You Now Here »

Menurut Alkitab, Bumi Itu Datar  (Read 76 times - 50 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 24,059
  • Poin: 24.138
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged
Menurut Alkitab, Bumi Itu Datar
« on: January 19, 2021, 08:31:07 PM »




??? ??? ??? ??? ᵃʲᵃ  ✅:
Agama janganlah di kaitkan dengan politik, science, atau di luar konteks. Disini penulis mempercayai yg mana, apakah bumi itu bulat atau datar..? Biarkan apa yang tertulis di kitab suci menjadi pedoman hidup menjadi orang yang bertakwa kepada Tuhan, dan science khususnya penemuan para ilmuan sebagai ilmu pengetahuan. Tidak akan nyambung apabila agama di terapkan ke science. Contoh yg paling gamblang adalah bayi tabung. Secara ilmu agama itu dilarang karena itu seperti me-"tuhan"kan utk menciptakan kehidupan manusia, tetapi secara scientific itu diperlukan utk orang² yg menginginkan anak karena salah satu dari pasangan infertil.

Disini kita perlu mendewasakan pemikiran kita apabila ada pertentangan antara agama dan science.  Biarlah alam semesta ini menjadi misteri Allah.

ivan:
mistery semesta kt hrs berusaha menyingkapnya, karena disitulah ilmu pengetahuan berada.... misteri allah/tuhan, biarlah tetap menjadi misteri

B-Over:
Pertama, menurut saya akan lebih pas lagi jika ada di kolom spiritual.

Berikutnya adalah opini saya pribadi tentunya yang tidak memiliki latar belakang teologia, bisa tidak tepat, salah maupun benar. Namun itu yang saya yakini...

Kedua, memang tidak mudah untuk mengartikan apa yang ditulis oleh para penulis yang akhirnya dikumpulkan menjadi alkitab. Ada Firman Tuhan disana, Wahyu, nubuatan,  ada kesaksian para nabi dan rasul, ada "interpretasi iman" dan banyak narasi yang bersifat historis.

Ketiga, bagi saya Firman Tuhan terutama adalah Kasih. Buat saya itu Ya dan Amin. Dan tidak perlu bersusah payah menjabarkan itu dalam bentuk yang lain. Yang susah itu adalah bagaimana menerapkannya sesuai standar manusia apalagi Tuhan.

Keempat memang masih sangat terbuka ruang untuk pengkajian dan pengujian lebih jauh dari sisi historis maupun sisi lainnya. Seperti cerita yang pasti bagaimana Yudas mati. Atau seperti yang diangkat oleh penulis dikaitkan dengan sains.

Kelima, <strong>yang selalu menjadi sumber masalah adalah kepercayaan bahwa seluruh isi alkitab itu semuanya didiktekan atau diturunkan oleh Tuhan kepada manusia.</strong> sehingga ahmed deedat dan zakir naik mendapatkan panggung

Tony Gede:
Saya koreksi dikit ya.

Alkitab tidak pernah menyebut bumi itu datar.

Salah satu ayatnya di buku Yesaya pasal 40 ayat 22 malah menyebutkan mengenai bentuk bumi yg bulat.

Kepercayaan bumi datar yg sempat dianut oleh gereja tidak berkembang di masa awal2 sejarah gereja.

Jika kemudian ada org2 yg mempercayai bumi datar di abad pertengahan, darimana asalnya?

Saya jg kurang tahu.  Tpi jgn lupa kalau abad pertengahan itu dianggap masa mundurnya ilmu pengetahuan di daerah barat.

Jadi sumbernya bisa dari manapun.  Entah dri ajaran pagan, atau karena salah tafsir Alkitab.

Tapi Alkitabnya sendiri tidak menggambarkan bumi datar, tpi menyebut soal bulatan bumi.

Tantra:
Mazmur 19:5 / Daniel 4:10-11 / Why 7:1) / (Mzm 19:5-7) /
Alkitab memang tidak pernah secara tegas menulis bumi itu datar. Tetapi dari ayat2 yg ada di dalamnya jelas mengambarkan bahwa pengetahuan pada saat itu, mengandaikan bumi itu datar.

Tony Gede:
Pertama, Wahyu 7:1? ??? 

Kedua, kata2 seperti ujung bumi dan tengah2 bumi itu sendiri belum bisa disimpulkan sbg pendukung ide bumi itu datar.

Terutama kalau direfrensi silang ke Yesaya tadi, yg sudah menyebut bumi sbg bulatan.

Dlm opini saya, itu lebih ke gaya bahasa kiasan. 

Mazmur sendiri adalah buku yg memuat banyak lagu dan puisi. Jadi gaya bahasa kiasan seperti itu jamak dipakai.

Sedangkan buku Daniel adalah buku yg memuat banyak nubuatan.  Kisah di ayat tsb menggambarkan pohon besar yg menggambarkan raja Nebukadnezar. 

Posisinya yg digambarkan ada di tengah2 bumi itu menggambarkan posisi kerajaan Babilonia yg saat itu jdi kerajaan yg sangat berkuasa, pusat kekuasaan.

Jdi soal kata tengah bumi maupun ujung bumi itu hanya sbg kata kiasan saja.

Sejauh pengertian saya, kalau kata2 ini lantas ditelan mentah2 oleh org2 abad pertengahan sbg bukti bumi datar, itu lebih ke penafsiran yg salah.

Dalam hal ini, saya tidak mengatakan kalau gereja tidak pernah di satu titik menerima doktrin bumi datar.

Saya tpi lebih melihat ini sbg hasil salah tafsir.

Karena ayat di Alkitab tidak pernah menggambarkan bumi datar, malah menyebut bulatan bumi.

Stevanes Ariffin:
Bener.. itulah sebabnya kitab suci (agama apapun) adalah kitab Iman, bukan kitab ilmu pengetahuan. Gereja Katholik juga dulu pernah mengucilkan ilmuwan yg bilang bumi itu bulat, sebut aja Copernicus, Galieo. Oleh karena itu, kalo bicara ilmu pengetahuan, ya pake lah sumber sumber ilmu pengetahuan. Nah, kalo bicara iman, baru kita buka Kitab Suci.

Tony Gede:
Saya koreksi dikit.

Galileo dan Copernicus bukan dikucilkan karena percaya bumi itu bulat.

Mereka dikucilkan karena percaya bahwa bumi mengitari matahari, bukan matahari mengitari bumi sprti yg dipercaya oleh gereja saat itu.

Jgn lupa, penjelajahan Colombus abad 15 udh bisa dibilang sbg bukti terkuat bahwa bumi itu bulat.

Sedang Copernicus hidup di awal abad 16, dan Galileo hidup di abad 17.  Jadi soal bumi bulat di jaman itu sudah tidak ada yang menyangkal.

Tpi kalau soal bumi mengitari matahari, itu masih jadi perdebatan.

Stevanes Ariffin:
Rada lupa sob... tapi intinya gereja sempet ikut campur urusan ilmu pengetahuan.

Tantra:
"Dia didakwa melakukan tindakan bidah karena mendukung teori bumi mengitari matahari yang dikemukakan Copernicus."

Ivonne:
Note dikit. Quote ini ok. Tapi di bagian naskah penulis ada disebut "pusat alam semesta". Nah ini sepertinya bukan dari mas Galileo dan Aa Copernicus deh :)

Tony Gede:
Yup

Juan:
nah ini dia! makanya saya ketawa jungkir balik waktu ada yg ngeklaim "black hole sudah disebutkan di kitab suci." apa karena mereka merasa sebegitu inferior ilmu pengetahuannya, sampai ayat kitab suci harus dicocoklogikan untuk mengkompensasi?

RomeLoe LoekaKoe:
siapapun penganut paham bumi datar… pokoke buaanyyakk TRADISI  TABUnya dwehhh….  #dealll???... kiqkiqkiqkiq….
(click to show)


Odank Sagala:
stress kak Ema.......

Jay:
Bagi kadrun tiada lain hanya kebenaran milik mereka sendiri....

Deni Afandi:
alkitab loe keluaran mana ya? hahahahahah

Amir Rima:
#Sejarah gereja katolik suram saat agama dicampur aduk unt ngurusi pemerintahan/negara.
#"Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."
#Hidup berfaedah unt "Semua umat/mahluk" dng tidak membunuh sesama manusia meskipun beda keyakinan. Itu sdh satu kaki masuk pintu surga...kaki doang lho..!!

Juan:
dulu Gereja sudah terbukti keliru soal bumi bulat vs bumi datar. itu hampir 400 tahun yg lalu. terus sekarang fakta ilmiah itu masih mau didebatin?

lebih berfaedah berdebat "garam itu manis", atau "saya nanam padi tapi tumbuhnya jagung".

Tony Gede:
Gereja memang pernah keliru dulu.

Padahal Alkitab sendiri di Yesaya 40:22 menyebut ttg bulatan bumi.  Entah drmn mrk bisa dpt kesimpulan klo bumi itu datar.

silabo hatung:
menyangkal bumi itu bulat akan merusak tatanan bangunan yang sudah dipatenkan sebagai bagian dari pewahyuan. biarkan pemahaman datar-bulat dilestarikan sebagai dasar pemisahan terang dan gelap. bukan hitam dengan putih yang bila dikompromikan bisa menjadi abu abu..

Hotma Tigor:
Tidak ada didalam alkitab yg secara spesifik menyebut bumi itu datar..dan firman Tuhan tidak pernah merinci didalam Alkitab apakah bumi itu datar atw bulat

Snipersiantar:
Kembali ke keyakinan masing-masinglah dan tetaplah pegang itu keyakinan, sesuai apa yang membuat begitu yakin tanpa menyinggung apalagi menganggu keyakinan yang berkeyakinan beda.
Kecuali, memang sudah mau merubah keyakinan awalnya.

TUHAN saja sudah diyakini menurut keyakinan masing-masing.
??? ??? ??? ??? ????

ivan:
kitab itu untuk di pelajari

Grud:
Judulnya salah, harusnya menurut GEREJA pada saat itu, bumi itu datar.
Seolah2 alkitabnya salah . . .
Padahal ada kitab lain yang isinya lebih aneh tapi dianggap suci . . .

Bond Choz:
Pada intinya Gereja telah belajar dari kesalahan karena dogma yang begitu di agungkan.

Point nya merujuk pada kaum bumi datar yg selalu mengharam²kan pada kelompok agama tertentu. Karena pada dasarnya mereka 100% fanatik dengan dogma agama karena masih berpedoman pada kisah masa lalu. Sementara waktu terus berjalan dan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju sesuai perkembangan jaman.

Abdul Kahar:
seperti berebut pepesan kosong.. ??? ?????

*------------NOTE:
Demikian Kumpulan nyinyiran netizen terkait artikel Menurut Alkitab, Bumi Itu Datar Seword Indonesia Maju yang dituangkan dalam bentuk Komentar. Semua komentar diatas bukanlah rekayasa dan memang benar apa adanya hasil cuitan keluh kesah yang kita kutip dari sumber resminya. Kami tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut! Hanya sekedar memberi informasi yang sedang viral diperbincangkan! jika ingin membaca dan ingin mengetahui sumber resmi berita aslinya, silakan langsung ke sumber resminya. Terimakasih.


Code: (Sumber Resmi) [Select]
https://seword.com/umum/menurut-alkitab-bumi-itu-datar-rwaC975jLB

:beer: :beer: :beer:


View Mobile Web Short URL: