You Now Here »

Black Campaign Sawit, Sebuah Jalan Panjang Melawan SJW Di Indonesia  (Read 66 times - 102 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 24,246
  • Poin: 24.325
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged




Victor Drummond:
Artikel anda menyesatkan, sini ke Kalimantan biar kuantar ke konservasi orang utan di tempatku. Itu daerah konservasinya aja dha dikelilingi sawit bung! Tinggal menunggu mati aja itu orang utan. Pengaruh sawit terhadap deforestasi hutan primer di Kalimantan itu nyata dan sangat besar.
Masyarakat saya sudah sering bersinggungan dengan perusahaan sawit karna kerap kali membabat tanah adat. Kalian bicara profit, tapi tidak pernah benar2 melakukan studi menyeluruh dampak sawit.
Dampak sosialnya paling parah apa? Orang di sana dikit2 beli lahan bikin kebun sawit. Komoditas lain mati jadinya. Transmigran yang dulu dikirim buat bertani (padi etc) saja berubah jadi petani sawit.
Lahan gambut kami juga dipaksa jadi kebun sawit, alhasil malah bikin kebakaran hutan (yang lalu menyalahkan peladang tradisional).
Kalau perkebunan sawit memang bagus, tanam saja di Arab sana!

Alexander David ™️ ✅:
Sawit itu bagus sob... bisa dibuat bahan bakar alternatif (mobil sampai avtur pesawat), bukan cuma buat minyak goreng. Gak bisa tumbuhlah di arab xD

Aku setuju, harusnya jgn demi sawit mengorbankan pertanian yg sdh ada. Indonesia itu kan luas, apa mungkin kekurangan lahan ? Setahuku lahan yg belum dipakai, hutan2, masih banyak di Kalimantan.

Masalahnya hanya kurang perencanaan. Tiap ganti pemimpin kebijakannya berubah2, tidak pernah fokus targetnya apa.

sob & kawan2 di Kalimantan harusnya suarakan soal ini ke DPRD & pemda... ajak pers & mahasiswa, kawal kebijakan otonomi daerah Pemda.

«§» 1?✔️2?✔️.Tri?ah, entahlah.:
ya sawit bagus tapi bukan utk minyak goreng, makanya kusarankan devirsifikasi produk akhir sawit selain minyak goreng.
lagipula benar bahwa penanaman monokultur (kebun sawit) bisa merusak lingkungan : menghabiskan nutrisi tanah dan menghapus plasma nutfah endemik. tumbuhan endemik bisa musnah karena dipaksakan hanya menan satu jenis tanaman yaitu sawit.

sampeyan sendiri tau kan ada mafia kebun sawit, begitu mudah pemberian izin utk merambah hutan dijadikan lahan sawit.

alternative lain, kenapa tidak kembangkan minyak zaitun ?

Alexander David ™️ ✅:
Et dehh... lu yg kolesterol ajak se Indonesia diet gorengan ;))

Yg habitatnya asli di timur tengah susah bisa dikembangkan di Indonesia sob. Kadrun contoh konkritnya wkwkwk

Tumbuh sih mungkin bisa, tapi gak akan berbuah, ayau berbuah tapi dikit / kecil. Kita lihat aja dulu yg di surabaya apa bisa berbuah ?

«§» 1?✔️2?✔️.Tri?ah, entahlah.:
zaitun loh, bukan korma

«§» 1?✔️2?✔️.Tri?ah, entahlah.:
ya benar, dampak buruk ke lingkungan :
1. mengancam kelestarian fauna (populasi orang utan)
2. mengancam kelestarian flora (plasma nutfah endemik)
3. menyerap kesuburan tanah sehingga tanah menjadi kurus.
lahan bekas ditanami sawit tidak bisa ditanami tanaman apapun, butuh waktu sangat lama utk mengembalikan kesuburan tanah bekas sawit.

pemerintah dan cukong² hanya memikirkan duit dan mengabaikan lingkungan.

hariadhi:
Yakin kak? Keluarga kami menanam sawit lho. Kalau sudah lewat 25 tahun tidak ditanam ulang ya sawitnya mati dan tanaman lain mengambil alih. Kebunnnya langsung beralih jadi hutan lagi.

Orang kalau diperhatikan dari dekat sawit itu mudah sekali ditumbuhi pakis dan tanaman lainnya, karena itu harus rajin dibersihkan...

«§» 1?✔️2?✔️.Tri?ah, entahlah.:
apakah korporasi mau melepas lahan sawit kembali menjadi hutan?
itu tanah akan diperkosa habis²an.

le tigre:
d negara tempat aku tinggal dan negara² Eropa pada umumnya banyak produk mis : shampoo sabun , makanan dtulis tidak mengandung minyat sawit. seakan akan produk yang tidak mengandung sawit adalah produk yang bagus

«§» 1?✔️2?✔️.Tri?ah, entahlah.:
ada atau tidak ada kandungan sawit utk sabun emangnya masalah?
yg dimasalahkan adalah sawit utk minyak goreng.

WeleWeleAntiJoker:
eropa mulai kadrunisme pula wkwkw
makanya sjw mulai bantu, kan sjw langganan bantu kadrunesia juga wkwkw

asriu:
info yg menarik
untuk sektor agrikultur ya memang ada dilema, akan ada batas jumlah lahan yg bisa dipakai untuk agrikultur cara tradisional dibandingkan dengan pertambahan penduduk yg mungkin saja bisa berpengaruh dengan pangan. untuk indonesia, padi, pusatnya di jawa tapi pulau jawa sudah terlalu padat. seingat saya dulu pernah ada usaha peragaman makanan pokok yg bahkan masuk ke buku panduan PKK, beras diganti jagung atau sagu untuk sumber karbohidrat. entah gimana jadinya sekarang.
untuk sawit ya banyak info beredar sawit itu banyak nebang pohon, ada suku yg diusir, main bakar lahan untuk buka lahan (yg pernah bikin Malaysia dan Singapura batuk batuk sampai protes) dll yg jelek lah. namun ada juga yg usul gimana kalau lahan sawit juga dibikin smacam tumpang sari semacam diisi kopi di bawah sawit gitu.

hariadhi:
Itu dulu, praktek-praktek orde baru yang kemudian kita rasakan dampak buruknya sekarang. Di mana konglomerat dan orang yang dekat dengan kekuasan bisa merampas lahan rakyat kecil.

Hari gini mau buka hutan baru udah ga bisa lagi kak. Izinnya sudah dimoratorium sejak awal Pakde naik ke kursi kepemimpinan. Jadi yang bisa dipakai hanya lahan yang memang dari dulu sudah dapat izin.

Lahan-lahan bekas sengketa dengan masyarakat adat satu per satu mulai dikembalikan ke rakyat, buktinya kemarin yang di PTPN V diserahkan kembali ribuan hektar kepada mereka.

Asal niatnya baik, hal-hal seperti itu bisa diperbaiki kembali. Dan ga spesifik masalah sawit saja kok. Produksi kayu, tambang, dll juga rentan sengketa dengan masyarakat adat.

«§» 1?✔️2?✔️.Tri?ah, entahlah.:
perlu diperhatikan juga dari segi lingkungan tentang perkebunan monokultur (kebun sawit) dan pengaruhnya terhadap kesuburan dan kelestarian plasma-nutfah endemik.

tanaman sawit menyedot banyak nutrisi sehingga bikin tanah jadi kurus.

Lonewolf? ???:
Barangkali kampanye hitam terhadap minyak kelapa sawit tidak lepas dari rasa superioritas ras kulit putih sebagai bangsa penjajah. Walaupun Malaysia dan Indonesia adalah negara merdeka mereka masih merasa berhak mengatur dengan dalih masalah kesehatan dan lingkungan.

«§» 1?✔️2?✔️.Tri?ah, entahlah.:
itu karena eropa sudah punya produk minyak goreng dari sunflower.

ini murni duit.
eropa gak mau produk sunflower nya disaingi sawit.
kenapa gak jual ke orang indo sendiri yg populasinya sebanyak dgn populasi eropa?
dan juga kenapa harus maksa jual sawit dalam bentuk minyak goreng cpo? kan bisa jual sawit dalam bentuk produk lain.

«§» 1?✔️2?✔️.Tri?ah, entahlah.:
memaksakan menjual minyak sawit ke negara² pemakai minyak sunflower.
sebaiknya dipikirkan diversifikasi produk akhir dari sawit selain minyak goreng.

btw, kenapa goreng²an bisa bikin sakit ya?
goreng pisang, goreng tempe, goreng kasus .... ooops

Javaans:
Ho oh kenapa klo makan gorengan jd batuk ya? Opo mengandung minyak kadal ya? ???

«§» 1?✔️2?✔️.Tri?ah, entahlah.:
ya gitu lah.
katanya minyak goreng (sawit) itu bergizi tapi malah ahli gizi menyarankan menjauhi gorengan.

hariadhi:
Segala sesuatu yang berlebihan pastinya tidak baik. Air diminum segalon juga bisa bikin kita mati.

Produk sawit bukan cuma minyak goreng. 70 persen isi minimarket itu isinya turunan sawit semua. Mulai dari sabun, snack, deterjen, shampoo, cokelat, mi instan, selai, dll.

bukan ga ada, masyarakat banyak tidak sadar kebanyakan barang kebutuhan hidup kita itu sumbernya dari sawit. Makanya ada gerakan penyadaran informasi.

Marah-marah sama sawit, tapi masih pakai sabun, ya udah jangan mandi sekalian seumur hidup, biar ga merusak lingkungan :D

«§» 1?✔️2?✔️.Tri?ah, entahlah.:
lagipula, sawit hanya barang substitusi yg bisa digantikan dgn bahan lain seperti minyak nabati lain atau minyak hewani utk membuat produk² yg kau sebut itu (sabun, deterjen, mie instan dll).
apakah ada produk tsb yg mengharuskan bahan dari minyak dari sawit dan gak bisa diganti dgn minyak lain?

«§» 1?✔️2?✔️.Tri?ah, entahlah.:
walau banyak ragam produk dari sawit tapi masih jauh lebih besar produk sawit masih berupa minyak goreng.

berapa besar persentasi dari volume sawit yg dijadikan minyak goreng dibandingkan produk lain?
itu pertanyaannya.

banyak ragam produk lain dari sawit tapi itu hanya menyerap sangat kecil persentase dari panen sawit.
contoh :
sabun. berapa persentase dari sabun yg berasal dari sawit?
mie instan. berapa persentase bagian dari mie instan yg berasal dari sawit?

bandingkan dgn minyak goreng yg hampir 100% dari sawit, dikalikan dgn volume total dari minyak goreng yg diproduksi.

*------------NOTE:
Demikian Kumpulan nyinyiran netizen terkait artikel Black Campaign Sawit, Sebuah Jalan Panjang Melawan SJW Di Indonesia Seword Indonesia Maju yang dituangkan dalam bentuk Komentar. Semua komentar diatas bukanlah rekayasa dan memang benar apa adanya hasil cuitan keluh kesah yang kita kutip dari sumber resminya. Kami tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut! Hanya sekedar memberi informasi yang sedang viral diperbincangkan! jika ingin membaca dan ingin mengetahui sumber resmi berita aslinya, silakan langsung ke sumber resminya. Terimakasih.


Code: (Sumber Resmi) [Select]
https://seword.com/luar-negeri/black-campaign-sawit-sebuah-jalan-panjang-melawan-7HwBthVZW2

:beer: :beer: :beer:


View Mobile Web Short URL: