You Now Here »

Tips Cara Agar Di Saat Negoisasi Gaji Lancar  (Read 5600 times - 87 votes) 

Ajeng

  • More Share Forum Topic
  • [MS] penduduk asli
  • ***
  • Ajeng banyak teman.Ajeng banyak teman.Ajeng banyak teman.Ajeng banyak teman.Ajeng banyak teman.
  • Rep Power: 5
  • Join: September 30, 2009
  • Posts: 722
  • Poin: 2.020
  • IP member tracker Logged
Tips Cara Agar Di Saat Negoisasi Gaji Lancar
« on: April 09, 2012, 03:48:29 PM »




Memiliki karir yang dicita- citakan adalah hal yang wajar dan normal bagi setiap Pencari Kerja. Sayangnya tidak semua keinginan dan harapan sesuai dengan apa yang kita idamkan. Jika Anda sudah mendapatkan peluang untuk diterima kerja di perusahaan incaran, maka Anda adalah salah satu orang yang beruntung.

Proses wawancara pun sudah Anda lakukan dan berjalan dengan lancar, sesi berikutnya adalah negosiasi gaji. Berbicara tentang negosiasi gaji pada perusahaan bukan perkara mudah. Sering kali negoisasi berjalan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan Anda rencanakan.

Berikut ini cara agar Anda dapat bernegosiasi gaji dengan lancar dan sesuai dengan keinginan Anda:

Survey

Lakukanlah survey atau riset perbandingan gaji terlebih dahulu. Dapatkan semua informasi untuk orang yang memiliki kualifikasi seperti Anda, jenis perusahaan yang sama, di kota yang sama dan posisi yang sama dengan Anda. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari berbagai sumber, contohnya dari buku yang membahas tentang ketenagakerjaan, artikel di internet dan bahkan dari lowongan kerja online (biasanya lowongan kerja online mencantumkan range salary untuk posisi yang ditawarkan). Ingat jangan hanya memakai satu sumber saja.

Melakukan riset terlebih dahulu bukan berarti Anda mendapatkan jawaban pasti, tapi setidaknya Anda mendapatkan gambaran angka berapa yang harus Anda lontarkan kepada HRD pada saat negosiasi gaji.


Berikan Pejelasan dan Alasan yang kuat

Jika Anda ingin mendapatkan gaji yang layak maka Anda harus memperjuangankan keinginan tersebut. Berikan penjelasan yang meyakinkan kepada HRD akan kemampuan dan kualifikasi Anda. Tunjukan juga semangat dan minat kerja Anda untuk bergabung di perusahaan tersebut.

Apabila Anda pernah bekerja diperusahaan yang lama, cara lain untuk mempertimbangan kenaikan gaji Anda ada baiknya sob memberikan rekomendasi atau catatan bahwa Anda layak mendapatkan gaji yang Anda inginkan. Jangan lupa Anda harus menjelaskan mengapa Anda layak mendapatkan gaji besar.


Buat Kesepakatan

Jika Anda tetap kuat dengan pendirian Anda ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan harapan Anda. Di lain sisi mungkin Anda terlalu berlebihan dan mengebu-ngebu ingin mendapatkan gaji yang besar walaupun Anda merasa yakin akan kemampuan Anda, sebaiknya kontrol emosi Anda saat bernegoisasi gaji. Coba buat kesepakatan. Inti dari kesepakatan ini adalah jika dalam masa probation Anda melakukan pekerjaan dengan baik dan menguntungkan perusahaan maka Anda berhak untuk mendapatkan gaji yang Anda inginkan.


View Mobile Web Short URL:

Ryan_saint

  • Global Moderator
  • More Share Forum Topic
  • [MS] bangsawan
  • ********
  • Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!
  • Rep Power: 12
  • Join: December 04, 2009
  • Posts: 1,179
  • Poin: 2.610
  • About me: Damn many free stuff gone
  • IP member tracker Logged
Re: Tips Cara Agar Di Saat Negoisasi Gaji Lancar
« Reply #1 on: April 10, 2012, 09:42:46 AM »
terkadang jikalau kita memasuki perusahaan yang finance nya kuat maka terkadang gaji yang kita harapkan dan yang di berikan berbanding terbalik :)
karena saia ada teman yang masuk ke suatu perusahaan dan berharap gaji sekian ternyata yang di tawarkan lebih besar dari yang di harapkan.

lain lagi dengan perusahaan yang financenya kurang kuat, mereka akan menekan habis pengeluaran, bahkan untuk karyawan tetap dengan umur yang pada titik tertentu belum tentu mendapatkan kenaikan gaji.

Ajeng

Re: Tips Cara Agar Di Saat Negoisasi Gaji Lancar
« Reply #2 on: April 12, 2012, 04:54:15 PM »
terkadang jikalau kita memasuki perusahaan yang finance nya kuat maka terkadang gaji yang kita harapkan dan yang di berikan berbanding terbalik :)
karena saia ada teman yang masuk ke suatu perusahaan dan berharap gaji sekian ternyata yang di tawarkan lebih besar dari yang di harapkan.

lain lagi dengan perusahaan yang financenya kurang kuat, mereka akan menekan habis pengeluaran, bahkan untuk karyawan tetap dengan umur yang pada titik tertentu belum tentu mendapatkan kenaikan gaji.

btw bagi pengalamannya dong om ryan
aq baru mau terjun ke dunia kerja nih
tapi masih blank tentang dunia kerja
kalo si om kan pasti udah pengalaman, kasih bocoran pentingnya mulai dari ngelamar kerja, interview, nego gaji, dst

  :please

Ryan_saint

  • Global Moderator
  • More Share Forum Topic
  • [MS] bangsawan
  • ********
  • Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!Ryan_saint penguasa MS-ROOM!
  • Rep Power: 12
  • Join: December 04, 2009
  • Posts: 1,179
  • Poin: 2.610
  • About me: Damn many free stuff gone
  • IP member tracker Logged
Re: Tips Cara Agar Di Saat Negoisasi Gaji Lancar
« Reply #3 on: April 13, 2012, 10:14:59 AM »
btw bagi pengalamannya dong om ryan
aq baru mau terjun ke dunia kerja nih
tapi masih blank tentang dunia kerja
kalo si om kan pasti udah pengalaman, kasih bocoran pentingnya mulai dari ngelamar kerja, interview, nego gaji, dst

  :please

pengalaman saia juga sedikit, baru 1x pindah kerja :)
yah supaya gak OOT saya bahas gaji saja ya.
untuk besarnya gaji kita harus tahu terlebih dahulu gaji rata" untuk posisi yang di pilih, dan harus survei gaji mencoba cari informasi gaji di perusahaan besar cari sample gaji dari beberapa perusahaan.

tapi biasa perusahaan besar tidak mencari orang yang baru lulus kuliah/akademi, jadi yah harap jangan kecewa kalau tidak ada panggilan  :bohong

jadi target yang baru lulus kuliah biasanya perusahaan kecil atau sedang, disana coba cari info range salarynya, jangan mau di tekan yah sesuai tulisan di atas, coba buat kesepakatan dan jangan sia siakan waktu percobaan ini  :keren

Ajeng

Re: Tips Cara Agar Di Saat Negoisasi Gaji Lancar
« Reply #4 on: April 14, 2012, 04:40:42 PM »
pengalaman saia juga sedikit, baru 1x pindah kerja :)
yah supaya gak OOT saya bahas gaji saja ya.
untuk besarnya gaji kita harus tahu terlebih dahulu gaji rata" untuk posisi yang di pilih, dan harus survei gaji mencoba cari informasi gaji di perusahaan besar cari sample gaji dari beberapa perusahaan.

tapi biasa perusahaan besar tidak mencari orang yang baru lulus kuliah/akademi, jadi yah harap jangan kecewa kalau tidak ada panggilan  :bohong

jadi target yang baru lulus kuliah biasanya perusahaan kecil atau sedang, disana coba cari info range salarynya, jangan mau di tekan yah sesuai tulisan di atas, coba buat kesepakatan dan jangan sia siakan waktu percobaan ini  :keren

emmm Thx banget yah infonya..
mantabs
  :keren