You Now Here »

Awas, Jangan Salah Paham Soal Tiket Mahal Masuk Candi Borobudur  (Read 59 times - 129 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 25,851
  • Poin: 25.930
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged




AK-47:
emang sdh saatnya jumlah orang yg ingin naik ke bangunan candi borobudur dibatasi. sebaiknya wisatawan cukup sampai di pelataran bawahnya saja dan tidak diperkenankan naik sampai ke stupa.
sebab yg pertama, walaupun kelihatannya kuat karena strukturnya terbuat dari susunan batu hingga mencapai 60 ribu meter kubik atau sebanyak 2 juta bongkah batu tapi percayalah itu barang sama sekali tidak didesain untuk dinaiki ratusan orang setiap hari. masalahnya batu-batu yg berfungsi sebagai lantai berpotensi makin terkikis akibat sering bergesekan dgn karet sol sepatu/sandal yg dipakai pengunjung. begitu pula dgn relief-relief dan ornamen-ornamen yg ada di dinding. ini berpotensi mengalami percepatan pelapukan akibat seringnya unsur kapur pada batu terkena garam dan asam yg berasal dari napas dan keringat di telapak tangan pengunjung. makanya harusnya ada larangan menyentuh dengan tangan itu relief atau ornamen. mau foto-foto silahkan tapi gak usah pegang-pegang.
yg kedua, orang-orang yg datang ke sana mestinya sadar bahwa itu bangunan dulunya dibikin sebagai tempat ibadah (sampai sekarang) bukan tempat wisata. jadi sebaiknya utamakan kesopanan dan hindarilah pecicilan atau lebay yg berlebihan di rumah ibadah orang lain.
yg ketiga, tidak ada kata mahal dalam kamus wisata yg ada itu rasa tidak cocok atau tidak tertarik. buktinya belum ada tempat wisata yg tutup hanya karena harga tiketnya kemahalan, tapi kalo tutup gara-gara tempatnya tidak menarik dan tidak cocok sebagai tempat wisata, banyak. jd kalo tiket seharga Rp 750.000,- sekali masuk gak bisa ente beli ya jangan protes. hawong ente sebenarnya cuman gak cocok sama harga tiketnya aja kok makanya gak tertarik beli kan, yekaaaan? yo wis, ojok protes.

Freez  ????:
Biar tetap meninggalkan kenangan, mungkin sebaiknya di buat Replika stupa atau replika puncak borobudur,  sehingga hasil di foto tetap mirip aslinya..

Awang Awang:
Cukup lihat nikmati pemandangan tanpa iseng sentuh2 bangunan candi.
gak sanggup bayar gak usah naik ke candi.

Ndemik:
Saya bukan budayawan bukan kalangan orang berduit,.. 750 rb untuk sekedar melihat "batu",mahal..

firman proindo:
Tiket masuk 50 rb hanya di pelataran saja.
Kalo naik ke candi bayar 750 rb.

Borobudur adalah keajaiban dunia

Jd penasaran brp harga tiket masuk Piramida Mesir, menara Eiffel, bbrp objek wisata di dunia yg setara yang 750 ribu rupiah

Noval Adianto:
Soal tiket Borobudur ...Ini Waras ...tidak asal tulis

Mblandyang:
(copas komenku di kolom lain)

jangan cuma mikir soal tiket yg mahal dalam hal ini,
tapi pikiran tentang "ahh ngapain ke borobudur klo gak bisa naik", terus yg tadinya mau kesana trs mampir mau jajan, mau nginap, mau beli ini itu di daerah borobudur sana jadinya Gak Jadi Datang ..
dan mengalihkan bertamasya di beda kota atau bhkn di luar kota . .
jika dg alasan pgn njaga agar tidak rusak, masih bisa jual tiket spt biasa tp jumlahnya yg dibatasi agar yg naik candi gak membludak daannn tambahkan lagi petugas di area (atas) candi, karna jmlh petugas msh jauh dr cukup di lapangan

blom lagi wacana tol dari bandara YIA yg akan langsung ke borobudur, kan sudah dipetakan ta arahnya,
ekonomi di desa ni baru mulai nanjak lagi dan berita ttg tiket ini cukup bikin galau masyarakat baik pelaku usaha maupun wisatawan

Yosef Kurniawan:
Setuju, jangan sampai kebijakan ini bagai membakar lumbung untuk membasmi tikus.

Ini belum menyenggol biaya 100 $ untuk wisatawan asing ya wkwkwk. Saya rasa borobudur gak semenarik itu, dibandingkan dengan bali atau wisata alam di indonesia timur. Intinya kebijakan salah kaprah ini ada karena orang kita gak berani tegas. Gak mau dirusak ya bikin aturan tegas, ada orang macem-macem sanksi keras, atau kalau bener-bener gak mau dirusak ya tutup aja bagian stupa dari wisata, dikhususkan untuk keagamaan.

Jangan nafsu karena tempatnya populer dan banyak diminati, pasang harga setinggi langit, selalu perhitungkan sustainability dari rencana pricing tersebut. Wisatawan tentu tau apakah harga 750 ribu itu worth atau engga. Kalau mereka merasa gak worth, mereka gak akan datang lagi, parahnya mereka juga bisa mencegah kenalannya untuk berkunjung ke sana dan pada akhirnya tempat wisata tsb sepi peminat.

Mblandyang:
naahh,. cucok meong

karna orang (lembaga/pengurus) tidak mau tegas sedari awal . . yang di takutkan nantinya kesepian akan melanda disana, sunyi  dan trasa sendiri,.mlh ky lirik lagu kwkw
Memang candi borobudur mrpk tmpt ibadah umat budha dan kita semua Wajib menjaga kesakralan dan tidak sembarangan saat disana,

tapiii kita tidak boleh mengingkari bahwa borobudur "dijual" (promosi) sbg salah satu destinasi indonesia dan sedari dulu slalu diagungkan "eh indonesia punya borobudur, datang dong" ..
yois inti utamanya jangan bakar lumbung untuk basmi tikus, yup setujes

Yustinov:
Rakus & gragas

F545150:
Mungkin skrg ada tempat nginap di candi, pub & lounge, dan kolam renang....

WeleWeleAntiJoker:
wah kadrun mungkin mulai protes kalau kolam renangnya tidak dipisah antara cowo & cewe karena dulu ada kadrunwati goat block yg bilang takutnya hamil di kolam renang wkwkwk

F545150:
Bilang ama kadrun... Knp nonton formula e kemarin ngga di pisah tribun cowok dan cewek ?

Awang Awang:
"KOLAM renang..."

Erick 73:
Kalau masalah kebersihan dan keamanan bangunan candi ya tinggal dibuat aturan dan sanksi (kurungan atau denda) plus ditambah juga anggota keamanan, kalau dinaikkan jadi 100 ribu saja itu juga saya rasa sdh terhitung mahal tetapi masih worth it lah.
Mengunjungi candi tanpa mengeksplorenya ya bakalan ga ada yg mau lah.

WeleWeleAntiJoker:
tapi tetap bakalan jadi gorengan lezat yg disukai para kadrun untuk jatuhin capres pro nasionalis demi capres pro radikal dong wkwkwk

*------------NOTE:
Demikian Kumpulan nyinyiran netizen terkait artikel Awas, Jangan Salah Paham Soal Tiket Mahal Masuk Candi Borobudur Seword Indonesia Maju yang dituangkan dalam bentuk Komentar. Semua komentar diatas bukanlah rekayasa dan memang benar apa adanya hasil cuitan keluh kesah yang kita kutip dari sumber resminya. Kami tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut! Hanya sekedar memberi informasi yang sedang viral diperbincangkan! jika ingin membaca dan ingin mengetahui sumber resmi berita aslinya, silakan langsung ke sumber resminya. Terimakasih.


Code: (Sumber Resmi) [Select]
https://seword.com/politik/awas-jangan-salah-paham-soal-tiket-mahal-masuk-QpPWkDhwd1

:beer: :beer: :beer:


View Mobile Web Short URL: