You Now Here »

lidah naga, sansevieria Flora :: Sansiviera - SI TAJAM ANTI POLUSI  (Read 16408 times)

edho

  • More Share Forum Topic
  • [MS] bangsawan
  • ****
  • edho kurang gaul.
  • Rep Power: 1
  • Join: October 01, 2009
  • Posts: 1,294
  • Poin: 1.129
  • About me: ridho mahaniza
    • WWW
  • IP member tracker Logged


Sansevieria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas--- [http://id.wikipedia.org/wiki/Sansevieria

Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.

Sanseviera dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Sanseviera tak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas. Sementara seratnya digunakan sebagai bahan pakaian. Di Jepang, Sanseviera digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan.

Dibanding tumbuhan lain, Sanseviera memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

Sansevieria dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50-75 cm dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3-6 cm. Kelompok panjang memiliki daun meruncing seperti mata pedang, dan karena ini ada yang menyebut Sansevieria sebagai tanaman pedang-pedangan.

Tumbuhan ini berdaun tebal dan memiliki kandungan air sukulen, sehingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lembap atau basah, sansiviera bisa tumbuh subur.

Warna daun Sansevieria beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag.

Keistimewaan lidah mertua adalah memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan. Penelitian NASA bekerja sama dengan ALCA telah menemukan bukti-bukti bahwa tanaman ini secara alami mampu mengurangi polusi tersebut.


Ditinjau berdasarkan jenisnya sansevieria ada dua jenis yakni yang pertama yaitu sansevieria keturunan asli/spesies sedangkan yang kedua adalah jenis hasil persilangan/hibridasi yang bisa disebut dengan jenis sansevieria hibrid.

Dari bentuk hibrid inilah sansevieria akan tercipta dengan karakter dan fisik yang berbeda dari induknya atau yang sering disebut dengan spesies hibrid atau sansevieria hibrid. Mutasi sansevieria juga dapat terjadi dari perbanyakan melalui stek daun.


View Mobile Web Short URL:

-Slash-

  • More Share Forum Topic
  • [MS] bangsawan
  • ****
  • -Slash- mulai bergaul.-Slash- mulai bergaul.
  • Rep Power: 2
  • Join: October 01, 2009
  • Posts: 1,619
  • Poin: 1.061
  • About me: Sukses Buat [MS]
  • IP member tracker Logged
Re: lidah naga, sansevieria Flora :: Sansiviera - SI TAJAM ANTI POLUSI
« Reply #1 on: October 01, 2009, 03:46:25 PM »
Ada gambarnya ga broo? Tongolin dong.. hehe..
ane pernah denger ni taneman.. tp lupa..

edho

  • More Share Forum Topic
  • [MS] bangsawan
  • ****
  • edho kurang gaul.
  • Rep Power: 1
  • Join: October 01, 2009
  • Posts: 1,294
  • Poin: 1.129
  • About me: ridho mahaniza
    • WWW
  • IP member tracker Logged
Re: lidah naga, sansevieria Flora :: Sansiviera - SI TAJAM ANTI POLUSI
« Reply #2 on: October 01, 2009, 06:37:56 PM »
Ada gambarnya ga broo? Tongolin dong.. hehe..
ane pernah denger ni taneman.. tp lupa..

siap mod ane cari dulu  :D

-DabmintonZ-

  • Global Moderator
  • More Share Forum Topic
  • [MS] asli ningrat
  • ********
  • -DabmintonZ- mulai memiliki kepercayaan.-DabmintonZ- mulai memiliki kepercayaan.-DabmintonZ- mulai memiliki kepercayaan.-DabmintonZ- mulai memiliki kepercayaan.-DabmintonZ- mulai memiliki kepercayaan.-DabmintonZ- mulai memiliki kepercayaan.-DabmintonZ- mulai memiliki kepercayaan.-DabmintonZ- mulai memiliki kepercayaan.
  • Rep Power: 8
  • Join: October 01, 2009
  • Posts: 2,753
  • Poin: 8.931
  • About me: kolak...kolak...
  • IP member tracker Logged
Re: lidah naga, sansevieria Flora :: Sansiviera - SI TAJAM ANTI POLUSI
« Reply #3 on: October 01, 2009, 10:54:47 PM »

edho

  • More Share Forum Topic
  • [MS] bangsawan
  • ****
  • edho kurang gaul.
  • Rep Power: 1
  • Join: October 01, 2009
  • Posts: 1,294
  • Poin: 1.129
  • About me: ridho mahaniza
    • WWW
  • IP member tracker Logged
Re: lidah naga, sansevieria Flora :: Sansiviera - SI TAJAM ANTI POLUSI
« Reply #4 on: October 01, 2009, 11:21:41 PM »
makasih mod mau nongolin pictnya

-Slash-

  • More Share Forum Topic
  • [MS] bangsawan
  • ****
  • -Slash- mulai bergaul.-Slash- mulai bergaul.
  • Rep Power: 2
  • Join: October 01, 2009
  • Posts: 1,619
  • Poin: 1.061
  • About me: Sukses Buat [MS]
  • IP member tracker Logged
Re: lidah naga, sansevieria Flora :: Sansiviera - SI TAJAM ANTI POLUSI
« Reply #5 on: October 02, 2009, 09:52:40 PM »
wah ane pernah liat tuh.. byk di deket rmh.. hahaa..

Edec

Re: lidah naga, sansevieria Flora :: Sansiviera - SI TAJAM ANTI POLUSI
« Reply #6 on: October 30, 2009, 11:13:39 PM »
wah kirain cuman ada lidah buaya, ternyata lidah naga juga ada ya sob?  :D

wah, nama lainnya lidah mertua lagi ahaha kacau..

vyp3R

Re: lidah naga, sansevieria Flora :: Sansiviera - SI TAJAM ANTI POLUSI
« Reply #7 on: October 31, 2009, 09:12:10 AM »
Oh, kalo tanamannya kayak gitu, ane banyak nih di rumah ;) hihihi.

kapten

Re: lidah naga, sansevieria Flora :: Sansiviera - SI TAJAM ANTI POLUSI
« Reply #8 on: November 02, 2009, 02:59:33 PM »
gag ngerti taneman... bawah ane jagonya nih kek na... :D

vyp3R

Re: lidah naga, sansevieria Flora :: Sansiviera - SI TAJAM ANTI POLUSI
« Reply #9 on: November 03, 2009, 09:15:18 AM »
Heee? Ane? Ane gak gitu jago ah kalo soal taneman :p hihihi