Misalkan besok kepala si Somad berlubang dan pelakunya adalah Kristen dengan motif "dia menghina salib" maka Kristen akan diseret sebagai agama yg bermasalah. Simpel kan?

IVN:
oh iya, satu lagi... kalo bicara "akidah" dan segala pembelaan terhadap pelaku pemenggalan. Let me simply explain. No one care. OK lah, silakan kalo memang mau kasih pembelaan, gw rasa pengikut ajaran Islam akan ada yang setuju. Tapi di luar Islam gak akan ada yg membenarkan hal tersebut. Silakan aja sampai berbusa jelasin kenapa itu gak salah. Tapi buat orang2 luar islam, membunuh = salah. End of case. Bukan itu masalahnya tapi karena kata2 Macron? ya jgn kasih alasan buat dia bilang hal itu. Kalo Macron bilang hal itu tanpa ada kejadian pemenggalan ini, dia yg salah. tapi karena ada kejadian pemenggalan ini DAN dianggap wajar oleh sebagian pemeluk agama Islam makanya jadi ada yg membela si Macron. Clear? Msh blm clear? kalo Macron sampe ambil tindakan dan menebar "kebencian" tanpa ada pemenggalan cuma sekedar misalkan yaaa misalkan aja si guru digebugin sampe bonyok. Gw rasa sebagian besar orang islam ataupun non-islam akan mengecam si Macron. tapi masalahnya, ini udah masuk ranah pembunuhan, dan motifnya jg clearly: agama. Jelas?

Sekali lagi, kalo gw balik kejadiannya, skrg si Somad dibelah 2 kepalanya pake kapak, karena menghina Salib. Terus ada artikel pembelaan 10 halaman soal ajaran Kristen dan kenapa itu gak salah. Apa pengikut Islam akan ngangguk2 setuju? atau gak peduli dan tetap mengutuk si pembunuh? Either way, Apakah SEMUA pengikut Kristen akan setuju? Silakan dijawab masing2 dan dipikir secara terbuka. Menurut gw gak susah dan sangat simple sekali.

«§»:
seperti mike tyson bertinju.
lawan meninju tapi tyson membalas dgn menggigit kuping lawan.

«§»:
khusus utk kejadian di france,  akibatnya adalah,  (mau gak mau,  suka gak suka) pastilah agama si pelaku pembunuhan yg disorot.
Ada yg menyoroti dgn membela agama si pembunuh,  yaitu mayoritas orang2 yg seagama dgn si pembunuh.
Ada yg menyoroti dgn mengatakan agama si pembunuh yg menjadi penyebab utama si pelaku melakukan pembunuhan.

jangan marah dan jangan ngamuk karena agama si pembunuh disorot karena pembunuhan tersebut juga berhubungan dgn agama.
itulah konsekuensi menyandang ayat2 perang dan ayat2 kebencian.

«§»:
onta zombie --> standar janda
ketika onta zombie dikampung halaman sendiri,  mereka teriak 'dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung',  memaksakan kafir utk tunduk pada aturan syariah mereka.
tapi ketika onta zombie berada di negara orang lain yg mayoritas kafir,  mereka teriak 'semua bumi adalah milik aulloh,  hanya ada aturan aulloh',  makanya mereka ngamuk ketika tidak bisa memaksakan aturan syariah mereka di negara kafir sekuler.

Agung Nugroho:
#Pengungsi gak tau diri. Perancis itu negara sekuler, kok pada ngungsi ke sana?
#Yg pada membela pembunuh itu mikirlah, Perancis punya konstitusi yg mereka anut, jangan maksa aturannya sendiri sprt Erdogan

Budi Armansyah:
Tulisan yg bagus menurut saya. Sekarang tinggal rekan-rekan komentator "yang tergesa-gesa"(menurut penulis) untuk men"set", menyetel, meng"adjust" narasi-narasinya.
Mungkin saran saya ke teman-teman komentator yg "Frontal" untuk lebih mengedepankan Kritik dan hindarkan kata-kata hinaan, khususnya hinaan terhadap ajaran agama. Jadi kritik saja. Kritik habis-habisan.. Sampai puas..hehe. Jadi biar disini bisa jadi ajang latihan narasi untuk menghadapi kadrun-kadrun di situs-situs berita, bahkan kalo perlu di situs kandang kadrun.

WelehMachihLearn2Joke:
gue emang suka kritik. no hina-hina. cek komenku semua, gue gak singgung agama tapi oknumnya.
kalau udah sepet, gue kapok, gak pernah lagi klik artikel orang tertentu. itu aja.
tapi kalau gue masih kritik, artinya gue masih sayang tuh sama penulis (walau masih juga beda pendapat, wajar itu)
nah gue juga bisa tertawa lah bareng penulis yg tadi tertawa..
hahahahaha
(jadi sudah tahu kan, reaksiku bukan marah, bukan kek kadrun lah: "kegores dikit udah kebakaran tuh pentol korek")

«§»:
seperti yg kubilang di artikel sebelumnya : bedakan antara penghinaan dan pembunuhan.
Penghinaan itu sifatnua relatif, tergantung persepsi orang. Ada yg merasa sbg penghinaan tapi ada juga yg menganggap kebebasan pendapat.

Tapi ... pembunuhan bersifat ABSOLUT.
Pembunuhan adalah pembunuhan,  siapapun akan mengakui itu adalah pembunuhan,  walau ada beberapa orang yg membubgkus dgn dalih bela agama.

Jika ada yg merasa terhina,  ada jalur hukum utk melawan,  bukan dgn pembunuhan.

Makanya saya tulis ilustrasi sbb :
"Seorang preman dgn percaya diri pergi ke rumah pacar utk melamar pacarnya".

preman: pak,  saya datang ke sini utk melamar putri bapak.
ayah si ceweq : siapa kamu? masih ingusan tapi
mau kawin ?
preman : KURANG AJAR,  KAU TELAH MENGHINAKU !!!
awas lo yaa ... JLEEBBBB !!! seketika darah mengalir,  menetesi pangkal pisau ....
(pembelaan si preman : dia kubunuh karena dia telah menghinaku)

WelehMachihLearn2Joke:
cintanya preman kepada anak cewek itu terlalu kecil sampai rela untuk membunuh bapaknya

«§»:
inti dari cerita --> senggol bacok

*------------NOTE:
Demikian Kumpulan nyinyiran netizen terkait artikel Kebebasan Berekspresi, Penghinaan & Ekstrimis Radikalis (Tanggapan Untuk Para Komentator) Seword Indonesia Maju yang dituangkan dalam bentuk Komentar. Semua komentar diatas bukanlah rekayasa dan memang benar apa adanya hasil cuitan keluh kesah yang kita kutip dari sumber resminya. Kami tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut! Hanya sekedar memberi informasi yang sedang viral diperbincangkan! jika ingin membaca dan ingin mengetahui sumber resmi berita aslinya, silakan langsung ke sumber resminya. Terimakasih.


Code: (Sumber Resmi) [Select]
https://seword.com/politik/kebebasan-berekspresi-penghinaan-and-ekstrimis-rhMSgo5D97

:beer: :beer: :beer:


View Mobile Web Short URL: