You Now Here »

Masih Geli Pelihara Ikan Yang Satu Ini  (Read 5543 times - 84 votes) 

must_know

  • More Share Forum Topic
  • [MS] kepala suku
  • ******
  • must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!must_know sangat terkenal!
  • Rep Power: 6
  • Join: March 15, 2013
  • Posts: 20,593
  • Poin: 20.669
  • About me: Segera Lapor Momod Jika Konten bermasalah!
  • IP member tracker Logged
Masih Geli Pelihara Ikan Yang Satu Ini
« on: March 22, 2013, 02:00:18 PM »



Siapa yang tidak mengenal ikan dengan nama lucu ini, sapu-sapu. Nama ini melekat bukan tanpa alasan. Ikan dengan nama ilmiah Hypostomus Plecostomus ini memang dikenal pemakan alga atau lumut. Hal ini tentu menguntungkan jika ia dipelihara bersama ikan lainnya di dalam akuarium, sebab ia akan berfungsi sebagai pembersih. Sapu dalam akuarium! Ikan sapu-sapu dikenal juga dengan nama ikan bandaraya. Habitat aslinya di air tawar dan dikelompokkan ke dalam kerabat Loricariidae. Karakteristiknya memang kurang bersahabat namun ikan ini tetap digemari sebab ia memang fungsional bukan hanya sebagai penghias belaka.

Ikan sapu-sapu dikenal sebagai ikan yang memakan semua jenis makanan atau omnivora, meski kebanyakan memang mengkonsumsi tumbuhan air seperti kelompok alga. Ada banyak jenis dari sapu-sapu ini. Saking banyaknya, masih ada banyak varian yang belum diidentifikasi dan diberi nama. Ikan mini ini memiliki dua alat pernafasan yakni insang dan juga labirin. Insang sendiri digunakan pada saat ikan sapu-sapu berada di dalam air yang jernih. Sementara itu, alat pernafasan labirin baru digunakan jika ia berada di dalam air dengan lumpur atau air dengan tingkat kekeruhan yang tinggi. Oleh sebab itu, harapan hidup ikan yang satu ini cukup tinggi sebab ia bisa hidup di lumpur sekalipun.

Berniat Memelihara Ikan Sapu-sapu?

Jika Anda berniat memelihara ikan sapu-sapu, cermatilah jenisnya. Berikut beberapa varian ikan sapu-sapu yang paling populer dipelihara:

1.Common Pleco.



Ikan ini disebut common karena memang yang paling banyak dipelihara. Sepintas ia mirip dengan ikan lele tetapi siripnya menyamping dan lebih lebar. Warnanya abu-abu ke hitam dengan gradasi warna putih tapi tidak dominan.

2.zebra pleco.



Sama seperti namanya, jenis ikan sapu-sapu yang satu ini memiliki tampilan seperti zebra. Permainan warna hitam dan putih membuat ia sangat digemari sebagai ikan hias.

3.Gold Nugget Pleco.



Ia Warna dasarnya adalah hitam pekat tetapi dipemanis dengan bintik-bintik kuning di sepanjang tubuhnya. Karena itu ia dinamai “gold”.

4.Scarlet pleco.



Ia memiliki tampilan mirip dengan common. Hanya saja gradasi warna yang ada bukan putih tapi merah muda.

5.Sunshine Pleco.
Jenis ini sepintas mirip dengan Gold pleco. Hanya saja warna dasarnya bukan hitam yang bold dan totolnya bukan kuning yang bold. Warnanya hangat seperti matahari.

6.Medusa pleco.



Warna dasarnya adalah hitam dan dipermanis dengan bintik putih kecil.

7.Flash pleco.



Mirip dengan zebra tetapi jika pada zebra, perpaduan warna hitam dan putih seimbang, pada flash pleco, warna yang dominan justru hitam. Warna putih hanya serupa garis saja.


Kaskuser yang baik selalu meninggalkan jejak sob,,jangan lupa komeng yaa dibawah

Jika menurut agan thread ini bermanfaat tolong di  dan bagi agan yang udah ISO timpuk ane dengan  jangan timpuk ane pake  ya sob..

Jika Thread ini mengandung  Ane mohon maaf karna tujuan ane bikin thread ini cuma mau nge-share hal yang bermanfaat untuk para agan / aganwati sekalian 

Original Source
:beer:


View Mobile Web Short URL: