You Now Here »

Buat Apa Sholat? Buat Apa Beragama? Dan Buat Apa Berakal?  (Read 53 times - 124 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 26,650
  • Poin: 26.729
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged
Buat Apa Sholat? Buat Apa Beragama? Dan Buat Apa Berakal?
« on: January 20, 2023, 08:40:36 PM »




doodleramen:
Buat apa membangun masjid 1T kalau bisa tinggal sholat di jalanan? Kalau ketemu orang yang religius sampai sebegitunya, ane bukannya respek tapi malah ngeri dan akan menghindar sejauh mungkin.

camelus yemen ??? ??? ??? ???:
lihat kadrun berjidat gosong aja udah ngeri lihatnya meskipun "nyamar" pake batik dll, apalagi yg bercadar
harus diakui indonistan ini emg mabok "agama"

soal ibadah emang ada paradoks; shalat di jalan, tidur di mesjid (apalagi saat 212)

doodleramen:
Yang jidat gosong lebih ngeri buat ane. Dia ngga ngapa2in saja sudah ngeri kelihatannya…

TUgiyo:
Itulah yg mirip2 dengan yg namanya orang farisi

CWord:
Jika kita mahluk beriman, apapun agamanya, maka meyakini bhw semua yg kita lihat di depan mata kita adl ciptaan Tuhan. Jadi semua HP, mobil, kondom atau apapun adl ciptaan Tuhan. Tp memakai tangan manusia untuk mewujudkannya. Sampai batas ini semoga dipahami dg jelas. Ada batas Tuhan dan ada batas keterlibatan manusia dlm menciptakan apa2 yg ada di muka bumi.

Agama dan kitab suci nya, sama2 ada dimuka bumi setara dg barang2 lain. Jadi sampai batas tertentu ada keterlibatan manusia dlm mewujudkan yg kita kenal Agama dan kitab suci tersebut. Tp ada umat yg meyakini ajaran dan kitab suci nya berasal dr Tuhan langsung dan bersifat mutlak, sempurna dan tidak bisa dikoreksi lagi.

Batas keterlibatan Tuhan dan keterlibatan manusia sangat jelas. Apa2 yg berasal dr Tuhan berlaku universal, sama dan setara bagu seluruh dunia. Matahari dan udara, nyata2 berasal dr Tuhan, krn diterima oleh seluruh manusia tanpa perduli jahat-baik,  kaya-miskin, tua-muda. Apa2 yg berasal dr Tuhan tidak memiliki kepentingan apapun. Semua manusia masuk neraka, tidak berkurang artinya Tuhan.

Apa2 yg hanya berlaku untuk sebagian orang, itu bukan berasal dr Tuhan. Itu ciptaan manusia. Dan yg ada kepentingan itu berasal dari manusia. Semua aturan2 apapun yg memiliki unsur kepentingan, itu berasal dr manusia. Jadi, haram halal, dosa pahala, kewajihan perpuluhan dan zakat, kewajiban beribadah, bahkan perintah membunuh demi agama, kafir dan bukan kafir, termasuk semua hal yg bertentangan dg hukum universalitas Tuhan maka itu senua berasal dr manusia belaka.

Dalam alkitab dinyatakan bhw alam semesta diciptakan dalam beberapa hari. Kata orang Yahudi, Tuhan beristirahat di hari Sabath. Manusia mengenal hitungan hari adl sekitar ribuan tahun lalu, yaitu pergantian malam dan siang. Sedangkan usia bumi dan alam semesta sdh jutaan tahun. Dihitung beberapa hari krn orang Yahudi tinggal di daerah yg 1 hari nya 24 jam. Jika memang Tuhan menciptakan alam semesta, Tuhan tidaklah berada di lokasinorang Yahudi berada.

Ada kitab yg bilang Tuhan menciptakan bumi dulu,  baru kemudian bintang2 di langit. Lalu binatang2.

Itu semua manusia yg ciptakan, hanya agar manusia bisa mengerti belaka. Tp yg terjadi bukan spt itu. Jika kitab suci bermula dr penciptaan alam semesta, tp kenapa tidak ada cerita ttg Dinosaurus.

Untuk orang2 yg tinggal di Kutub Utara dan Kutub Selatan. 1 hari bisa lebih dr 24 jam, bhk bisa berminggu2. Jadi Tuhan menciptakan alam semesta dalam beberapa hari hanyalah rekaan dan karangan manusia yg tinggal di sekitar katulistiwa belaka. Cerita ini tidak berlaku di tempat lain.

Jadi, agama dan kitab suci nya, sampai batas tertentu memang buatan manusia. Sekedar sebuah bisnis yg penuh kepentingan dan uang belaka

Bagaz:
Mgkn mereka ini pengembala dinosaurus.

(click to show)


Arif Soetanto:
Salah itu
Tinggi nabi adam 60 hasta. Sekitar 27,5 m

Bagaz:
Berarti yg dipakai sbg penutup itu daun jati sptnya ????

camelus yemen ??? ??? ??? ???:
kayak daun singkong, untung bukan ganja

Bagaz:
Wekekekkkk... Bisa jadi tuh, makanya Hawa / Eve suka sekali narik2 singkong yg bikin nabi Adam fly dehhh? ???.

⡷⠂FЯΞΞZ⠐⢾ ????:
Singkong yg bisa bikin kenyang 9 bulan 10 hari ...

Bagaz:
??? ??? ??? ??? ????

Resilas:
"Jika kita mahluk beriman, apapun agamanya, maka meyakini bhw semua yg kita lihat di depan mata kita adl ciptaan Tuhan. Jadi semua HP, mobil, kondom atau apapun adl ciptaan Tuhan. Tp memakai tangan manusia untuk mewujudkannya. Sampai batas ini semoga dipahami dg jelas. Ada batas Tuhan dan ada batas keterlibatan manusia dlm menciptakan apa2 yg ada di muka bumi."

Jadi, menurut anda, Tuhan menciptakan machine guns, bom nuklir, granat, concentration camp, dsb?

CWord:
Oh jika anda tidak percaya Bom Nuklir, granat, narkoba, pornography, komunis, teroris  dan lain2 adl ciptaan Tuhan, lalu ciptaan siapa?

Resilas:
Oh gosh!
Of course Tuhan GAK menciptakan machine guns, bom nuklir, granat, narkoba, pornography, dll!
Manusia yang membuat semua itu.
Tuhan memberikan kepintaran kepada manusia. Tapi Tuhan juga memberikan free will kepada manusia, mau dipakai untuk apa kepintaran itu.

Komunis dan teroris sebagai manusia adalah ciptaan Tuhan.
Tapi paham komunisme, terorisme, itu adalah hasil pemikiran manusia.
Sama seperti atheist. Atheist sebagai manusia adalah ciptaan Tuhan, tapi Tuhan gak menciptakan atheism. Lha wong, Tuhan berulangkali memanggil manusia kembali kepada-Nya, tapi justru manusia yang menolak Dia.

Resilas:
Quote:
"Dalam alkitab dinyatakan bhw alam semesta diciptakan dalam beberapa hari. Kata orang Yahudi, Tuhan beristirahat di hari Sabath. Manusia mengenal hitungan hari adl sekitar ribuan tahun lalu, yaitu pergantian malam dan siang. Sedangkan usia bumi dan alam semesta sdh jutaan tahun. Dihitung beberapa hari krn orang Yahudi tinggal di daerah yg 1 hari nya 24 jam. Jika memang Tuhan menciptakan alam semesta, Tuhan tidaklah berada di lokasinorang Yahudi berada.

Ada kitab yg bilang Tuhan menciptakan bumi dulu, baru kemudian bintang2 di langit. Lalu binatang2.

Itu semua manusia yg ciptakan, hanya agar manusia bisa mengerti belaka. Tp yg terjadi bukan spt itu. Jika kitab suci bermula dr penciptaan alam semesta, tp kenapa tidak ada cerita ttg Dinosaurus."

1. Pointnya kisah penciptaan dalam kitab Kejadian tidak pernah dimaksudkan sebagai sumber science (unlike klaim agama tertentu mengenai kitab sucinya).
Pointnya kisah penciptaan dalam kitab Kejadian adalah:
- Adanya "oknum" yang sudah ada sejak sebelum segala sesuatu ada, dan "oknum" itu disebut Allah.
- Allah adalah Pencipta segala sesuatu. Ia menciptakan order dari non-order, menciptakan something out of nothing.
- sejak semula manusia diciptakan untuk berelasi dengan Allah

2. Kisah penciptaan dalam kitab Kejadian ditulis sesuai pengertian manusia jaman itu.
Worldview sejenis mengenai alam semesta, bahkan kisah banjir besar jaman Nuh juga ada dalam agama2 pagan kuno.
Unlike klaim agama tertentu bahwa kitab sucinya turun dari langit, Alkitab ditulis berdasarkan inspirasi dari Roh Kudus. Penulis2 Alkitab gak ada yang didikte (kecuali bagian2 yang memang diperintahkan Allah) atau dirasuki roh lalu tangannya nulis sendiri.
Berdasarkan inspirasi dari Roh Kudus itulah, Musa dan penulis2 Alkitab lain mengatributkan segala sesuatu kembali kepada Allah YHWH, the true God, sebagai pemilik/pencipta alam semesta.

3. Kenapa gak ada tentang dinosaurus? Sekali lagi, pointnya Alkitab itu bukan buku science. Tapi untuk mengajarkan mengenai relasi manusia dengan Allah (sejak semula, penciptaan manusia sudah berbeda dari penciptaan ciptaan lainnya), dan relasi manusia dengan manusia lain sebagai sesama ciptaan Allah.


Quote:
"Apa2 yg hanya berlaku untuk sebagian orang, itu bukan berasal dr Tuhan. Itu ciptaan manusia."

Gak juga.
Dalam kitab2 Taurat, banyak peraturan yang diberikan Tuhan hanya berlaku untuk bangsa Israel sebagai bangsa yang dikhususkan Allah. Peraturan2 itu kemudian diteruskan kepada bangsa Yahudi sebagai keturunan Israel, tapi gak berlaku untuk bangsa non-Yahudi (gentiles / goyim) yang berarti termasuk Kristen dan Islam dari latar belakang non-Yahudi.
Konsep haram-halal sudah ada jauh sejak sebelum sertifikasi MUI. Malah sebelum terbentuknya bangsa Israel.

CWord:
Jika alkitab sebuah kebenaran, tentu saja isinya haruslah sebuah kebenaran belaka. Tidak bisa alkitab sebagai sebuah kebenaran ttp mengandung kontradiksi di dalamnya.

Apakah anda mengetahui ada kontradiksi di dalam alkitab yg juga terjadi di kitab agama lain. Dengan adanya kontradiksi tersebut, nyata sampai batas tertentu alkitab adalah buatan manusia, meskipun apapun bagaimanapun, yg ada di dunia adl ciptaan Tuhan.

Lebih baik membedakan yg dilakukan Tuhan disebut menciptakan sedangkan manusia disebut membuat. Apapun yg dibuat manusia di Dunia ini, semuanya adl ciptaan Tuhan

Resilas:
"Dengan adanya kontradiksi tersebut, nyata sampai batas tertentu alkitab adalah buatan manusia"

Seperti yang sudah saya bilang di atas: Alkitab ditulis berdasarkan inspirasi dari Roh Kudus. Penulis2 Alkitab gak ada yang didikte (kecuali bagian2 yang memang diperintahkan Allah) atau dirasuki roh lalu tangannya nulis sendiri.

Penulis2 Alkitab menulis mengenai bumi dan alam semesta sesuai pengertian worldview mereka saat itu.

Tapi message dalam Alkitab, bagaimana manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah tapi lalu jatuh ke dalam dosa dan tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri sehingga harus Allah sendiri yang menyelamatkan manusia dari hukuman dosa, itu adalah 1 untaian yang tidak terputus selama ribuan tahun. Itu berasal dari Allah.

"Apapun yg dibuat manusia di Dunia ini, semuanya adl ciptaan Tuhan"

I strongly disagree. Seperti komen saya sebelum ini mengenai machine guns, narkoba, pornography, dll.

CWord:
Alkitab dibuat oleh dan demi kepentingan pembuat alkitab nya sendiri. Dari uraian anda, jelas Alkitab/ajaran agama berevolusi dr ajaran2 sebelumnya. Karena manusia mahluk pembelajar, apa yg mereka bisa pakai untuk kepentingan mereka maka akan dijadikan bahan ajaran/agama baru  demikian pula Islam seolah2 sbg penyempurna ajaran/agama sebelumnya.

Jika Tuhan memberikan aturan spesial kepada orang Israel saja, itu karena penulis alkitab nya adl orang Israel. Cerita Nabi Nuh pun sebuah khayalan belaka. Cerita Adam Hawa yg diusir ke dunia pun khayalan belaka. Sampai ada konsep persembahan kepada Tuhan, seolah2 Tuhan marah. Itu cuma bisa2 nya orang Israel saja.

Resilas:
"Itu cuma bisa2 nya orang Israel saja"
Itu kan opinimu, yang emang gak percaya Alkitab.

"Jika Tuhan memberikan aturan spesial kepada orang Israel saja, itu karena penulis alkitab nya adl orang Israel."

Jeez, kalau saya yg nulis kitab sih saya bakal bikin peraturan yang enak2: bebas makan apapun! Mau makan cheeseburger? Silakan!
Mau pergi jalan2 pas hari Sabat? Silakan!
Bukannya malah larangan macem2, gak boleh ini, mesti begitu.


"Alkitab dibuat oleh dan demi kepentingan pembuat alkitab nya sendiri."
Alkitab ditulis oleh puluhan orang dalam rentang waktu lebih dari 1000 tahun.
Mereka2 itu gak saling kenal. Gak bisa janjian dulu, "eh kita nulis tentang X yok", udah pada keburu mati.

Kepentingan siapa yg anda maksud?


Alkitab terdiri dari 2 bagian: Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.
Perjanjian Lama sama seperti yang dipakai orang Yahudi.
Perjanjian Baru gak diterima orang Yahudi.

Perjanjian Lama ditulis lebih dari 1000 tahun sebelum Perjanjian Baru ditulis.

Anda mau bilang Alkitab ditulis demi kepentingan Musa?
Musa berkelana di padang gurun puluhan tahun, meninggal di padang gurun tanpa masuk ke tanah perjanjian. Doesn't look like a good life to me.
Dan setelah Musa meninggal, bangsa Israel dengan konsep spiritualitasnya tetap ada selama ribuan tahun berikutnya.
Dan yang disembah itu bukan Musa.
Jadi, bukan untuk kepentingan Musa dong?

Anda mau bilang Alkitab ditulis demi kepentingan Paulus?
Paulus dipersekusi gitu kok, disiksa dan dipenjara.
Petrus juga dipersekusi
Yohanes dibuang ke pulau.
Dan mereka bertiga gak ada yg disembah.

Selain itu, orang2 Kristen dipersekusi selama 3 abad pertama keberadaannya.

Belum lagi, hal2 yang jelas2 memalukan terang2an ditulis di Alkitab, tidak disembunyikan.
Bangsa Israel berulang kali disebut tegar tengkuk, alias keras kepala dan gak mau nurut. Akibatnya bolak-balik dihukum Tuhan sampai dibuang selama puluhan tahun.
Petrus? Pernah dihardik Yesus, menyangkal Yesus lebih dari sekali.
Paulus? Jelas2 pernah mempersekusi orang Kristen.

Sekali lagi, kalau saya yang nulis kitab, saya akan berusaha supaya hasilnya saya gak dipersekusi.
Dan hal2 yang memalukan akan saya ubah jadi hal2 yang membanggakan.

Jadi, kepentingan apa dan siapa yang anda maksud?


"demikian pula Islam seolah2 sbg penyempurna ajaran/agama sebelumnya."

Ini kan klaim sepihak dari islam.
Padahal, apa yang dimaksud dengan Taurat, mereka gak ngerti.
Isi 10 perintah Allah aja beda.
Apa yang dimaksud dengan Mazmur, mereka gak ngerti.
Apa yang dimaksud dengan Injil, mereka gak ngerti.
Apa yang dimaksud dengan nabi, beda sendiri.
Gak ngerti apa2, beda sendiri, tapi klaim sebagai agama penyempurna ajaran sebelumnya.

"Karena manusia mahluk pembelajar, apa yg mereka bisa pakai untuk kepentingan mereka maka akan dijadikan bahan ajaran/agama baru"
Clearly, anda gak mengerti sejarah agama Kristen.
Yesus gak pernah berniat bikin agama baru. Makanya Dia perginya ke sinagoge.
Paulus gak pernah berniat bikin agama baru.
Petrus gak pernah berniat bikin agama baru.
Istilah "Kristen" bukan dari mereka kok.

Sekali lagi, kepentingan apa?

CWord:
Kepentingan pembuat ajaran/agama nya tersebut, bukan berarti orang per orang. Siapapun yg berkepentingan atas ajaran/agama tersebut.

Yesus gak pernah membuat agama. Itu crystal clear. Yg bikin agama adl orang2 setelah Yesus mati di salib. Yesus di salib pun bukan krn dia ngajarin agama baru. Tp karena lobby pemuka agama Yahudi dg issue Yesus sbg Raja Orang Yahudi. Itu lah kenapa tertera di salib nya Yesus INRI. Dari perspektif kerajaan Romawi, itu adl separatis bukan krn ajaran agama.

Injil Perjanjian Baru bukanlah ditulis oleh orang2 yg saat itu dikenal sbg para rasul. Perjanjian Baru ditulis sekitar 3 -4 Abad setelah Yesus mati. Injil yg ada sekarang sdh ditambah dikurangi selama berabad2 sampai spt sekarang ini.

Semua agama adalah bisnis semata. Mengumpulkan umat untuk "kekuasaan dunia" semata. Tidak ada kepentingan Tuhan.

Resilas:
Sekarang bilangnya "Kepentingan pembuat ajaran/agama nya tersebut, bukan berarti orang per orang"

Padahal sebelumnya ngomongnya "Alkitab dibuat oleh dan demi kepentingan pembuat alkitab nya sendiri"


Eniweiii..


"Kepentingan pembuat ajaran/agama nya tersebut"

Memangnya, siapa pembuat agama Kristen?

Sekali lagi, orang2 Kristen selama 300 tahun dipersekusi.

Kalau saya bikin agama, saya bikin supaya hasilnya saya gak dipersekusi.


" Yesus di salib pun bukan krn dia ngajarin agama baru. Tp karena lobby pemuka agama Yahudi dg issue Yesus sbg Raja Orang Yahudi"

Itu kan alasan yang diberikan pemimpin agama Yahudi kepada orang Romawi supaya orang Romawi menghukum Yesus.
Kalo orang Yahudi bilang Yesus harus dihukum mati karena dia menyatakan diri sebagai Anak Allah. orang Romawi mana peduli.

Tapi alasan sesungguhnya orang Yahudi, ya karena Yesus menyatakan diri sebagai Anak Allah yang mana itu adalah blasphemy untuk orang Yahudi.

"Injil Perjanjian Baru bukanlah ditulis oleh orang2 yg saat itu dikenal sbg para rasul"

Kata anda.

"Perjanjian Baru ditulis sekitar 3 -4 Abad setelah Yesus mati"

Nope. Semua kitab2 Perjanjian Baru sudah selesai ditulis dalam abad pertama, abad yang sama dengan kematian Yesus.

"Semua agama adalah bisnis semata. Mengumpulkan umat untuk "kekuasaan dunia" semata. Tidak ada kepentingan Tuhan."

Kesatu, Usernya yang gagal, produknya yang dihina.

Kedua, "Tidak ada kepentingan Tuhan"
Tapiii, kalo orang2 mengabarkan Injil (menyebarkan agama Kristen), dibilangnya "mengumpulkan umat untuk "kekuasaan dunia" semata"

LOL,
apapun yg dilakukan, semuanya serba salah di mata kalian.

Jadi, terserah apa kata kalian dah.

CWord:
Jika Yesus tidak disalibkan, apakah dia masih mulia spt sekarang? Tentu tidak. Karena itu bersyukurlah kepada Yudas yg katanya mengkhianayi Yesus, dan berterimakasihlah kepada Tentara Romawi krn tanpa mereka semua maka Yesus tidak akan disalibkan dan tidak menjadi mulia spt sekarang.

300 tahun pengikut Yesus dipersekusi hanyalah sebuah proses belaka. Ttp ajaran agama itu dijuat oleh dan demi kepentingan pembuat NYA.

Yesus sendiri memiliki misi dilahirkan ke Bumi namun dia gagal dalam misi nya. Tp orang2 Kristen tidak nenyadari kegagalan Yesus. Maklumlah orang kristen mengaku dan sdh disumpah menjadi pengikut Yesus. Sama kog dg Kadrun yg membabi buta kepada imannya

Resilas:
"Karena itu bersyukurlah kepada Yudas yg katanya mengkhianayi Yesus, dan berterimakasihlah kepada Tentara Romawi krn tanpa mereka semua maka Yesus tidak akan disalibkan dan tidak menjadi mulia spt sekarang."

LOL
Yudas jelas2 mengkhianati Yesus demi 30 keping perak. Itu motif dia.
Yudas menyerahkan Yesus kepada Romawi BUKAN demi kemuliaan nama Yesus, tapi demi 30 keping perak!
Pontius Pilatus menyerahkan Yesus untuk disalib BUKAN demi kemuliaan nama Yesus, tapi karena dia takut jabatannya terancam kalau dia dilihat tidak bisa mengendalikan daerah pimpinannya.
Tentara Romawi menyiksa dan menyalibkan Yesus BUKAN demi kemuliaan nama Yesus karena mereka gak kenal Yesus itu siapa.
We should be thanking Judas and the Roman soldiers??
What a twisted way of thinking.
Dikiranya kalau Yudas gak menyerahkan Yesus, Allah gak bisa berbuat apa2, kali yaa.
LOL.

"Yesus sendiri memiliki misi dilahirkan ke Bumi namun dia gagal dalam misi nya"

Oh yea?
Gagalnya gimana, emangnya?

"300 tahun pengikut Yesus dipersekusi hanyalah sebuah proses belaka. Ttp ajaran agama itu dijuat oleh dan demi kepentingan pembuat NYA."

Still not answering my question.

Emang siapa yang membuat agama Kristen?
Untuk kepentingan apa?

Sekali lagi sih ya, kalau saya bikin agama, saya bikin supaya hasilnya saya gak dipersekusi. Gak usah pake proses2an selama 300 tahun.
Langsung buat sebagai pemenang dari awal. Itu kan kesukaan manusia, to win, to feel proud.


"Maklumlah orang kristen mengaku dan sdh disumpah menjadi pengikut Yesus. Sama kog dg Kadrun yg membabi buta kepada imannya"

Mas/mbak, beriman itu ya yang teguh lah!
Kalau gak yakin ama yang diimani, buat apa percaya?

Dan saya kasih tau ya, kalo kadrun itu, tampilan sok suci alias cuma mengutamakan penampilan luar.
Tapi imannya itu tipis! Diminta pake topi santa klaus pas bulan Desember oleh sob, takut. Ngucapin selamat hari raya agama lain, haram. Main catur, haram karena bisa buat ajang judi. Nonton drama korea, haram. Main musik, haram. Lihat tanda palang merah, takut. Lihat lambang agama orang lain, takut.

Orang Kristen mah  nyantai2 aja tuh sama hal2 begituan.
Bulan puasa, denger lagu kasidahan di mall? Nyantai.
Denger suara azan 5x sehari tiap hari? Nyantai.
Kasih ucapan selamat hari raya agama lain? Gak masalah.
Dan saya malah suka tuh berkunjung ke kuil, ke pura. Saya apresiasi itu sebagai bentuk kekayaan kebudayaan manusia.

Erick 73:
Ya, tinggal kita berharap akan semakin banyak yg sadar dan tidak gampang diperdaya oleh mereka2 yang memanfaatkan agama demi memperoleh kekuasaan dan kekayaan.

Yustinov:
Istilah "agama" aslinya dari doktrin Islam, lain itu tidak.
Makanya jangan kaget Departemen Agama, hanya untuk syiar Islam.
KTP harus ada keterangan "agama", sbg pemisah antara yg kafir dan tidak kafir(islam)

Motto kadrun terkini: Sholat dijalan, ngaji ditrotoar dan tidur dimasjid

Lukman Rewa:
Itu yang solat di kereta berjalan emang yakin lagi solat arah ke kiblat ?

Raden Mas Paijo:
Ya sebagian orang dipakai buat pembenaran diri dan kelompoknya serta menyalahkan manusia lain

Rana didjaja:
sejak awal agama itu dipakai oleh penguasa untuk nakut nakutin rakyatntnya yg berkolusi sama pemuka agamanya.agama itu institusi,ibadah itu melakukan,kerja.sholat itu konsep,ide,gagasan.amal itu implementasi dan pahala itu adalah hasil akhir, pasti pada maju

Danii Kvyat:
Gusur SD,dapet baliho ucapan terima ksh dr Ummaaattt

*------------NOTE:
Demikian Kumpulan nyinyiran netizen terkait artikel Buat Apa Sholat? Buat Apa Beragama? Dan Buat Apa Berakal? Seword Indonesia Maju yang dituangkan dalam bentuk Komentar. Semua komentar diatas bukanlah rekayasa dan memang benar apa adanya hasil cuitan keluh kesah yang kita kutip dari sumber resminya. Kami tidak bertanggung jawab atas isi komentar tersebut! Hanya sekedar memberi informasi yang sedang viral diperbincangkan! jika ingin membaca dan ingin mengetahui sumber resmi berita aslinya, silakan langsung ke sumber resminya. Terimakasih.


Code: (Sumber Resmi) [Select]
https://seword.com/spiritual/buat-apa-sholat-buat-apa-beragama-dan-buat-apa-h1IXwb4Qai

:beer: :beer: :beer:


View Mobile Web Short URL: