You Now Here »

Mengapa Sila Pertama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa, Tidak Ketuhanan Yang Maha Adil?  (Read 101 times - 86 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 25,677
  • Poin: 25.756
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged




Roy Wijaya:
udahlah, ga usah nulis soal agama. mending nulis resep bikin opor ayam gitu. lagian tauhid islam itu membingungkan. islam aja belum jelas ikut kaum tradisional, mu'tazila, atau asyari. penjelasan masing2  aliran tentang tauhid pun ga ada yang meyakinkan secara logis. Tuhan itu satu, iya satu apa? hakikat kah? pribadi kah? islam gagal total menjelaskan ke-esa-an Tuhan. akhirnya islam jatuh ke penyembahan berhala, quran jadi tuhan, batu hitam jadi tuhan, muhammad jadi tuhan, jibril jadi tuhan, dll

firman proindo:
Tuhan umat Islam itu zat dan saat hari kiamat Dajjal muncul.
Dajjal adalah sesosok manusia
Baginda Rasulullah mengatakan bahwa banyak orang akan menyembah Dajjal karena mereka mengira Dajjal adalah Allah SWT, kemudian Rasulullah menjelaskan bahwa perbedaan antara Dajjal dgn Allah SWT itu adalah Dajjal memiliki satu mata.

Kesimpulan menurut hadits
Berarti Allah SWT muncul dgn wujud manusia yg mirip dengan dajjal cuma Allah SWT memiliki lebih dari satu mata

Roy Wijaya:
belum lagi nanti di hari kiamat, quran akan berubah menjadi manusia berkulit pucat dan melakukan intersisi manusia kepada alloh. ada lagi tafsir dan hadith yang bilang kalau surat kedua dan ketiga quran akan menjadi burung-burung. masih mau bilang kalau islam mengajarkan ke-esa-an Tuhan? Ga begini cara orang kristen memahami Misteri Ilahi. Ga bisa main klaim aja Tuhan kristen sama dengan tuhan islam.

Stevanes Ariffin:
Tambah lagi menurut kadrun, orang arab jadi Tuhan....

Erika:
Gagal fokus nih org.... yg sy coba jabarkan adalah mengapa pancasila sila ke 1 ambil Tuhan yg maha esa.... sotu kok ngomongin hal yg ga ada ditulisan....

Roy Wijaya:
lho anda berusaha menjelaskan sila 1 menurut islam kan? dan buat saya, penjelasan anda itu absurd dan ngaco. anda menyamakan Tuhan orang non muslim sama dengan tuhan muslim (alloh sang zat padat). nah, sebelum anda mampu menjelaskan apakah alloh itu tuhan sejati yang esa, anda nggak bisa klaim kalau Tuhan orang kristen sama dengan alloh yang anda sembah.

Masrat Viola:
Ada beberapa kelompok dlm muslim saat ini :
- kelompok yg benar benar fanatik dan mengikuti apa yg tertulis dalam kitab dan hadots tanpa mperdulikan nilai moral atau kemanusiaan.
- kelompok yang setengah spt NU dan muhammadiyah, kelompok yg kita anggap toleransi tapi jika agamnya dikritik akan timbul sifat aslinya. Kelompok ini cenderung tidak mengakui jika ada tafsir atau hadits yg bertentangan dgn nilai sosial. Moral dan kemanusiaan
- kelompok yg hanya mengganggap agama hanyalah sbg identitas, kelompok ini biasanya lebih menutamakan nilai sosial, moral, etika, dan kemanusiaan dlm menjalani kehidupannya.
Utk penulis sptnya masuk dalam kategori kelompok kedua.

Masrat Viola:
Saat sila ke-1 dirumuskan dgn kata Esa sdh ada penekanan san setengah pemaksaan dari pihak para ulama saat itu utk mengikuti tahuhid dlm islam. Mbok ya jujurlah dr hati hahaha

Roy Wijaya:
mana mungkin mau jujur, oom. muslim itu disodorin tokoh pemerkosa, perampok, dan pembunuh aja tetap dianggap nabi dan manusia paling mulia. hal sesimpel itu aja, mereka bisa gagal paham

Masrat Viola:
Begitulah repotnya mereka utk menutupi hal hal tsb sampai akhir jaman. Only manusia yg sdh di brain wash yg akan tetap percaya.
Demikian sukar utk membuka selubung yg menutup mata hati dan batinnya.

firman proindo:
Tuhan itu zat atau orang?

Stevanes Ariffin:
Kalo menurut kaum Kadrun, Tuhan mereka itu orang arab, dan orang arab itu ternyata lebih dari satu... Makanya jangan heran mereka mempermasalahkan perkataan Jenderal Dudung, yg ngomong "Tuhan itu bukan orang arab.."

Kampret212:
Klu ada yang duluan ketemu dengan Pak Soekarno, bisa tolong titipkan pertanyaan, mengapa maha esa dan bukan maha adil ya?

firman proindo:
Esa itu artinya bukan sebiji/tunggal tapi satu kesatuan

Tauhid itu tunggal kalo bahasa kunonya yachid artinya hanya sebiji

Makanya Tuhan yang maha esa alias echad bukan yachid
Knp yg dipakai maha esa bukan Tuhan hanya satu?
Karena hindu, Budha dan kepercayaan lainnya memiliki beragam Tuhan dan banyak dewa. Itulah yg dipikirkan oleh para perumus Pancasila.
Karena Negara ini terdiri dari banyak suku dan golongan serta kepercayaan
????

Freez  ????:
Kebanyakan rancu dengan istilah esa dan ika

HoleLOL:
ketuhanan yg maha esa sebenernya dijelaskan di penjelasan masing masing sila, bhw maha esa it percaya Tuhan it satu namun menurut kepercayaan masing masing esa mnrt kristen esa mnrt islam esa mnrt hindu mnrt buddha konghucu dsb!
Esa bukan brrti esa mnrt islam saja, hal ini tak dijelaskan murid murid cmn menghafal tanpa mengerti makanya dgn mengatakan agama lain ga berhak ad di indonesia selain islam krn Tuhannya bnyk, it lah wujud ketidak mengertian pancasila, maklum cmn dusuruh ngafalin tanpa ngerti

Erika:
Sy tdk mengatakan sila pertama tuhan yg maha esa menurut islam... sy bcr secara umum. Hanya krn sy muslim, sy ambil.contohnya agama saya... krn sy ga bisa ambil contoh agama lain....

HoleLOL:
ini sy menjelaskan scr umum bagian yg disalah artikan oleh org org bhw kata esa it mksdnya satu mnrt islam saja! pdhl pengertian esa dlm pancasila tsb adl esa mnrt agamanya masing masing it ad di bagian penjelasan ttg pancasila, sayangnya emg dah ga diajarkan, bahkan bbrp sekolah negeri ad yg dah ga hafal it pancasila!
zaman sy dulu TK aj udh diajarin, kondisi skrg emg dah mengerikan

Freez  ????:
Kalo aku meyakini bahwa tuhan penguasa langit ada 10 apakah salah?

HoleLOL:
ga sih sob, bagi saya kamu mau nyembah sendal jepit jg ga masalah asal jgn mengganggu ketertiban umum

Freez  ????:
Haill the Lord Sandal Jepit.. ??? ??? ??? ??? ??? ?????

Erika:
Ga salah... mau nyembah keong pun ga salah.... asal jangan maksain org lain harus ikutan nyembah keong

firman proindo:
Islam tidak menyembah orang

Terus knp umat Islam marah dgn statement dudung?

Apakah Tuhannya umat Islam itu seorang arab? ????
Tuhan itu zat atau orang?

Grud:
Suatu hal yang tidak seorang pun yang tahu apakah itu benar, kenapa dijadikan dasar negara . . .

HoleLOL:
kl kamu meyakini bhw misal Tuhan it ga berwujud ataupun Tuhan ad sepuluh mnrtmu, gpp it versimu, itulah mksdnya Ketuhanan yg maha esa, ketuhan mnrt kepercayaan msg msg org sebenernya begitulah inti sila tsb makanya namanya ketuhanan bkn Tuhan yg berjumlah hrs satu biji doang

Grud:
kalau gitu kenapa sebutannya ketuhanan yang maha esa ?
kenapa bukan ketuhanan yang maha terserah ?

Erika:
Tp semua org tahu apa yg benar utk dirinya. Spt saya skrg tahu mengapa sula ke 1 pancasila bunyinya tuhan yg maha esa... tulisan diatas mengikat saya. Anda hanya baca....

FAUZi:
Agama hanya pembawa masalah dan perpecahan serta peperangan, tak ada gunanya dan juga tak ada guna dibahas...

Givern Miricle:
pemahaman saya mengaplikasikan kalimat " Yang Maha Esa " adalah tidak cocok
menurut kbbi arti kata maha ada dua yaitu pertama maha- berarti sangat dan kedua maha- berarti besar
dan arti lainnya adalah kata untuk menyatakan penegasan ucapan, biasanya digunakan setelah kata ganti orang.

*------------NOTE:
Demikian Kumpulan nyinyiran netizen terkait artikel Mengapa Sila Pertama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa, Tidak Ketuhanan Yang Maha Adil? Seword Indonesia Maju yang dituangkan dalam bentuk Komentar. Semua komentar diatas bukanlah rekayasa dan memang benar apa adanya hasil cuitan keluh kesah yang kita kutip dari sumber resminya. Kami tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut! Hanya sekedar memberi informasi yang sedang viral diperbincangkan! jika ingin membaca dan ingin mengetahui sumber resmi berita aslinya, silakan langsung ke sumber resminya. Terimakasih.


Code: (Sumber Resmi) [Select]
https://seword.com/umum/mengapa-sila-pertama-pancasila-ketuhanan-yang-maha-baELkfvFiR

:beer: :beer: :beer:


View Mobile Web Short URL: