You Now Here »

[TUTORIAL SMF] pengenalan dasar script saat akan melakukan pengembangan forum  (Read 1976 times - 69 votes) 

DANNY

G-Plus Author
  • ADMINISTRATOR
  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • *
  • DANNY sangat terkenal!DANNY sangat terkenal!DANNY sangat terkenal!DANNY sangat terkenal!DANNY sangat terkenal!DANNY sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: September 30, 2009
  • Posts: 11,930
  • Poin: 194.223
    • WWW
  • IP member tracker Logged


  :ehm

ok, kali ini kita akan mulai ketahap level extreme, setelah sebelumnya kita pelajari menu dasar admin serta instalasi package dan theme untuk simple machines forum ini, maka pondasi kita telah kokoh. berikut ini akan saya jabarkan framework script pada CMS simple machines forum (SMF) ini.

SCRIPT UTAMA, FOLDER "SOURCE"
Quote
pada area ini merupakan kumpulan proses yang akan dijalankan saat forum kita melakukan load, baik untuk halaman home, proses posting, searching, dan lain sebagainya. saya sarankan untuk area ini tetap default dan jangan dilakukan modifikasi jika anda tidak mengerti alurnya, namun kita akan melakukan modifikasi extreme dan aman pada area themes saja dengan mengkombinasikan beberapa variable.
  :bingung

SCRIPT TEMPLATE LEVEL 1, FOLDER "THEMES -> DEFAULT"
Quote
nah, pada bagian ini terdapat banyak file yang akan melakukan pemanggilan ke SCRIPT UTAMA, sebagian besar hasil yang dijalankan akan menghasilkan output. misalnya menampilkan board, topic, comment, message dll... coba kalian lihat nama file nya masing-masing, disitu akan terlihat sangat mudah untuk dilakukan pengembangan, karena pada setiap template akan diberi nama sesuai proses masing-masing, contoh nya "template.message" maka area tersebut yang akan menampilkan halaman message, dst....
  :musiker

SCRIPT TEMPLATE LEVEL 2, FOLDER "THEMES -> CUSTOM TEMPLATE ANDA"
Quote
pada bagian ini akan melakukan pemanggilan ke SCRIPT TEMPLATE LEVEL 1 terlebih dahulu dan kemudian melakukan pemanggilan pula ke SCRIPT UTAMA, jadi jangan coba-coba anda menghapus DEFAULT THEMES karena akan merusak sebagian proses besar! sumpeh deh cos ane pernah ngetes (ane pikir ini template dah ga guna karena dah pake custom template, alhasil ERROR TOTAL!!! -_-') .
  :kaget

OPTIONAL SCRIPT FILE "SSI"
Quote
script ini berada pada area root SMF anda, apa kegunaan file ini? file ini kelihatannya cukup simple, namun kinerjanya mampu melebihi batas kewajaran. what the kamsud? dengan menggunakan script ini mampu menggali database original SMF, hanya menanamkan di header pada script yang baru anda buat dan melakukan pemanggilan variable global SMF maka akan bekerja secara sempurna tanpa harus membangun ulang forum, kita ambil contoh forum ms-room.com ini saja: lihat dihalaman home terdapat beberapa postingan terbaru pada board tertentu, cukup include file SSI dan mainkan PHP anda untuk memanggil database nya, atau contoh lainnya keunggulan script ini adalah untuk mendapatkan SESSION login dan menggali data USER, contohnya bacaan "HeLLo Member" pada kiri pojok atas forum ms-room.com ini.
  :iloveindonesia

ok, itu ringkasan cerita aja yah
nanti pokoke semua bakal kita bongkar forum ms-room.com ini untuk sama-sama kita pelajari perombakan serta source codenya satu persatu

  :cool


View Mobile Web Short URL:
« Last Edit: June 10, 2012, 02:15:55 AM by DANNY »