You Now Here »

Akhirnya Buka Suara! Terawan Ajak Semua Dokter Gabung PDSI, IDI Busuk Dari Dalam  (Read 74 times - 71 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 25,822
  • Poin: 25.901
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged




Galih Kunarso:
Hehe, sepertinya Penulis ini memang pendukung Dr Terawan yang gampang sekali menghubung-hubungkan segalanya dengan politik. Wajar sih karena Penulis memang bukan dokter, jadi tidak paham soal prinsip evidence-based medicine walaupun sudah coba dijelaskan berkali-kali.

Inilah yang namanya bias ya, dan ini juga alasan kenapa testimoni tidak akan pernah bisa menjadi bukti ilmiah ya karena akan banyak bias-nya, tidak peduli mau berapa banyak orang yang teriak-teriak memberi testimoni dan siapapun tokoh nasional yang memberikan testimoni itu.

Kalau dokter-dokter dan orang-orang yang paham tentang evidence-based medicine ya akan mengikuti data dan bukti ilmiah yang sudah dipublikasikan. Kalau memang suatu tindakan medis itu sudah terbukti berguna, pasti akan didukung semua pihak kok, tanpa perlu cari bekingan dari politikus.

Sayangnya banyak pihak-pihak yang belum pernah belajar soal ini, jadi akan gampang terbuai oleh kata-kata manis saja, dan hasilnya malah mengagung-agungkan seseorang tokoh karena merasa bahwa dia selalu benar tanpa pernah salah, dan gak mau membuka mata mereka akan kenyataan dan fakta yang sebenarnya terjadi.

B-Over:
Ya sudah, karena penulis bukan dokter, coba anda tunjukkan kesalahan dan dampak fatalnya dimana? Selagi tidak bisa ditunjukkan, percuma juga bahas eveidence-based medicine yang hanya berlaku antar sesama dokter.

Silahkan

Galih Kunarso:
Semua tindakan medis pasti ada risiko efek samping ya. Kalau melakukan suatu tindakan medis yang tidak ada gunanya, itu artinya memberi pasien risiko efek samping saja, tanpa ada benefit sama sekali. Nah hal seperti ini adalah salah dan melawan etika medis yang “First, Do No Harm”.

Evidence-based medicine itu bukan hanya berlaku antara sesama dokter ya, tapi universal untuk semua orang, untuk semua pasien di seluruh dunia ya.

Dr Terawan seharusnya menunjukkan data apa saja efek samping yang terjadi, berapa risikonya. Sekarang soalnya belum ada data soal ini ya, cuma cerita-cerita saja orang “merasa” membaik saja, dan siapa tahu ada banyak orang yang tidak membaik, atau bahkan memburuk, tapi gak diketahui ya.

HoleHound:
amin pak amin

Erick 73:
Semestinya memang jangan ada wadah tunggal, harus ada wadah lain sebagai penyeimbang dan opsi bagi yg tidak cocok di salah satu wadah tsb.
Selamat buat PDSI semoga menjadi wadah bagi para dokter yang waras utk bisa memajukan bidang kedokteran di tanah air, dapat menyediakan jasa pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan harga yang terjangkau dan jujur serta humanis dalam melayani.

Aan Widjaya:
Tidak diakui DSA oleh negara lain maupun IDi, ya nggak papa. Malah kebeneran tuh, tidak ada lg di seluruh dunia, kecuali di Indonesia khususnya RSPAD dan buat rakyat Indonesia saja. Buat apa menunjukkan efek sampingnya sebagai bukti evidence base, lihat langsung saja dan tanyain tuh orang yang sembuh. Saya sangat setuju bila tetap dirahasiakan, jangan nanti dicaplok negara asing termasuk negara tetangga kita.

Bagong Setya:
syukurlah bila ada wadah baru yang lebih pro kesehatan masyarakat

HoleHound:
waduh musti ngajak Mr Dr Galih Kunarso nih

Galih Kunarso:
Dokter-dokter di luar negeri sudah sangat terbiasa dengan evidence-based medicine. Jadi kalau ada bukti ilmiah yang valid sudah pasti akan didukung. Tapi sekali lagi, kalau hanya overclaim saja ya gak akan ada yang mau mengikuti ya.

F545150:
Musti di sortir juga siapa yg akan ikut bergabung...  Kalo kadrun ikut gabung bisa busuk lg tuch...

Garuda Di Dada ku:

(click to show)
 
(click to show)
 
(click to show)
 
(click to show)
 
(click to show)
 
(click to show)
 
(click to show)
 
(click to show)


*------------NOTE:
Demikian Kumpulan nyinyiran netizen terkait artikel Akhirnya Buka Suara! Terawan Ajak Semua Dokter Gabung PDSI, IDI Busuk Dari Dalam Seword Indonesia Maju yang dituangkan dalam bentuk Komentar. Semua komentar diatas bukanlah rekayasa dan memang benar apa adanya hasil cuitan keluh kesah yang kita kutip dari sumber resminya. Kami tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut! Hanya sekedar memberi informasi yang sedang viral diperbincangkan! jika ingin membaca dan ingin mengetahui sumber resmi berita aslinya, silakan langsung ke sumber resminya. Terimakasih.


Code: (Sumber Resmi) [Select]
https://seword.com/umum/akhirnya-buka-suara-terawan-ajak-semua-dokter-QH3JqxmFMo

:beer: :beer: :beer:


View Mobile Web Short URL: